Kopdar Di Atas Pohon

image

Setelah kopdaran sama mbak Noni di Medan kemarin, saya sempet reply-replyan twitter sama bunda Muna yang isinya begini :

image

Dan alhamdulillah, doanya bunda Muna dikabulkan Allah gak pake lama. Kamis-jumat kemarin saya ditugaskan ke Jogja untuk acara kantor. Aaaak bunda, besok doain saya ditugasin ke London ya *ngelunjak* *ditiban jam Bigben*

Karena hari kamisnya masih riweh sama urusan kantor sampe malem, jadinya kopdaran sama Bunda Muna baru bisa terlaksana hari jumat siang. Soalnya jumat siang itu break acaranya cukup lama karena ada sholat jumat. Sebenernya siang itu ibu-ibu kantor ngajakin belanja-belanji tas di daerah Godean, tapi berdasarkan pengalaman kalo belanja sama ibu-ibu pejabat itu laaammmaaaaa banget, saya bakal banyakan makan atinya daripada belanjanya karena sangunya gak sebanyak mereka, dan lagipula saya juga lagi gak pengen belanja jadi yaudah saya tolak dengan halus aja ajakannya mereka.

Siang itu bunda ngajakin kopdar di rumah pohon mas dewo yang katanya gak jauh dari tempat nginep saya. Saya sih manut-manut aja soalnya meskipun udah sering ke Jogja tapi gak terlalu apal juga sama daerah-daerahnya. Karena saya gak tau tempatnya bunda nawarin jemput ke hotel naik motor, tapi saya harus nyari pinjeman helm karena bunda cuma punya satu helm. Akhirnya saya gerilya nyari pinjeman helm ke mas-mas karyawan hotel. Tapi gaktau deh entah mas-masnya yang pelit, atau tampang saya gak bisa dipercaya ya, mereka ogah-ogahan gitu mau minjemin helm. Huhuhu ganteng-ganteng kok pelit toh mas *gelendotin* *ditoyor suami*. Akhirnya helmnya minjem ke ibu-ibu pemilik toko kelontong di depan hotel yang surprisingly dengan entengnya kasih pinjeman helm ke kami tanpa jaminan apa-apa. Padahal bunda udah nawarin mau ninggal KTP segala disana.

image

image

Rumah pohon mas dewo ternyata emang bener-bener deket dari tempat nginep saya, gak ada 5 menit kayaknya naik motor sama bunda. Dan saya baru inget ternyata rumah pohon mas dewo ini pernah direview sama mbak Ika Koentjoro disini. Rumah pohon mas dewo beralamat di Blunyahrejo TR II/808, jalan masuknya emang agak kecil dan lingkungan sekitarnya berupa rumah-rumah penduduk. Sesuai dengan namanya, rumah pohon ini ya bener-bener kayak rumah pohon *apa sih?!* Bangunannya terbuat dari bambu yang disusun bertingkat hingga 6 lantai. Ada pohon besar ditengah-tengahnya, jadi kita seperti berada di atas pohon beneran. Terdapat juga gardu pandang untuk melihat pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Kata bunda kalo sore hari dan cuaca cerah, kita bisa ngeliat lereng merapi dari sini. Berhubung siang itu cuaca cukup panas, kayaknya gak memungkinkan untuk ngeliat-ngeliat ke gardu pandang, jadi kami memilih duduk diΒ  tingkat dua aja. Meskipun cuacanya panas, tapi suasana di rumah pohon mas dewo ini sangat menyenangkan, tetep adem dengan semilir angin sepoi-sepoi menemani obrolan kami yang mengalir tanpa henti.

image

Menu makanan dan minuman disini adalah menu khas jawa dengan nama yang lucu-lucu, ada nasi guendheng, es rondho gendhit, dan lain-lain. Entah siang itu kami lagi kelaparan atau kalap sehingga pesen makanannya banyak banget. capcay, Jamur Tiram Crispy, Oseng jamur tiram, tempe mendoan dan sambel cumi kremes. Rasa makanannya cukup enak, terutama jamur tiram crispy dan sambel cumi kremes yang meskipun pedes banget tapi nyamleng! Sayangnya pelayanan disini agak lama, kemarin ini kami harus nunggu pesanan kami sampai di meja sekitar 30 menitan. Padahal waktu itu sedang agak sepi pengunjungnya, gak kebayang deh kalo kesini hari sabtu atau minggu. Kalo kesini dalam keadaan laper banget, mending bawa cemilan dulu deh.

image

Di rumah pohon mas dewo juga tersedia toko souvenir yang menjual berbagai macam souvernir khas rumah pohon. Tapi kemarin ini cuma ada kaos-kaos aja, dan bunda maksa donk beliin saya kaos warna coklat yang keren ini setelah terjadi drama tarik-tarikan di depan kasir. Duuh bunda makasih banyak ya, udah dijemput ke hotel, ditraktirin, ngobrol-ngobrol seru, terus masih dibeliin kaos lagi. Gimana saya gak makin cinta sama Jogja kalo gini caranya. Udah makanannya enak-enak, murah-murah, orang-orangnya ramah, baik dan sekarang saya punya sahabat baru disini. Alhamdulillah πŸ™‚

Advertisements

32 thoughts on “Kopdar Di Atas Pohon

  1. neng fey

    keren ya si rumah pohon itu, mau ah nnt klo ada rejeki maen kesana
    btw klo cuman 5 menit pake motor, ngapa ribet nyari helm, jalan kaki aja ngapah hahahah

    Like

    Reply
  2. bundamuna

    aih.. itu kenapa yg dipasang foto kita yg itu.. aku gaya bgt posenya, jelek 😦
    kaosnya muat gak Ta? hihi
    foto makanannya jd bagus gitu, gak kalah sama hasil jepretannya Bebe kok πŸ˜€

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      bagus kok buuun, masa jelek sihh?! sebenernya foto itu dipasang karena aku terlihat kuyus disitu hihihi *ditoyor bunda* Kaosnya pas banget, kereeennn. hahaha masih jauh ini levelnya kalo dari potonya mbak Bebe

      Like

      Reply
  3. tinsyam

    akhirnya balikin helm ke ibu yang baik hati itu dikasih oleholeh ga?
    asik ya banyak yang baik hati, di hotel mah kog susah sih pinjemin helm? apa mereka ga naik motor kali ya? *berbaiksangkaajalahya..

    btw, ibuibu pejabat itu pulang dari godean belanja apa sih? tas?

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      Hehehe gak dikasih oleh2 mba, dibeli aja dagangannya πŸ˜€ iya kali ya hotel Tentrem kan elit gitu, mungkin karyawannya naik mobil semua hihihi.
      Iya mba Tin, pada ngeborong tas di Dowa sama Gendhis. Katanya sih bagus, tp aku masih demen backpack jd gak tertarik x))))

      Like

      Reply
  4. suci

    haloo salam kenal! πŸ™‚
    aku pernah ke rumah pohon ini! emang rada lama yah, mana waktu itu kita bingung mo milih duduk di mana, pengen yang di atas bgt tapi siang2 jd rada panas dll jadi ribet sendiri muter2. salah kita sendiri sih :p
    tempat nya enak dan unik sih yaa, adem jg krn ada pohin nya itu.

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s