9 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Jawa Tengah

9-Kegiatan-Seru-di-Jawa-Tengah

Jawa Tengah, sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ya iyalah soalnya kalo terletak di bagian timur namanya Jawa Timur *dijejelin atlas*. Dengan luas wilayah sekitar 32.548 km², selama ini saya baru pernah berkunjung ke Ibukotanya saja, yaitu semarang dan sekitarnya. Makanya begitu diajak untuk ikutan Famtrip Jateng dalam rangka Ulang Tahun Provinsi Jawa Tengah yang ke 66, saya langsung mau. Bukan hanya karena saya merasa kurang piknik, tapi karena itinerary-nya mencakup ke kota-kota di Jawa Tengah yang belum pernah saya kunjungi. Ada cukup banyak kegiatan seru yang saya dan 14 blogger lain lakukan dan membuktikan bahwa Jawa Tengah ini cocok untuk dijadikan tujuan wisata bagi siapa saja.

Emang apa aja sih kegiatannya? cekidot!

Snorkeling dan foto underwater di Umbul Ponggok Klaten

umbul-ponggok

jangan underestimate airnya

underwater-umbul-ponggok

nahan nafas, nahan kentut, atau nahan perasaan mba?

Umbul Ponggok adalah sebuah kolam air tawar yang airnya berasal dari mata air di Desa Ponggok Kabupaten Klaten. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000,- saya agak kaget ketika melihat kolam dengan permukaan air yang berwarna kehijauan. Ingin rasanya saya bertanya “Belom dikuras mas?”. Agak males juga nyebur kalo airnya hijau begitu, tapi behubung saya belom mandi dari kemaren, akhirnya saya nyebur juga deh sekalian kotor. Ternyata oh ternyata setelah nyemplung baru ketauan kalo airnya jernih dan dingin banget, udah gitu banyak ikan gendut-gendut berseliweran. Berhubung udah sampe sini, marilah kita langsung pada tujuan utama yaitu foto underwater. Saya memilih properti foto berupa motor, karena dalam kehidupan nyata saya gak bisa mengendarai motor, buat apa ada abang gojek hah?! 😛 Ternyata bagi orang-orang yang gak biasa duck dive kayak saya, foto underwater ini cukup sulit. Berkali-kali saya gak puas sama hasil fotonya, foto yang pertama saya keliatan nahan nafas banget, foto yang kedua saya keliatan kayak nahan kentut, foto yang ketiga malah kayak nahan kangen :/ Fasilitas di Umbul Ponggok ini sudah cukup lengkap, ada tempat ganti, tempat mandi, locker, persewaan alat snorkeling, persewaan kamera, jasa fotografer bahkan ada seawalker segala.

Menelusuri Kisah Cinta di Candi Plaosan Klaten

candi-plaosan-lor

foto-candi-plaosan

pic by kak Parahita

Candi Plaosan berada di wilayah perbatasan antara Jogja dan Klaten. Sebelumnya saya sempat mengira bahwa candi ini berada di Yogyakarta, karena letaknya yang masih satu kompleks dengan Candi Prambanan. Candi Plaosan ini telah berdiri sejak abad ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Tahukan kamu bahwa ternyata ada kisah cinta romantis yang tersebunyi di balik megahnya Candi Plaosan? Candi ini mengisahkan kisah cinta antara Rakai Pikatan yang beragama Hindu, dengan Sri Pramodawardhani, yang beragama Buddha. Ternyata kisah cinta beda agama itu sudah ada sejak jaman dahulu kala, jadi kamu gak sendirian #eh. Komplek Candi Plaosan ini terdiri dari Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang berjarak yang sekitar 40 meter. Relief yang ada di Candi Plaosan berupa gambar relief laki-laki dan perempuan yang masih terlihat jelas di sekeliling dinding candi. Bagi yang pengen berkunjung ke Candi Plaosan, cobalah berkunjung pada saat matahari terbit.

Hunting Sunrise di Punthuk Setumbu

sunrise-punthuk-setumbu

pic by: mysukmana

punthuk-setumbu

muka bangun tidur

Semenjak diputarnya film AADC2, obyek wisata ini seolah jadi incaran wisatawan setiap akhir pekan. Pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk seharga Rp 15.000,- per orang. Jarak dari loket pembelian tiket ke spot sunrise Punthuk Setumbu sebenarnya tidak terlalu jauh, tapi treknya nanjak banget cyin! *pijetin betis*. Disarankan membawa bekal air minum dan memakai sepatu yang nyaman jika berkunjung ke sini. Waktu yang tepat untuk hunting sunrise adalah saat musim kemarau sekitar bulan Juni  – September. Tapi karena cuaca saat ini yang sulit untuk diprediksi, sebaiknya banyak-banyak berdoa supaya cuaca gak mendung.

