Mengurus Visa Schengen di Kedutaan Belanda (Updated)

mengurus-visa-schengen

Haiii, mau sharing aja proses paling mendebarkan sebelum berangkat jalan-jalan kemarin yaitu mengurus visa Schengen. Kalo ada yang kurang, boleh ditambahin lho kakak-kakak πŸ˜€

Berhubung mau jalan-jalan ke Negara Eropa, maka syarat mutlaknya adalah harus memiliki visa perjalanan singkat ke Eropa yang lebih dikenal dengan nama visa Schengen. Dengan visa Schengen kita bebas keluar masuk negara-negara Eropa tersebut tanpa harus mengajukan visa ke masing-masing kedutaan, cukup di satu kedutaan negara yang pertama kali kita datangi atau negara terlama yang akan kita kunjungi. Daftar negara-negara yang termasuk dalam visa Schengen bisa diliat di sini.

Setelah browsing-browsing dan nanya sana-sini, saya mendapatkan informasi bahwa untuk pengurusan visa Schengen yang paling mudah adalah di kedutaan Belanda, bisa satu hari langsung jadi. Alhamdulillah, kebetulan banget memang negara Schengen yang pertama saya datangi adalah Belanda.Β Proses pengajuan visa ini cukup bikin deg-degan juga, karena ini pertama kalinya saya ngurus visa sendiri. Kemarin waktu jalan-jalan ke China dan Umroh kan visanya diurusin sama travel agent, saya tinggal ongkang-ongkang kaki udah jadi aja visanya πŸ˜€

Syarat dan Dokumen yang Diperlukan

  1. Berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing sebelum pengajuan visa, ini penting! *diselepet sajadah*
  2. Buat janji dulu lewat internet di sini, ingat bukan janji manis apalagi janji palsu. Tapi gak buat janji juga sebenernya gak apa-apa sih, asal datangnya pagi pasti masih diprioritaskan kok.
  3. Mengisi formulir pengajuan visa. Formulirnya bisa didapatkan di Kedutaan atau di download di mari
  4. Mengisi lembar perjalanan. Lembar perjalanan ini juga disediakan di Kedutaan, tapi biar cepet sih enaknya sebelum sampe kedutaan kita udah punya dan isi duluan. Monggo diunduh ->Β lembar-perjalanan
  5. Passport asli dan fotokopinya yang masih berlaku
  6. Pas foto. Syarat pas foto untuk visa biasanya berbeda-beda untuk masing-masing negara. Untuk syarat pas foto kedutaan Belanda bisa dicek di sini. Untuk lebih amannya, Kedutaan Belanda menyediakan layanan pas foto dengan biaya 50 ribu rupiah. Memang agak mahal sih, tapi dijamin fotonya pasti bener.
  7. Asuransi perjalanan dengan nilai pertanggungan mininal 30.000 EUR. Bisa dibeli di AXA atau ACA. Kemarin saya beli di ACA karena lebih deket sama kantor. Untuk 14 hari kena asuransi ACA Travel Safe seharga 35 USD dengan nilai pertanggungan 100.000 USD.
  8. Bukti Keuangan pribadi. Berupa rekening koran 3 bulan terakhir dan surat referensi bank. Untuk rekening koran kita tinggal minta ke CS bank, dan membayar sekitar Rp 2.500 per lembar. Untuk surat referensi bank kita juga bisa minta ke CS bank, nanti kita akan diminta mengisi formulir permohonan surat referensi bank. Biayanya berbeda-beda tiap bank, untuk Bank Mandiri dikenakan biaya 100 ribu rupiah dan bisa langsung didebet dari rekening kita. Jumlah minimal rekening yang ada di tabungan saya kurang tahu pasti emang beneran ada syarat ini atau enggak, tapi katanya sih minimal kita harus punya 34 EUR per hari.
  9. Surat Keterangan dari Perusahaan. Biasanya bagian HRD di kantor sudah punya standar sendiri untuk pembuatan surat ini, jadi kita tinggal minta aja ke mereka. Untuk wirausaha surat ini bisa diganti dengan SITU – SIUP – TDP.
  10. Reservasi Penerbangan. Katanya sih gak perlu tiket yang sudah issued, cukup bukti booking atau reservasinya aja. Tapi karena saya kemarin udah beli tiket Jakarta – Istanbul PP dan beberapa tiket lowcost carrier jadinya ya nothing to lose dan PD aja deh, insya Allah visanya keluar πŸ˜€
  11. Reservasi Penginapan. Biasanya sih untuk formalitas pengurusan visa, banyak yang bikin reservasi ngasal di booking.com karena free cancelation jadi gak perlu bayar dan bisa dibatalin seenak jidat. Tapi karena saya males kerja dua kali dan kepedean visanya bakal keluar, jadi saya langsung buat reservasi yang bener di hotel atau hostel yang saya mau.
  12. Biaya pengurusan visaΒ sebesar 700 ribu rupiah.
  13. Dokumen lain seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, Slip Gaji, Ijazah terakhir dibawa aja buat jaga-jaga πŸ˜€

