7 Oleh-Oleh Khas Kota Malang

Oleh-oleh-Malang

Halo semua!

Mumpung masih suasana Idul Fitri saya mau mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung di blog ini, semoga amal ibadah kita (meskipun banyakan tidurnya – itu saya sik) diterima oleh Allah SWT…aamiin 🙂 Btw ada yang masih cuti dan leyeh-leyeh di kampung halaman? duh nikmat banget, saya mah boro-boro cuti…hari sabtu kemaren aja udah balik ke ibukota. Bukan karena apa-apa sih, karena tiketnya yang murah hari itu 😛

Ngomong-ngomong soal mudik dan liburan pasti gak bisa lepas dari yang namanya oleh-oleh atau buah tangan. Meskipun suka lelah sama yang suka ngomong “Jangan lupa oleh-olehnya ya!” tiap kali mau mudik atau liburan, ada kalanya saya lagi baik hati trus jadi mau ngebawain oleh-oleh atau dalam kondisi terpaksa bawa oleh-oleh buat sogokan karena telat ngantor 😛 Sebenernya ada banyak oleh-oleh yang bisa dibawa dari kota Malang, tapi yang umumnya sering dibawa adalah beberapa benda di bawah ini :

1. Apel Malang dan Sari Apel

Malang terkenal sebagai kota apel, tentu saja karena banyak terdapat perkebunan apel di sana bukan pokeballs. Tidak heran jika apel malang sudah populer sampai penjuru Indonesia. Apel Malang ada 3 jenis yaitu Apel Rome Beauty yang berwarna dominan merah kekuning-hijauan, dengan rasa asam manis, Apel Ana yang bentuknya lonjong, berwarna merah hijau kuning, rasanya asam dengan daging buah renyah, dan terakhir yang merupakan favorit banyak orang  Apel Manalagi yang dagingnya keras namun garing terkenal manis dengan warna kulit hijau muda dan bentuk yang agak bulat. Tapi saya suka sebel sih kalo ada yang minta oleh-oleh berupa apel malang, berat sist 😛

Selain buah apel, saat ini juga banyak produk-produk makanan dan minuman yang terbuat dari apel Malang yang juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Ada pia apel, dodol apel, jenang apel, pie apel, cuka apel, coklat apel dan yang paling populer yaitu sari apel. Minuman yang terbuat dari sari buah apel ini dikemas dalam kemasan cup kecil dan beberapa ada yang diberi tambahan perasa seperti lychee atau strawberry. Seger banget kalo diminum siang-siang apalagi abis liat mantan sama gebetan barunya. Tapi bawa ini ke bagasi juga agak berisiko bocor sih, secara baggage handling-nya dibanting-banting gitu :/

2. Keripik Tempe dan Aneka Keripik Buah

Selain apel, kota Malang juga terkenal dengan tempenya yang lezat. Tempe di Malang itu memiliki cita rasa yang lebih mantap dengan kedelai yang rapat-rapat kayak orang naek angkot. Olahan tempe yang cukup praktis dan ekonomis untuk dijadikan oleh-oleh adalah keripik tempe yang gurih dan renyah. Kalo udah sekali makan ini dijamin susah berhenti. Sentra industri dan penjualan keripik tempe ada di sekitar Jl. Sanan, disini terdapat berbagai merk keripik tempe berbagai rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Selai keripik tempe, Malang juga populer dengan aneka keripik buah-buahannya yang unik. Ada keripik nangka, nanas, salak, jambu, apel, dan kelengkeng yang bisa dicoba.

3. Pia Mangkok

pia-mangkok-box

Pia-mangkok

Kalo Jogja punya bapkia Pathuk, Malang juga punya makanan sejenis yang namanya Pia Mangkok. Beda dengan Bakpia Pathuk, Pia mangkok ini ukurannya relatif lebih besar dengan tekstur kulit yang lebih kering dan renyah, namun ketika digigit terasa lembut di bagian dalamnya. Variasi rasa yang tersedia cukup banyak yaitu rasa kacang hijau, cokelat, keju dan tangkwe (labu putih). Proses produksinya tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga pia mangkok ini hanya bisa bertahan selama 2 minggu.

4. Malang Strudel

malang-strudel

malang-strudel-mixedfruit

Inilah oleh-oleh terbaru dari kota Malang. Resmi dibuka pada akhir 2014, Malang Strudel menyediakan Strudel dengan berbagai varian rasa. Strudel sendiri merupakan pastry atau kue berlapis dengan isi berbagai buah-buahan, umumnya buah apel. Strudel adalah makanan populer Austria, Jerman dan negara Eropa lainnya. Kenapa makanan asli Eropa bisa jadi oleh-oleh khas Malang? Menurut Ownernya yang merupakan artis ibukota, kota Malang dianggap cocok untuk membuat strudel, karena kepopulerannya sebagai penghasil apel berkualitas. Maka dia memodifikasi strudel yang asli Austria dengan cita rasa  lokal melalui chef profesional. Jadi bisa dibilang kalo Malang Strudel adalah strudel dengan kearifan lokal 😛 Di sini, selain Strudel isi apel, tersedia juga strudel dengan varian lain seperti strawberry, mix fruit, pisang, nanas, mangga bahkan telo (ketela) ungu.

5. Soak Malang

Kalo Bali punya Joger, dan Jogja punya Dagadu, maka kota Malang punya Soak Ngalam yang konsepnya hampir mirip yaitu menghadirkan kaos dengan kata-kata lucu dan unik. Soak Ngalam tidak hanya memproduksi kaos, ada juga tas, jaket, serta aksesoris lainnya. Bedanya Soak Ngalam memiliki desain kata-kata dengan ciri khas Malang-an atau boso walikan, yaitu kata yang dibaca secara terbalik (dari belakang ke depan). Misi dari Soak Ngalam tidak hanya sekedar menjual kaos tetapi juga menjaga dan melestarikan boso walikan sebagai warisan budaya Malang. Boso walikan ini sedikit berbeda dengan gaya bahasa remaja kekinian yang saat ini juga suka dibalik-balik seperti kuy yang artinya yuk, hacep yang artinya pecah, dan lain-lain. Boso walikan ini gak serta merta dibalik, tapi ada seni tersendiri yang harus dipelajari. Penasaran? sini belajar sama akuh #modus

6. Merchandise Arema

Kota Malang punya klub sepakbola kebanggaan yang bernama Arema. Klub sepakbola yang berjulukan singo edan ini memiliki segudang prestasi dan pendukung yang loyal yaitu Aremania dan Aremanita (buat cewe). Pendukung Arema tidak hanya berasal dari kota Malang saja, banyak juga Aremania dan Aremanita dari kota-kota lain di seluruh Indonesia. Makanya gak heran kalo di Malang cukup banyak toko dan distro yang menjual merchandise Arema, mulai dari jersey, kaos, syal dan boneka singa yang tidak kalah unik buat dijadikan sebagai oleh-oleh.

7. Calon Menantu untuk Ibumu

Oke, yang ini gak usah diseriusin ya, kalo mau serius mendingan langsung ngadep ke orang tua #ehgimana 😛 Meskipun secara fisik gak secakep akang dan neng asal kota Kembang, dan secara tutur kata juga gak sehalus mas dan mbak asal Jawa Tengah, tapi kakang dan mbakyu asal kota Malang itu terkenal sederhana, setia dan apa adanya lho *benerin kerah*. Lagian apa gak lelah ditanya ” kapan nikah ” melulu tiap lebaran? 😛 *disiram kuah opor*

Advertisements

142 thoughts on “7 Oleh-Oleh Khas Kota Malang

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s