Trekking ke Gedung Merpati (Gereja Ayam)

gedung-merpati

gedung merpati a.k.a gereja ayam

foto-di-gereja-ayam

pic by Irzal

Gedung merpati atau yang saat ini lebih populer disebut gereja ayam berlokasi tidak jauh dari Punthuk Setumbu. Gedung ini bisa dicapai dengan trekking melewati hutan sepanjang kurang lebih 150 meter yang treknya naik turun. Untuk memasuki gedung merpati, pengunjung diwajibkan membayar tiket seharga Rp 10.000,- dan kemudian mengantri dengan tertib untuk bergantian menuju ke bagian atas gedung. Kita hanya diberikan waktu sekitar 3 menit untuk berada di bagian mahkota merpati, maka manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya, terutama jika mau nembak gebetan.

Rafting di Sungai Progo, Magelang

progo-rafting

foto-rafting

Kamu mengaku bujangan suka tantangan? Maka kegiatan rafting/arung jeram mengarungi sungai Progo ini wajib dicoba. Kemarin kami mencoba rafting sungai Progo dengan rute Progo Atas sepanjang 9 km. Selama kurang lebih 2 jam kami terombang-ambing di antara jeram-jeram sungai Progo yang cukup deras. Tidak jarang perahunya oleng dan tersangkut batu, tapi untungnya gak sampe terbalik. Waktu terbaik untuk melakukan rafting adalah pada saat musim hujan supaya debit airnya lebih tinggi dan menghasilkan arus yang lebih deras. Harga Paket Rafting Sungai Progo di Hotel Puri Asri, Magelang adalah Rp 175.000 belum termasuk dokumentasi foto.

Berolahraga di Candi Gedong Songo

candi-gedong-songo

lamdscape-candi-gedong-songo

Candi Gedong Songo adalah sebuah komplek candi Hindu yang terletak di Kabupaten Semarang. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udaranya cukup sejuk. Sesuai namanya, di kompleks candi ini seharusnya terdapat sembilan buah candi, namun candi ke-6 dan ke-7 saat ini hanya tersisa puing-puingnya saja. Sedangkan candi ke-8 dan ke-9 konon kabarnya hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang memiliki kemampuan khusus. Selain candi, di dalam kompleks ini juga terdapat pemandian air panas dan area perkemahan. Lokasi ke sembilan candi yang tersebar di bukit-bukit ini tidak dipungkiri memang menyajikan pemandangan yang indah. Namun untuk menjelajahinya satu per satu dibutuhkan tenaga dan stamina yang prima. Menurut pemandu, tidak banyak pengunjung menuntaskan mengelilingi seluruh candi yang ada di sini. Tapi tenang saja, di sini tersedia kuda-kuda yang bisa disewa untuk mengelilingi kompleks candi Gedong Songo. Jadi silakan pilih, mau olahraga dengan berjalan kaki atau menunggang kuda 😀

Foto-foto kekinian di Susan Spa & Resort

foto-chapel-susan-spa

Chapel La Kana

foto-susan-spa

foto ala-ala

susan-spa

spa di pegunungan

Susan Spa & Resort ini sepertinya sudah cukup populer keberadaannya di sosial media. Berlokasi di Bandungan, Kabupaten Semarang, Susan Spa & Resort menawarkan sensasi spa dan relaksasi dari atas pegunungan. Tidak hanya tempat spa, disini juga terdapat resort, Indoor Swimming Pool, Gym center dan Wedding Hall lengkap dengan Chapel-nya. La Kana Chapel, kapel berwarna putih di atas bukit dengan pemandangan yang cantik. Inget, jangan baper ya kalo foto-foto di sini.

Nonton Parade Seni Budaya Jawa Tengah

parade-seni-budaya

parade-seni-jateng

Parade Seni Budaya Jawa Tengah ini merupakan puncak perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Tengah yang ke 66 Tahun. Pada acara ini, 35 Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Tengah berlomba-lomba memberikan penampilan terbaiknya. Masing-masing kontingen diberikan waktu 5 menit menampilkan perpaduan seni tari dan musik, dilengkapi berbagai properti pendukung yang sangat mumpuni. Pagelaran yang sangat meriah ini melibatkan kurang lebih 3.500 orang seniman, makanya wajib banget ditonton.

Ngecengin dedek-dedek Taruna Akmil

dedek-akmil

rawr! :3

taruna-akmil

dipilih-dipilih

Seperti yang kita ketahui bersama, Magelang ini layaknya rumah bagi para tentara. Karena di hampir setiap sudut kota bisa ditemui basecamp tentara. Maka bagi kamu yang merupakan cewek-cewe GITAR (Gila Taruna), berkunjung ke Magelang adalah suatu keharusan. Kapan lagi ngeliat tentara atau dedek-dedek akmil berseliweran di jalan, siapa tau kan bisa kenalan, kenal di jalan Jenderal Sudirman *kemudian joget*.