Waktu itu saya buat janji jam 9 pagi, tapi saya dateng ke Kedutaan jam 8 pagi karena mau foto dulu. Ternyata jam 8 pagi disana udah rame banget donk, mau foto pun harus ngantri dulu. Setelah foto, saya nyerahin semua berkas-berkas ke petugas yang jaga. Kemudian dia ngasih kertas panduan untuk mengurutkan berkas. Tepat jam 9 saya dipanggil untuk masuk ke dalam ruangan. Di ruangan tersebut terdapat 3 loket untuk penyerahan berkas dan wawancara singkat. Setelah penyerahan berkas dan wawancara singkat tentang mau ngapain aja di Eropa, berapa lama, kenapa pengen ke Eropa, dan lain-lain, saya dikasih kertas untuk pengambilan visa jam 1 siang. Karena waktu itu ngurusnya berdua sama mas bebeb, katanya yang ngambil nanti boleh salah satu dari kami. Yaudah deh, saya balik ke kantor, mas Bebeb nongkrong disana sambil deg-degan sampe jam 1 siang.

Alhamdulillah berbekal iman, takwa, dan kepedean tingkat tinggi akhirnya visa Schengen yang cetar membahana ini pun terpampang nyata di paspor saya!

PicsArt_1359124050643

Intinya sih asal dokumen-dokumen kita lengkap, kita jelas mau kemana aja dan tinggal dimana, insya Allah pasti keluar kok visanya. Tapi memang sih dibanding orang lain barengan kami waktu ngurus visa yang rata-rata pergi pakai tour atau ada surat sponsor dari temen/keluarga di luar negeri, kami memang yang paling lama diverifikasi dan diwawancaranya. Tapi ya gak masalah, toh akhirnya keluar juga visanya.

Semoga postingan ini bisa membantu temen-temen yang mau mengurus visa schengen juga. Good luck!

Alamat Kedutaan Belanda :Β Jl. HR Rasuna Said Kav.S-3,Β Jakarta 12950

UPDATE TAHUN 2016

Mulai tahun 2016, pengurusan visa Schengen di Kedutaan Belanda dokumen-dokumennya harus dikirim ke Kuala Lumpur terlebih dahulu. Hal ini menyebabkan proses pembuatan visa yang tadinya bisa 1 hari jadi, sekarang jadi 10 hari. So bagi yang mau mengajukan visa Β schengen di sini, sebaiknya jangan mepet-mepet dengan tanggal keberangkatan.

Biaya pengurusan visa per April 2016 adalah sebesar Rp 850.000,- per orang.

Advertisements

106 thoughts on “Mengurus Visa Schengen di Kedutaan Belanda (Updated)

  1. irdy

    Selamat Kakak sudah ada visa schengen di passportnya, udah ada cap holland nya lagi. Tapi fotonya kok gitu, ganti donk yg jelas. Hahaha :p

    Like

    Reply
  2. pursuingmydreams

    Ehh riskan juga ah beli tiket klo visa belum ditangan. Untungnya lolos ya πŸ˜€
    Btw asyik juga visanya berlaku sebulan, berarti klo waktu itu jalan2 diperpanjang lagi bisa dong ya ;).

    Like

    Reply
  3. lisa

    Mba Rintadita,
    mau tanya dunk….kalau ke belandanya ber-4, pas isi di internet untuk buat janji harus empat2nya buat janji atau cukup salah satu yang buat janji ??? dan sisanya yang 3 orang itu cukup dituliskan pada saat mengisi “calender” dengan pilihan “4” yang artinya 4 orang yang akan pergi/mengurus visa….begitukah mba Rintadita, mohon infonya, thx a lot

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      satu orang aja yang buat janji tapi di calender-nya diisi 4 orang. Oiya bulan-bulan segini biasanya buat janji itu suka penuh terus, dateng langsung aja ke Embassy sebelum jam 8, pasti diduluin kok. Gud Luck!

