Makan Sehat di Burgreens

makan-sehat-burgreens

Belakangan ini gaya hidup sehatnya tampaknya sedang menjadi topik pembicaraan yang menarik. Saya tentunya juga gak mau ketinggalan, mengingat usia yang tak bisa lagi dibilang remaja dan hasil medical check up yang kurang memuaskan, mau gak mau saya harus mulai menerapkan pola hidup sehat dengan rutin olahraga dan makan makanan yang sehat. Kalo olahraga sih boleh dibilang saya sudah menjalaninya dengan rutin, paling gak seminggu 2 kali nge-gym di kantor sekalian numpang mandi, tapi urusan makan sehat saya nyerah deh. Secara makanan sehat itu terkenal dengan stigma gak enak, hambar dan ujung-ujungnya malah bikin craving makan yang lain. Saya udah pernah nyobain makanan sehat yang sama sekali gak pake gula garem, ataupun makanan sehat yang gula dan garemnya dikit, rasanya merana banget makan begituan dan bikin cranky. Udah harganya mahal, rasanya gak enak *tebalikin meja*.

Minggu lalu saya diajakin kulineran sehat sama temen yang sangat concern dengan gaya hidup sehat, namanyaΒ  Rieska. Dia ini hidupnya sehat banget, tiap hari olahraga, gak makan karbohidrat sama sekali, gak makan gorengan dan makanan-makanan yang ada tepungnya. Alamak, saya belum bisa rasanya kalo se-ekstrim itu, kasian yang jual mie ayam sama pempek ntar gak ada yang beli πŸ˜› *alasan*.

burgreens-indoor

Kami berkulineran sehat di Burgreens Eat & Go yang ada di daerah Tebet. Tempatnya memang gak terlalu besar, lantai 1 ada toko yang menjual berbagai sayuran dan buah-buahan organik, sedangkan resto-nya sendiri ada di lantai 2 dan terdiri dari area outdoor dan indoor. Area outdoornya sebenernya seru banget, karena terletak berhadapan dengan taman honda jadi pemandangannya asri banget hijau-hijau gitu. Cuma kalo siang sih lumayan panas ya, berhubung takut gerah akhirnya kami memilih duduk di area indoor aja.

burgreens-menu

Konsep dari Burgreens adalah makanan sehat organik berbasis tumbuhan (plant based) dan raw-food, tidak mengandung bahan-bahan yang dimodifikasi secara genetis, apalagiΒ  MSG, gula dan garam. Seluruh bahan-bahannya berasal dari tanaman organik, tanpa ada unsur hewani. Penampilannya pun ternyata cukup menarik untuk dipandang. Tapi gimana dengan rasanya?

burgreens-mini-quatro

mini quarto (IDR 79K)

Saya memesan salah satu signature dish yang ada di sini yaitu Mini Quarto, yang terdiri dari 4 burger mini dengan 4 jenis patty yang berbeda. Yang pertama adalah Mighty MushroomΒ yang terbuat dari jamur, oat (sejenis gandum) dan all-natural parmesan cheese. Yang kedua adalah Caspian Mungbean, yang terbuat dari kacang merah, kacang hitam, chickpeas dan all-natural parmesan cheese. Ketiga adalah Spinach Chickpeas yang terbuat dari dari bayam dan chickpeas. Keempat adalah Battle Bean and Cheese yang terbuat dari dari lentil dan kentang. Untuk roti atau bun-nya juga terdapat berbagai macam pilihan, ada whole wheat bun, black bun dan gluten free bun. Saya memilih yang whole wheat bun dan ternyata rasanya enak banget! Renyahnya whole wheat bun berpadu dengan patty dan raw coco mayonnaise menghasilkan citarasa yang lezat dan unik.

burgreens-popeye-veggie-wrap

Popeye Veggie Wrap (IDR 55K)

Menu kedua yang kami pesan adalah Popeye Veggie WrapΒ yang tidak kalah lezat. Perpaduan roti tortilla, falafel, sayur-mayur dan vegan cheese-nya pas banget. Apalagi masih ditambah side dish berupa sweet potato chips yang gurih.

tempeh-gomashio

Tempeh Gomashio (IDR 59K)

Tempeh Gomashio ini pesenan Rieska, tapi saya sempet nyicipin dikit. Ini tuh penampakannya kayak salad tapi dengan topping tempe kukus dan saus gomashio. Saya kurang tau sih bahan-bahannya saus gomashio itu apa, yang jelas rasanya enak.