Akhir kata, silakan ditonton video ala-ala kegiatan kami di Famtrip Jawa Tengah. Jangan lupa Subscribe, Like dan Comment juga yaaa!

Baca juga tulisan teman-teman blogger lainnya tentang wisata Jawa Tengah lainnya di bawah ini:

  1. Adlien – Menyelam Sambil Bergaya di Umbul Ponggok
  2. Bulan – Fix Jadi Anak Gaul di Umbul Ponggok
  3. Danang – Senja di Candi Plaosan
  4. Derus – 5 Tempat Wisata Kekinian Ala Jawa Tengah
  5. Fahmi – Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016
  6. Ghana – Snorkeling Pertama di Umbul Ponggok
  7. Irzal – Pesta Rakyat Jateng Tampilkan Kebudayaan 35 Kota dan Kabupaten
  8. Kokoh – Serunya Famtrip Jawa Tengah Bersama Blogger Kece
  9. Lenny – AADC Trail di Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam
  10. Ocit – Umbul Ponggok Klaten – Sensasi Snorkeling di Air Tawar
  11. Richo – Pesona Jawa Tengah dalam Balutan Parade Seni Budaya
  12. Titi – Saya, Mama, Kuda dan Cerita Tentang Candi Gedong Songo
  13. Winny – Umbul Ponggok Wisata Snorkeling di Air Tawar Klaten
  14. Wulan – Candi Plaosan Harmonisasi Hindu Budha
Advertisements

92 thoughts on “9 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Jawa Tengah

  1. Fahmi Anhar

    Famtrip kali ini judulnya adalah nganterin si Malesmandi untuk mandi, mandi & mandi. Pertama langsung diajak mandi di Ponggok, lalu sorenya mandi matahari di Plaosan. Pagi selanjutnya mandi keringat trekking Setumbu, siangnya mandi sambil rafting di Kali Progo, lanjut renang di Puri Asri. Malamnya mandi gemerlap pesona taruna. Keesokan harinya mandi keringat lagi di Gedong Songo hahaha.

    Like

    Reply
  2. denaldd

    Dit jadinya yang unggul ponggok itu kolamnya dikuras apa ga? Itu semacam kolam buatan gitu ya? Mbayangno lek ga dikuras lak lumuten ya itu batu2nya *haha dibayangno. Aku pernah ke Gedonh Songo, waktu itu agak ngos2an sih naiknya.

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      hihihi emang batu2nya ada beberapa yang lumuten mbaaaa, aku sampe kepreset2. Jadi ke Gedong Songo bisa dibilang setara trail running ya 😀

      Like

      Reply
  3. mysukmana

    wow 1000 karakter lebih nih tulisannya, panjang banget, pasti capek nulisnya..tapi mantep dah tulisannya, btw wajahnya mbak Rinta Adita itu memang mirip adk kandungku loh..xixix..
    jangan lupa mandi ya :))

    Like

    Reply
  4. ammal

    Sebagai orang jateng malah baru ke gedong songo sama susan spa *soalnya yg nggak jauh2 amat dr rumah 😀
    Udah sampe susan spa nggak mampir di Ambarawa mbak? Ada tempat yg kekinian juga namanya eling bening, disitu bisa liat view kece pokoknya hihihi *promosi

    Like

    Reply
      1. ammal

        Rumah di Salatiga mbak, mungkin sejaman buat sampe di bandungan. Hihihi iya baguuss palagi kalo nggak mendung bisa liat view sawah2 dg background gunung merbabu 😀

        Like

  5. Pingback: Semarak Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016

  6. Pingback: Plesiran ke Wisata Candi Plaosan Klaten, Kisah Cinta Beda Agama | Winny Alna Marlina

    1. Dita Post author

      susah itu ngambilnya kaaaak, kalo mau kesini harus belajar nahan nafas dulu biar fotonya kece 😀

      memang lebih mirip merpati sih, apalagi kalo bandingannya ayam goreng #eh

      Like

      Reply
  7. Elisabeth Murni

    Wuidiw ini judulnya explore Jateng bagian timur yak, seru abis. Aku bayangin gempornya kayak apa, dari Pongok, lanjut treking, ada rafting, masih harus ke Gedong Songo jugak. Tapi pasti asyik, apalagi bisa ngecengin dedek-dedek Akmil yang kece #halah 😀

    Like

    Reply
  8. Yudi

    hiks.. nyesek banget klo dengar kata2 semarang.. gimana nggak? semua kota lain di jawa udah dijejelin.. eeeh semarang kelewatan.. mana sekarang banyak banget tempat2 kerennya huhuhu

    Like

    Reply
  9. Pingback: Hasil Sarapan Bersama Travel Blogger Indonesia di Pringgodani | D Sukmana Adi

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s