      Like

      Reply
  4. lisa

    Thx atas infonya mba Rintadita….siap2 mau wawancara niy tanggal 26 April 2013….kudu berdoa dari sekarang ya supaya lolos wawancaranya…..
    Tanya atu lagi mba, di form pengajuan visa bagian kiri atas ada kotak yang ditulis “Stamp”……. stamp itu maksudnya apa ?meteraikah ? so kita kudu nyiapin meterai Rp.6.000 ? mhn info mba Dita…..thx.

    Like

    Reply
      1. rintadita Post author

        Hihi gak berat kok cuma 50 kg *dang!* eh td sempet intip blogmu, tinggal di Spore ya? Keren! Ntar kalo pas kesana ketemuan yakk πŸ˜€

        Like

  5. Ali

    Hi Mba Rintadita
    Salam kenal yach :)..mo tanya sedikit nih, saya liat tripnya ke AMS dari IST ya..berarti visanya buat Turki Multiple entry kan..Nah waktu masuk otomatis dikasih apa kita yang minta Multiple? Bayarnya apakah sama dengan yg single? thanks ya

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      Kemarin aku masuk istanbul 2 kali jadi bayar Visa on Arrivalnya juga 2 kali. Kayaknya kalo mau multiple entry agak susah deh, tp kmren aku juga gak nanya sihh πŸ˜€

      Like

      Reply
      1. Ali

        sekali lg nih mba πŸ™‚ waktu aplly visa di kdutaan belanda print tiket CGK-IST-CGK ditunjukin juga apa nggak? Makasih ya…

        Like

  6. Kurniati

    Mba Rintadita, mau nanya boleh ya, kalau kita tinggalnya di daerah, apa harus tetap datang juga ya ke Kantor Kedutaan??
    wawancara dalam bahasa Inggris kah..??? dan berapa sebenarnya mengurus visa?
    Trims yaa.. πŸ˜‰

    Like

    Reply
    1. Kurniati

      Maaf mba, maksudnya berapa lama kalau mengurus visa?
      Menurut Mba Rinta, urus visa dulu, atau beli tiket dulu??
      Apakah mungkin visa ditolak? kalau ditolak, apa kita tdk dapat mengurus visa lagi selanjutnya..???? ( hee hee maaf ya mba pertanyaannya banyak, saya belum pernah pelesiran jadi pingin tau )

      Like

      Reply
      1. rintadita Post author

        berapa lamanya bisa beda-beda tergantung di kedutaan mana kamu ngurusnya. Yang paling cepet memang di Kedutaan Belanda, 1 hari langsung jadi. Sebaiknya sih urus visa dulu, tiketnya bisa booking aja lewat travel agent gak perlu bayar. Tapi dilema juga karena sekarang banyak tiket promo murah yang kadang harus langsung dibeli. Beli tiket dulu juga gpp, asal semua dokumen persyaratannya lengkap insya Allah visanya diterima.

        Tentu ada kemungkinan visa ditolak, kalo ditolak gitu setahu saya kita baru bisa mengajukan permohonan visa lagi sekitar 2 minggu setelah penolakan.

        semoga membantu ya πŸ™‚

        Like

  7. Heprin

    halo mbak, saya mau tanya untuk rekening itu harus di Bank Mandiri atau boleh di bank BRI g mbak?
    kebetulan saya siapin syarat saldonya di Bank BRI mbak bukan di Mandiri
    mohon informasinya ya mbak

    Like

    Reply
  8. g2-e6646b9a22400dc71cf1fd4b47537ea2

    Hai mbak, thanks postingannya, sangat informatif buat saya.

    Mau tanya, kan tiket mbak Jakarta Istanbul pp, apakah juga menyertakan tiket Istanbul ke negara schengen dan negara schengen ke istanbul lagi?

