Kulineran di Bale Bengong Seafood Resto bareng PergiKuliner

image

Halim Perdana Kusuma?!

Selain bandara memang apa lagi menarik di kawasan ini? Saya begumam sambil memandangi undangan buka bersama via whatsapp yang menyebutkan lokasi “Bale Bengong Seafood Resto, Jl. Angkasa – Halim Perdana Kusuma”. Salah satu pertimbangan saya untuk hadir ke undangan buka bersama adalah lokasi tersebut bisa dijangkau oleh kendaraan umum. Maklum lah sebagai kaum tak berkendaraan pribadi dan pengguna angkutan umum garis keras, hal tersebut memang cukup krusial. Jika saya rasa lokasinya cukup jauh dan tidak ada rute kendaraan umum, saya lebih memilih melewatkannya saja. Tapi setelah browsing sana-sini dan bertanya kepada si pengundang, ternyata lokasi tersebut bisa dijangkau menggunakan bus transjakarta kemudian sambung angkot, akhirnya saya pun menyanggupi untuk hadir.

image

sumber foto : jakartaseru.com

Pukul 5 sore saya sudah tiba di depan sebuah restoran yang cukup luas, dengan tempat parkir memadai dan pepohonan rindang di sekelilingnya. Memasuki area resto terdapat barisan meja kursi yang tertata rapi, juga beberapa ruangan VIP. Di tengah-tengah area terdapat kolam ikan yang berisi aneka ragam ikan warna-warni, juga area bermain untuk anak-anak. Fasilitas mushalla yang luas dan bersih juga tersedia di sini, jadi gak perlu khawatir mengantri dan berebutan tempat wudlu saat adzan maghrib tiba nanti.

Di salah satu ruangan VIP, beberapa food blogger kenamaan dengan dress code warna merah sudah hadir lebih dulu di sana. Ada juga Agnes dan kak Oswin dari tim PergiKuliner yang memprakarsai acara buka bersama ini. Sambil mengobrol akrab, beberapa dari kami sibuk memesan menu makanan untuk disantap bersama-sama. Tidak terasa beberapa saat kemudian satu per satu makanan dan minuman pesanan kami sudah diantar ke meja. Cukup cepat juga pelayanannya mengingat kami baru saja memesan sekitar 30 menit yang lalu.

image

Sup Tomyam (IDR 20K), Sup Sari Laut (IDR 20K)

Alhamdulillah akhirnya waktu berbuka sudah tiba, setelah makan takjil gratis berupa kolak cendol kami mulai mengganyang menu makanan pembuka berupa sup sari laut dan sup tomyam yang segar. Kemudian berlanjut dengan hidangan utama yang lain seperti kaylan saos tiram, tahu cabe bawang dan ikan gurame dua rasa. Ikan gurame dua rasa ini cukup unik, karena untuk bagian kepala sampai setengah badan disiramkan saus padang, sementara setengahnya lagi sampai buntut disiram saus asam manis.

image

Kaylan Saus Tiram (IDR 20K), Tahu Cabe Bawang (IDR 25K)

image

Gurame 2 rasa (IDR 80K)

Kami sepakat, menu udang adalah menu yang paling favorit menurut kami, karena udangnya besar-besar dan segar. Kami memesan 3 jenis olahan udang yaitu udang bakar madu, udang telur asin dan udang mayo. Yang paling favorit menurut kami udang telur asin-nya.

image

Udang (IDR 50K per porsi)

image

Brokoli Cah Bawang Putih (IDR 25K)

Puas dengan udang kami berpindah ke menu berikutnya yaitu cumi-cumi. Kami memesan cumi saus padang dan cumi bakar bale. Kalo menurut saya cumi enakan digoreng pake tepung aja, gak terlalu suka kalo bentuknya masih putih-putih gitu 😀

image

Cumi-Cumi (IDR 30K per porsi)

Menu unik lainnya yang kami coba adalah Belut lada hitam yang suprisingly enak, Ikan kerapu bakar, dan gurame goreng. Menu-menu makanan ini lebih lezat kalo dicocol bareng sambel matah dan sambel terasi-nya yang juara banget. Kalo untuk sayuran, favorit saya kangkung plecing sasak karena rasanya unik dan pedas.

image

Belut Lada Hitam (IDR 45K)

image

Kangkung Plecing Sasak (IDR 20K)

image

ikan kerapu (IDR 18,5K per ons)

image

Gurame Goreng (IDR 70K)

image

sambal matah dan sambal terasi

Untuk minumannya yang direkomendasikan di sini adalah jus alpukat, es kelapa kopyor dan juice kedondong. Kalo saya sih lebih memilih jus kedondong yang rasanya asam segar untuk menetralkan lemak-lemak dan kolesterol yang tadi udah dimakan 😀

image

jus alpukat (IDR 15K), Kelapa Kopyor (IDR 25K), Jus Kedondong (IDR 15K)

