Lokal Restaurant, Jogjakarta

1423553768689

Selain Hotel, Lokal Indonesia juga memiliki restaurant yang berada persis di depan bangunan hotel, namanya Lokal Restaurant. Tentunya dengan desain, interior dan perabotan yang gak kalah unik Β dan menggemaskan. Jadi bagi yang tidak menginap di sini, masih bisa merasakan atmosfer khas Lokal Indonesia dengan makan atau minum di restaurant-nya.

Kedatangan saya ke Lokal Resto sebenarnya hanya bermaksud menukarkan welcome drink berupa watermelon-orange juice yang merupakan compliment dari menginap di Hotel Lokal. Tapi ternyata saya gak kuasa menolak cacing-cacing yang mendadak bergejolak saat iseng-iseng membuka buku menu. Cukup lama saya membolak balik buku menu karena belum bisa memutuskan memesan makanan apa untuk meredam nyanyian cacing-cacing di perut, semuanya terlihat enak. Ada menu Indonesia seperti Sop Buntut, Nasi Goreng Roa, ada juga menu western seperti salad, sandwich. Menu juga dibagi menjadi 3 kategori yaitu starters, main dan closures (desserts). Jadi yang gak kepengen makan berat, bisa ngemil makanan yang ada di kategori starters atau closures.

1423553945086

Untuk menu lengkapnya bisa diintip di sini, menurut saya untuk kelas hotel sih harga yang tertera di menu tersebut tidak terlalu mahal. Tapi mungkin saya terlalu berpatokan dengan harga Jakarta ya, kalo untuk harga Jogja memang bisa dibilang agak mahal. Tapi boleh lah sekali-sekali untuk buy the experience πŸ˜€

Meskipun menyediakan menu western, tapi Lokal Resto berkomitmen lebih banyak menggunakan bahan-bahan lokal (dalam negeri) dibanding bahan-bahan impor dalam resep masakannya. Selain agar cita rasa makanan lebih akrab di lidah orang Indonesia, tentunya secara tidak langsung juga bisa membantu pedagang-pedagang kecil dan petani yang telah bersusah payah menyediakan bahan-bahan tersebut.

1423553826414

Sambil menunggu makanan pesanan saya dihidangkan, saya sibuk memotret-motret ruangan dan perabotan yang sungguh instagram-able dan menggemaskan. Seorang wanita muda yang duduk sejajaran dengan saya dengan sukarela menyingkir setelah menghabiskan makanan di mejanya. Entah mungkin dia risih dengan saya yang heboh motret-motret, atau memberi kesempatan pada saya karena dia sudah melakukan hal yang sama sebelumnya πŸ˜€

1423553864232

Seperti restaurant modern pada umumnya, Lokal Resto terdiri dari dua ruangan yaitu non smoking room dan smoking room. Untuk yang smoking room saya gak motret karena males sama asapnya, tapi kalo saya liat smoking area-nya berada di samping dapur persis. Hanya dibatasi tembok dengan jendela kaca bening, jadi sambil nunggu bisa ngintipin koki yang lagi masak.

1423554061418

Selain foto-foto, sambil menunggu makanan yang sedang dalam proses dihidangkan, pengunjung diperbolehkan mengambil cemilan – cemilan gratis yang disediakan di meja. Ada kuping gajah, balok ubi asin, egg roll, buah salak dan lain-lain. Dijamin kita tidak akan bosan menunggu, apalagi Β ditambah dukungan koneksi wifi gratis yang kencang.

1423443888675

Akhirnya sepiring buter rice ditambah potongan-potongan crispy chicken disiram bumbu teriyaki berwarna coklat kehitaman dengan topping telur mata sapi dan daun seledri sudah mendarat di meja saya. Aromanya sukses menghipnotis jari-jari saya untuk bergerak lincah menyuapkan sesendok demi sesendok ke mulut saya hingga tak sampai 5 menit langsung habis tak bersisa. Iya, saya emang kalo urusan makan atau tidur pasti juara deh πŸ˜› Butter rice-nya enak, gurih, crispy chicken-nya juga renyah tapi daging ayam di dalamnya tetap juicy. Cukup pantas dengan harga IDR 35K dengan porsi yang melimpah dan rasa makanan yang enak.

1423554013550

Esoknya saya kembali ke sini untuk sarapan. Ternyata untuk tamu hotel Lokal, menu free breakfast-nya hanya ada beberapa pilihan seperti omelette, nasi goreng, roti dan buah segar. Sedangkan sereal dan susu, disediakan di meja terendiri dan bebas diambil oleh tamu hotel. Saya agak nyesel sok kebarat-baratan mesen omelette, karena menurut teman saya, nasi goreng roa yang dilengkapi sate ayam disini sangat lezat dan nampol sebagai menu sarapan. Duhh jadi pengen makan disini lagi dehh.

Lokal Restaurant

Jalan Jembatan Merah No.104C
Jogjakarta 55283

Open daily from 6.30am until 11pm (SUN-THU) and 1am (FRI-SAT)
Reservations or functions queries please call
+62 274 524334

Advertisements

69 thoughts on “Lokal Restaurant, Jogjakarta

  1. santi

    itungannya murah ya dit, kalo untuk ukuran hotel. enak2 lagi.. sampe mau ngokop pdf-nya πŸ˜€
    ta ta ta tapiiii kan lagi nginyit ini gara2 minyak firdaus. gimana dong? πŸ˜€ πŸ˜€

    Like

    Reply
  2. Gara

    Ya, setuju, itu kalau hitungan hotel murah, lha restoran dekat kosan saya saja bisa lebih dari itu :hihi.
    Suka dengan konsep restorannya. Cokelat kayu yang alami selalu menghipnotis mata ini :hihi. Tapi tidak melulu tradisional, ada fusion juga dengan modernisme. Cool!

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      Aku baru kesini aja siihh, pengennya long weekend april hunting lagi. Kamu kapan ke Jogja? Oiya coba baca postingannya geretkoper.com kayaknya dia baru bikin postingan ttg cafe hopping Jogja πŸ˜€

      Like

      Reply
    1. Dita Post author

      Iyaaa gemes banget pengen punya rumah kyk begini T_T

      Aaakk bagusan foto2 kamuuu, itu aku asal jepret aja. Blm bisa maen komposisi :/

      Aku udah baca sekilas, waaaaks kok susah2 ya pertanyaannya x))) tunggu ya *semedi dulu*

      Like

      Reply
    1. Dita Post author

      sebagai sesama anak kos aku setuju dg prinsip itu πŸ˜€

      tapi sekali-sekali boleh lahh makan di resto, apalagi ada yg traktir hohoho *ngarep*

      Like

      Reply
  3. ndop

    Wuih, karena ini sudah jam 11.34 malam, diriku jadi galau, makan gak ya, makan gak yaaa…

    Harusnya baca postingan ini jam jam sarapan yaa

    Btw, restorannya bagus banget. Sama kayak kamarku #eh

    Like

    Reply
  4. Dila

    Aku pertama kali liat Lokal hotel di IG nya adetyaa. Trus baru tau rate nya di blog kamu, Dit. Ternyata mahal juga yak… untuk ukuran Jogja. Tapi melihat experience nya sepertinya worth it deh. Mama, boleh gak besok mudik jogja nginep di lokal ajaaaaa…. *ditujes mertua* πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s