    Thanks πŸ™‚

    Like

    Reply
  9. Ali

    Maaf ya mba nebeng iklan πŸ™‚ Anyone yang mau trip ke eropa bisa barengan saya kbetulan saya SOLO TRAVELLER nih..
    Plan Trip IST-AMS-PARIS-ROME-VENICE-BUDAPEST-PRAHA-AMS-IST lama perjalan 13 hari..awal bulan september ini rencananya..thanks

    Like

    Reply
  10. Lusiana

    Hai, aku mau tanya nih sis πŸ™‚ emng bole ya sis, kalo dtg ga buat janji online dulu, apa dilayanin? Soalnya aku buat janji online penuh terus 😦

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      hai Lusiana, memang kalo bulan2 segini biasanya janjian online selalu penuh karena memang banyak banget yang mau liburan ke Eropa. Dulu sih waktu aku kesana ada serombongan orang-orang yang gak pake bikin janji lewat internet bisa masuk, tapi mereka emang datengnya pagi banget sebelum setengah 8 kayaknya. Mungkin bisa dicoba aja dateng pagi-pagi langsung ke kedutaan. Good luck! πŸ™‚

      Like

      Reply
  11. Heprin

    walah bank amir πŸ˜€ gpp deh asal jangan bang toyip aja mbak…hehe
    oia mbak formulirnya diisi dalam bahasa indonesia apa bahasa inggris mbak?

    Like

    Reply
  12. Heprin

    oia mbak boleh minta tolong check-in form visa yg sudah saya isi ga?
    khawatir masih ada yg kurang atau salah, males juga bolak-balik kedubesnya ntar
    minta emailny y mbak
    tks y

    Like

    Reply
  13. Neeta

    Mba dita, wah bgs blognya. … Saya juga agak sedikit bingung ketika mengisi formulir schengen niy mba…. Kalo ga keberatan boleh nanya or kirim form schengen yg sdh saya isi? Heheheheheee….. Attu boleh minta Imelnya mba? Terimakasih sebelumnya…..

    Like

    Reply
      1. Reinaldo

        halo, mau nanya juga soal formnya, terutama yg no 22-24.
        saya rencana ke Belanda, transit Jerman
        dari Belanda ada rencana jalan ke Perancis, Italia, sama Jerman.

        untuk yg no 22, apakah harus saya isikan semua negara yg akan saya tuju, atau hanya dimana saya lebih lama tinggal?
        no. 23: apa saya isi Germany, karena itu wilayah schengen pertama yg saya masuki meskipun hanya transit?
        no. 23: ini single entry (karna semuanya wilayah schengen) ato multiple?

        btw, saya tidak memegang tiket perjalanan maupun bukti booking tempat menginap di negara2 yang akan saya tuju setelah tiba di Belanda, apa ini akan menjadi masalah?
        (dapat slot tanggal 12 ini untuk keberangkatan tanggal 28 nanti, mudah2an cukup waktu)

        terima kasih sebelumnya

        Like

      2. rintadita Post author

        Hai Reinaldo,

        Maaf br smpt balas. Betul, untuk yg nomor 22 diisi negara yg km lama tinggal dan utk nomor 23 diisi negara pertama yg dituju. Kalo boleh tau transitnya brp lama ya? Kalo transitnya cm bentar sih brarti diisi Belanda.

        No.23 terserah km mau multiple atau single. Kalo multiple artinya km bisa masuk 1 negara berkali2, sementara kalo single kamu cm bisa masuk negara itu sekali. Contoh km dateng ke Belanda trus jalan2 ke Perancis, Italia, pulangnya ke Indonesia lewat Belanda lagi brarti km hrs apply yg multiple krn km akan msk Belanda 2kali.

        Eh kok bisa gada tiket? Ini acaranya ada sponsor atau gimana? Setahuku dokumen itu hrs ada ya. Kalo mau bikin aja bookingan tiket di travel agent, gak bayar kok. Trus utk penginapan bikin bookingan boong2an di booking.com kan gratis itu bookingnya, tp jgn lupa dibatalin nanti kalo udah kelar dan sebelumnya pilih yg bebas pembatalan.

        Semoga jawabannya membantu dan sukses utk pengajuan visanya ya.

