Biar Liburan Makin Nyaman, Ini 5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Kereta Api

Selain pesawat, kereta api juga kini menjadi salah satu moda transportasi wisatawan untuk bepergian jarak jauh. Tengok saja bagaimana setiap tahunnya tiket kereta api banyak diburu wisatawan kala momen mudik tiba. Banyak wisatawan yang berburu tiket KAI ke berbagai destinasi di Indonesia, seperti tiket KAI ke Malang, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya.

Tak hanya itu, biaya tiketnya yang terjangkau juga membuat banyak orang lebih memilih kereta api sebagai alternatif moda transportasi mereka. Terlebih, saat ini sarana dan prasarana di kereta api jarak jauh pun sudah semakin bagus dan modern. Misalnya saja seperti tersedianya fasilitas AC di setiap kelas kereta, setiap gerbong yang terawat dan tampak bersih, hingga proses check-in yang semakin mudah.

Namun, meskipun banyak orang yang lebih memilih naik kereta api dibandingkan bus atau moda transportasi lainnya, tak jarang ada pula yang mengalami mabuk darat. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang jarang bepergian jauh atau mereka yang mudah merasa mual.

Oleh karena itu, biar liburan kamu tetap nyaman, tak ada salahnya mencoba tips berikut ini, agar tidak mabuk perjalanan saat naik kereta api. Apa saja?

1. Berpikiran Positif

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah berpikiran positif. Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang positif ketika sebelum naik kereta, seperti hal menyenangkan apa yang akan kamu lakukan setibanya di tempat tujuan.

Jangan berpikiran bahwa kamu akan mabuk perjalanan begitu naik kereta. Cobalah untuk yakin bahwa kamu akan baik-baik saja ketika berada di kereta api.

Berpikiran positif akan membantu mengalihkan perhatian kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini juga akan membuat kamu semakin nyaman sepanjang perjalanan saat berada di kereta api.

2. Makan Sebelum Pergi

Kadang kala, akibat terburu-buru atau terlalu excited, orang akan lupa untuk mengisi perut mereka saat mau bepergian. Akibatnya, perut menjadi kosong dan memungkinkan seseorang akan masuk angin begitu naik kereta api.

Sebab, di dalam kereta api biasanya akan terasa dingin, karena AC yang terus menyala sepanjang perjalanan. Hal ini juga bisa menyebabkan perut kamu kembung dan akhirnya membuat kamu mabuk perjalanan, karena dalam keadaan kosong.

Untuk itu, ada baiknya kamu makan dulu sebelum pergi, agar perutmu terisi dan tidak masuk angin sepanjang perjalanan. Namun ingat, makan secukupnya yaa, jangan berlebihan dan justru membuat kamu kekenyangan serta tidak nyaman.

3. Tenangkan Diri dengan Mendengarkan Musik

Langkah selanjutnya yang bisa kamu terapkan, agar tidak mabuk perjalanan ketika naik kereta api adalah menenangkan diri dengan mendengarkan musik. Buatlah diri kamu rileks, sehingga lebih nyaman ketika berada di dalam kereta.

Kamu bisa menyandarkan kursimu, dan mulai mendengarkan musik yang membuat hatimu tenang. Cobalah untuk memutar musik-musik kesukaan kamu, agar mood kamu lebih terjaga dan lupa bahwa dirimu bisa mabuk perjalanan.

4. Minimalisir Melihat Ponsel atau Membaca Buku

Saat naik kereta api, biasanya perut akan terasa mual jika kamu terus menunduk, yang membuat kepala juga terasa pusing. Hal ini pun berlaku ketika kamu naik transportasi lainnya seperti bus. Akibatnya, bisa saja kamu mabuk selama perjalanan dan membuat perutmu tidak nyaman.

Oleh karena itu, cobalah untuk meminimalisir kegiatan seperti melihat ponsel atau membaca buku selama perjalanan. Sebab, saat melakukan hal tersebut, kamu dipaksa untuk menunduk dan bisa saja membuat perut kamu terasa mual serta pusing.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan hal lain untuk mengusir bosan selama perjalanan. Cobalah cari kegiatan lainnya yang bisa mengalihkan kamu dari melihat ponsel secara terus menerus.

5. Tidur Selama Perjalanan

Terakhir, hal yang bisa kamu lakukan agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan tidur selama perjalanan. Tips ini sebenarnya tidak hanya bisa kamu terapkan saat naik kereta api saja, tetapi juga ketika memutuskan naik bus atau pesawat.

Dengan tidur, tubuhmu akan terasa rileks dan tidak akan merasakan mabuk perjalanan. Kamu juga bisa mengistirahatkan tubuhmu, agar tetap segar begitu sampai di tempat tujuan.

Jadi, itu lima tips yang bisa kamu terapkan agar tetap nyaman dan tidak mabuk selama perjalanan. Jangan sampai perasaan gembira selama perjalanan harus rusak, karena kamu mabuk perjalanan, ya!

8 thoughts on “Biar Liburan Makin Nyaman, Ini 5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Kereta Api

  1. Olive Bendon

    waktu kecil sampai sma, aku termasuk yang mudah mabuk perjalanan. baru nyium aroma kendaraan yang mau dinaiki, udah pusing dan mual. puji Tuhan, pas kuliah dan tiap hari naik turun angkutan umum, duduk miring/ngadap belakang; aman. pun sekarang terbiasa pelor, tak pakai lama dari duduk di dalam kendaraan zzz .. zz .. zz 🙂

    Like

    Reply
  2. atrasina adlina

    selalu siap sedia Freshcare atau minyak gosok yang peppermint. ini ngebantu banget supaya gak mabok perjalanan. hahah.
    Pernah satu kali saya lupa bawa freshcare, langsung muntah. aku lemah.. hahaha

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s