Secara keseluruhan makan di Bale Bengong Seafood Resto cukup menyenangkan. Makanannya enak, pelayanannya cepat dan harganya masih cukup wajar untuk ukuran Jakarta. Suasana resto-nya juga cukup enak untuk makan beramai-ramai, hanya saja kalau malam agak banyak nyamuk. Hmmm ini entah karena saya belum mandi atau emang nyamuknya yang nakal ya 😛

image

sumber foto : jakartaseru.com

Ternyata untuk acara buka bersama ini pihak PergiKuliner sama sekali gak bekerjasama dengan resto. Jadi kami diharapkan bisa memberikan review yang objektif terhadap restoran tersebut. Sama dengan website dan aplikasinya yang berusaha memberikan referensi kuliner secara obyektif, sampai saat ini PergiKuliner juga tidak bekerja sama dengan restoran manapun. Selain review yang dijamin jujur dan obyektif beberapa keunggulan dari PergiKuliner yang sudah saya coba antara lain :

Aplikasi smartphone yang ringan dan mudah digunakan. Berhubung sinyal di Indonesia ini suka lelet maka aplikasi yang ringan dan gak berat ini penting biar cepet dalam mengambil keputusan kalo lagi di jalan dan bingung mau makan di mana.

image

Adanya panic button “Terserah aja deh”. Bete gak sih kalo nanya orang mau makan dimana trus dijawab “terserah” ? Tenang sis, sekarang udah ada solusinya, langsung klik aja tulisan “terserah aja deh” yang ada di pojok kanan atas aplikasi PergiKuliner, nanti akan dipilihkan resto mana yang kira-kira recommended untuk kita. Kalo ternyata pilihan resto-nya masih gak cocok? Bilang aja “ adek lelah, bang!” solusi untuk segala situasi.

image
image

Gampang kalo mau tulis review. Bagi temen-temen yang demen nulis review, di PergiKuliner ini gampang dan cepet banget upload review-nya. Gak perlu nunggu review disetujui oleh admin, review kita langsung tayang. Dan bagi yang rajin bikin review, PergiKuliner punya reward program berupa PergiKuliner gathering yaitu ngajakin foodies-foodies yang rajin bikin review untuk gathering bareng sambil hunting kuliner ke 8 tempat yang berbeda dalam satu hari, seru banget ye kaaan?!

image

 Sayangnya saat ini PergiKuliner baru tersedia untuk wilayah Jakarta dan Tangerang aja, kita doakan saja semoga gak lama lagi mereka bisa memperluas wilayah jajahan ke daerah-daerah lain. Terima kasih PergiKuliner 🙂

***

Bale Bengong Seafood Resto
Jl. Angkasa Halim Perdana Kusuma No. 25
Jakarta Timur
Telp 021 80888182

Info Angkutan Umum : naik bus TJ sampai halte PGC, sambung angkot ke arah bandara Halim

Aplikasi PergiKuliner bisa didownload di Google Play

Advertisements

59 thoughts on “Kulineran di Bale Bengong Seafood Resto bareng PergiKuliner

  1. gegekrisopras

    Pasti karena belum mandi! *nuduh* 😆
    Wah udah cucok lah nanti eike coba makan disana mbak, anyway bagus juga ya platformnya lengkap gt semua ada sampe bisa nge-review segala 😀

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      Muahaha aku kan antimainstream mbaaa *dilempar cobek*
      Iyaaaa jadi inget dulu kuliah sering beli lalapan belut, endeus marendeus 😀

      Like

      Reply
    1. Dita Post author

      Iyaaah Lia sibuk nih, kita gak jadi2 ketemu 😦
      Btw selamat yaaaa menang Agya, aku siap kok kalo mau ditraktir syukuran hihihi 😀

      Like

      Reply
    1. Dita Post author

      oiyaaa kamu di Halim ya tinggalnya. Hahaha gak enak laaah, kapan2 deh kulineran rame2 di sini. Maaf lahir batin jugaaa….yuuk halal bihalal sama blogger2 lain

      Like

      Reply
    1. Dita Post author

      aamiin semoga sebentar lagi ya mba 😀 suka bingung kalo cari referensi kuliner di Malang, soalnya reviewnya dikit, gak lengkap sementara tempat makannya buanyak banget.

      Like

      Reply
  2. Kresnoadi DH

    Oh oh oh aku baru pertama kali mampir ke blog ini nih, salam kenal dulu yaa! \(w)/
    Hih, itu cumi-cuminya bikin kebawa mimpi. *langsung nyegat tukang sayur* *tapi gak tahu cara masak* *nangis*

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      salam kenal kak, makasih udah mampir. huahahaha sampe mimpi cumi-cumi, aduuuhh beli aja deh kak daripada rasanya gak jelas 😀 *disambit wajan*

      Like

      Reply
      1. sphagetti

        beda..beda.. kalo nyamuk kan gak punya sense of..apa ya istilahnya.. maksudnya gini..kadang jg ada orang (biasanya pasangan kekasih gitu) yang menyukai kekasihnya karena baunya yg natural..ya..seperti bau-bau nggak mandi gitu..

        Like

    1. Dita Post author

      masa siihh?! biasanya jus kedondong ada di resto2 melayu sihh memang. Hahaha bale bengong itu bahasa Bali artinya ruangan tempat bersantai gitu deh 😀

      Like

      Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s