        Like

      3. Reinaldo

        terima kasih jawabannya
        transitnya kurang lebih 3 jam
        hoo, brarti multiple ya, ok deh
        heheh, bukan ga ada, tapi ga megang, kecuali tiket pp Jakarta-Amsterdam yg lain udah diatur istri di sana πŸ˜€

        Like

  14. yanti

    Hallo mba dita,,mau numpang tnya jg nih,sy dpt sponsor dr pacar sy di belanda,apakah sy jg hrs menunjukkan rekening tabungan? Krn kayakx blm cukup 25jt deh saldoku.. oh ya satu lagi,apa perlu bawa ijazah juga? Krn ijazah sy cm SD.. Sy bkn karyawan ato pengusaha,lalu bgmna dgn SIUP/surat pngantar dr kantor?rencana sih mau tinggal 3 bulan di sana..biasa mba..mau pedekate sm camer..

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      halo Yanti, kalo kamu ada sponsor kayaknya cukup menyertakan surat keterangan dan jaminan dari sponsor aja (kalo ga salah ya) πŸ˜€ karena kamu kan bakal ditanggung oleh sponsor selama disana. GPP, Ijazah terakhir sama rekening tabungan kamu juga tetep dibawa aja buat jaga-jaga. Good luck yaahh πŸ˜€

      Like

      Reply
  15. lia adirini

    halo mbak Dita,,,makasih blognya, membantu sangaat,,,;)
    kayaknya aku sama dgn mbak Yanti, ada sponsor dr calon. tp msih bingung masalah rek di bank dan surat keterangan kerja. karna setelah ada rncana ke Belanda aku resign. so gak mungkin pake surat keterangan kerja dari tempat kerja yg lama kan? *sarannya dooong,,
    utk bukti rek bank kalo baru ‘keisi’ menjelang pengurusan visa bisa gak,,? secara gak prnh nyimpan tabungan berupa uang cash,,*sssstttt harus pake rek sendiri ya mbak? krna udah pasti semua biaya ditanggung calonku.
    mohon infonya ya mbak,,

    heel hartelijk bedankt,,,

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      hai Lia, maaf ya baru sempet bales. Maaf lagi kalo masalah sponsorship ini aku kurang paham. Setahuku kalo ada sponsorship, harus ada surat keterangan dan jaminan dari sponsor bahwa dia yang akan menanggung semua biaya selama kita disana. Kalo dilengkapi surat keterangan bekerja dan slip gaji-nya sponsor kayaknya lebih baik. Tapi kita sendiri juga harus ada rekening tabungan. Baru keisi menjelang pengurusan visa lebih baik daripada gak ada sama sekali. Kalo bisa sih 3 bulan sebelum pengurusan udah bikin ya. Semoga sukses Lia πŸ˜€

      Like

      Reply
  16. bintang

    keren blognya mba salam kenal.. aku ada rencana mo ke belanda lagi nunggu dokumen sponsor minggu depan sampe di aku…aku deg2 an nie… kira2 lebih mudah ga ya aku dapet visa?. smua di jamin sponsorku..rencana january aku brangkat doakan sy mba lancar n mudah dapet visa.. Paris my old dream….Amin!

    Like

    Reply
  17. indah

    salam kenal mba Rintadita. Saya seorang karyawati setahun yg lalu hingga kini sy kenal sponsor hanya lewat social media krn kesibukan sponsor bekerja dan study tdk dpt dtg ke indo. Bulan Maret ini sy berencana mengunjungi dia dan saat ini sy msh menunggu dokumen sponsor yg akan menanggung sy sepenuhnya dr indo dan kembali ke indo. Dokumen2 tsb otw indo mudah2an minggu depan sy sdh terima. Saya membaca dlm salah satu blog bahwa kenal hanya lewat social media tdk akan pernah di approve sy jd pesimis 😦 meskipun sy tahu dokumen2 yg sy terima adalah komplit. Pertanyaan sy mungkin lucu hehe… Menurut mba ada harapan ga visa sy akan di approved . Thx atas saran dan masukannya GBU! πŸ™‚

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      aduh aku kurang tau benernya kalo masalah sponsor. Tapi asalkan semua dokumen itu lengkap kayaknya sih mudah-mudahan gak ada masalah ya.