Untuk minumannya juga ada macem-macem, mulai teh, kopi, juice, sampai infused water. Gak ketinggalan dessert yang sehat dan non gluten pun ada. Sayangnya kami gak sempet nyobain karena udah kekenyangan.

burgreeens-granola

Granola (IDR 59K)

burgreens-snacks

Raw Kale Crackers (IDR 68K)

burgreens-spreads

Healthy spread (from IDR 55K)

Selain menjual makanan berat, Burgreens juga menyediakan beraneka macam healthy snack, home made healthy spreads dan healthy frozen food. Pokoknya serba komplit deh makanan sehat yang ada di sini. Untuk harga makanan dan minuman di Burgreens pasti orang akan berkomentar mahal, tapi menurut saya sih wajar karena semua bahan-bahannya memang organik dan diproses secara alami. Sehat memang mahal, tapi sakit kan lebih mahal lagi. Salam olahraga!!

Jangan lupa ditonton video ala-ala pas lagi kulineran di Burgreens kemarin bareng Rieska. Like, comment dan subscribe juga boleh bangeeeeet πŸ™‚

Burgreens & Organic klub, Jl. Tebet Barat Raya No. 49 C, Tebet, Jakarta

Advertisements

64 thoughts on “Makan Sehat di Burgreens

  1. ysalma

    Ternyata, sehat itu memang mahal ya Dita. Tapi, benar juga sakit jauh lebih mahal dan membuat merana kalau ga bisa melihat sisi baik dr sakit *sehat sangat berharga*,, kok ngebahas ini.
    Kalo ditraktir saya ga bakal nolak deh πŸ˜€

    Like

    Reply
  2. Firsty Chrysant

    aduh, tegar banget ya temannya ngga makan gorengan, dan segala macamnya itu… tapi salut juga sam orang yg concern sama makanan yg sehat gt yaa…

    sayang, harganya makanannya booo…

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      beneraaaann, tegar banget dan dia gak tergoda sama sekali lhooo duuhh kapan bisa kayak gitu yaaaa?! Aku mah anaknya suka pengenan πŸ˜€

      Like

      Reply
      1. nengwie

        Tapi rasanya emang agak beda ya, lebih enak ..teteh ngga murni sih semua bio, cuma bbrp yg kalau sayuran yg dicemil mentah, selalu bio, semua mah teteh bangkruut hihi

        Like

  3. Nasirullah Sitam

    Aku pernah diajak temen makan di tempat vegetarian, pun hasilnya tetap merasa tersiksa hahahha. Tapi memang kok, melihat perjuangan teman-teman yang gaya hidupnya terjaga (terutama makanan) kadang geleng-geleng saja karena mereka mampu tak tergoda dengan makanan yang terlihat lezat -D

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      tapi ini rasanya enak kok…aku juga orangnya picky eater dan gak bisa kalo makan makanan yang hambar, bisa emosi jiwa x))))

      iya beneran salut banget deh, pengen bisa kayak gituuu

      Like

      Reply
  4. fanny fristhika nila

    Ihhh mbak, aku pengeeenn… kalo pikiran utk mulai hidup sehat sih aku juga udh lama mau mulai.. tapiiii slalu lah ya, tergoda ama hal2 lain :D. apalagi aku doyan kulineran.. penasarn ih ama rasa2 burger 4 rasanya td… di rawamangun sih mana ada jenis2 makanan begini..

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      samaaa aku pun doyan jajan, berat banget kalo disuruh makan sehat gini. Palingan tobat sehari-dua hari doank abis itu balik lagi πŸ˜€

      Like

      Reply
  5. Halim Santoso

    Bikin ngiler kak, tapi nggak kuat kantong hahaha. Kenapa ya makanan organik yang dijual di restoran itu selalu lebih mahal dari nasi pecel? Cedih kak, cedih… >.<
    Besok bikin warung yang jual tempe balut daun singkong, burger pake tahu, orak-arik jangan ndeso ala Chef ParahTuink ahh πŸ˜›

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s