      Kenal lewat sosial media tapi berlanjut dengan jaringan pribadi seperti email atau telepon kan harusnya gak jadi masalah.

      semoga diapprove ya visanya, yang penting pede aja jawabnya πŸ˜€

      Like

      Reply
  18. Opeey

    Salam Kenal mba..
    Nice posting…
    Mau tanya dong.. boleh ya…? hehehe…
    kalau pengajuan Visa ada maksimal nya ga..? misalnya harus 3 bulan sebelumnya? atau satu bulan sebelumnya..? Soalnya saya mau mengajukan.. tapi, waktunya mepet… dpt jadwal tgl 18 Maret… rencana pergi tgl 21. Kira2 bisa ga ya…?
    ditunggu ya infonya…
    Thanks berat… πŸ˜€

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      Waduhhh kalo mepet gitu agak2 ngeri ya, takut ditolak. Aku kurang tau nih ada aturannya apa enggak, tapi dulu temen pernah ngurus visa 2 minggu sebelum keberangkatan, dimarah2in sama petugasnya katanya terlalu mepet, meskipun pd akhirnya visanya bisa keluar.

      Like

      Reply
      1. Opeey

        ooh gt ya.. 😦
        brati siap2 bawa payung ya.. kali aja marah2innya ampe pake kuah.. hehehe..
        Okay Mba,, thx ya infonya πŸ˜€

        Like

      2. rintadita Post author

        Atau langsung dateng aja ke kedutaan, gak perlu nunggu jadwal. Asal datengnya pagi2 pasti langsung dilayani kok. Good luck ya πŸ™‚

        Like

      3. Opeey

        Alhamdulillah Visa aq approved.. Aq dpt jadwal apply tgl 18 Maret.. dan tgl 19nya langsung jadi..untuk pergi tgl 23 Maret…Padahal aq apply yg Single Entry.. eh Taunya dikasih yg multiple.. πŸ˜€ masa berlaku Visa 90 hari untuk lama di Schengen 30 hari… Thanks ya infonya πŸ˜€

        Like

  19. indah

    Alhamdulillah hr ini visaku di approved thx mba dita atas blog yg sgt membantu n support me.. be my self n honesty so happiness come true :*

    Like

    Reply
  20. Anto

    Terima kasih postingnya mbak, sangat bermanfaat.
    Mau tanya,

    apakah ada batasan umur maksimum untuk pengajuan Visa ke Belanda/ Belgie.
    Ibu saya sdh 76 th dan dapat undangan dari anaknya di Belanda + tiketnya bulan Juli nanti.
    dalam pengajuan visa apakah harus hadir sendiri ibu saya.

    apakah kalau pagi datang ke kedutaan belanda mengajukan visa, siang bisa selesai, karena rumah kita di bandung

    Terima kasih

    Anto

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      Setahu saya tidak ada batasan umur mas Anto, tapi memang yang bersangkutan harus hadir sendiri. Kalau datangnya pagi sebelum jam setengah 8 insha Allah siang visanya sudah selesai. Dan berdasarkan pengalaman saya kemarin petugas disana cukup kooperatif, jadi bagi yang membawa lansia dan anak kecil akan didahulukan untuk interview jadi tidak menunggu terlalu lama. Semoga membantu dan semoga sukses pengurusan visanya ya πŸ™‚

      Like

      Reply
  21. vicky

    hi mau numpang tanya nih, emangnya kalo dateng pagi2 tanpa bikin online appointment bisa ya?! thank you πŸ™‚

    Like

    Reply
      1. indah

        Mba Dita gmn kbrnya.. Vicky setahu sy kmarin ga bs hrs ambil slot by net. Cari amannya apoitment aja by net menjelang liburan bakalan fuly book tricknya biar dpt slot buka jam 6 sore pantengin pc heheee.. Sukses ya..

        Like

      2. rintadita Post author

        halooo Indah πŸ˜€
        makasih koreksinya ya, iya sihh bulan2 ini emang lagi peak season jadi gak bisa datang langsung kayaknya ya. Kalo aku dulu emang pas lagi low season jadi banyak yang langsung dateng aja gak pake appointment

        Like

  22. vicky

    hi dita, thanks ya. btw, aku cewe loh jgn dipanggil mas ya hahaha ;p. hi indah, oh gitu ya? thank you ya infonya. soalnya tiap buka link appoinment slotnya ga pernah ada yang ijo. nanti dicoba deh mulai jam 6 sore

    Like

    Reply
  23. vicky

    thank you dita. anwys, aku cewe loh jgn dipanggil mas dong hehehehe πŸ˜‰ and buat indah thank you ya infonya, soalnya aku cari slot ijo dari bulan lalu susah bgt. selalu merah terus.

    Like

    Reply
  24. risma

    mba… saya mau curcol…
    summer school ku 3 juli, high season, ga dpt slot ijo walaupun udh pantengin jam 6…
    g mn ya mba… galau setengah mau gilaaa…. haha *lebay

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      Waduh, ini lagi peak season bgt sih soalnya ya. Coba pantengin kalo pas lagi tengah malem ato subuh2 deh risma *ini kok kayak lagi jaga lilin ya* πŸ˜€ semoga segera dpt slot ijonya, aamiin

      Like

      Reply
  25. Zayt

    Sekedar member informasi bagi yang membutuhkan !

    Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance saat ini telah menjadi sahabat perjalanan kita. Sahabat yang selalu melindungi kita dari kemungkinan munculnya multi resiko di dalam setiap perjalanan; dari kehilangan dan keterlambatan bagasi, penundaan penerbangan, pembajakan pesawat, kehilangan barang/benda pribadi, sakit yang muncul tiba-tiba di perjalanan, hingga resiko ekstrim yakni kehilangan jiwa karena kecelakaan.
    Kedutaan negara-negara eropa di Indonesia telah sejak lama mewajibkan untuk mengikutsertakan sahabat kita ini dalam pengajuan visa sebagai sebuah prasyarat mutlak.
    Bagi sahabat-sahabat kami, rekan-rekan, handai taulan, hingga sanak keluarga, yang hendak melakukan perjalanan wisata/dinas ke Luar Negeri selain negara Eropa, pun tidak ada salahnya untuk mengikutsertakan sahabat kita ini.

    AXA Insurance memberikan kemudahan layanan penjualan yang dapat diakses 24 jam melalui situs
    http://axa-insurance.co.id dilanjutkan dengan klik Beli Online.

    Atau salin dan tempel URL ini http://indonesia.merimen.com/epolicy/index.cfm?fusebox=MICpolicy&fuseaction=dsp_polcreate2&iprodid=93&iicoid=712001&mcvid=0&iacoid=0&icstid=1350&agentcode=&SYSXATTRTOP=1&CFID=43029804&CFTOKEN=934db7d404885ec1-AAACF1BF-D4AE-5267-4E69A1E743EE3985&USID=483&RID=4978504&LF=EPLAXAID

    Terdapat potongan 10% bila anda memasukkan (salin & tempel) Kode Promosi: P02H750I

    Selamat mencoba dan terima kasih atas perhatiannya !

    Like

    Reply
  26. Destinia Putri

    Hi. Saya mau tanya, saya sudah punya visa Schengen dari kedutaan jerman karena stay paling lama saya di kedutaan jerman, tapi negara pertama saya yang akan saya kunjungi adalah Slovakia. Apakah boleh seperti ini? karena saya sudah bayar seluruh hotel dan tiket eurail dari slovakia, praha, dan jerman, tapi teman saya baru bilang kalo negara yang pertama harus saya kunjungi adalah jerman karna visa saya issued dari kedutaan jerman apakah seperti itu? mohon bantuannya. trimakasih

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      Halo,
      Setau aku visa itu boleh dari negara yg pertama kita datangi atau negara yg kita tinggali paling lama. Jadi insha Allah gak masalah kok kalo memang km dpt visa de kedutaan Jerman krn bakal tinggal lama di sana. Nanti imigrasi Slovakia juga bakal liat itinerary kamu dulu. Semoga membantu ya πŸ™‚

      Like

      Reply
  27. Rachmat

    Hi Mbak,,

    Mau nanya kalau saya mau ngurus visa schengen liburan 1 hari di perancis 2 hari di Belanda.,,,,kan itu pasti di kedutaan Belanda, nah misalkan visa saya sudah diterima terus saya rubah perjalanannya hanya ke perancis saja , apa boleh…??? atau lagi saya ubah di perancis 2 hari dan portugal 2 hari, apa boleh…???…….karena inginnya asal dapat visa schengennya aja kan paling mudah diantara kedutaan lainnya yaitu kedutaan Belanda.
    Mohon bantuan info nya karena saya dalam waktu dekat rencana mau ke eropa…Terima Kasih..#

    Like

    Reply
  28. Pingback: Mudahnya Membuat e-Visa Turki | Males Mandi

  29. Pingback: Itinerary dan Budget 18 Hari Liburan ke Eropa | Males Mandi

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s