Park Guell dan Razia di Bus Kota

barcelona-park-guell-10

Dari beberapa kota yang saya kunjungi di Eropa, Barcelona memang yang paling melekat di hati. Bukan hanya karena suasana kota yang menyenangkan dengan banyaknya bangunan-bangunan cantik nan menawan. Tapi juga karena sepertinya gak ada orang jelek di Barcelona, mulai dari mbak penjaga loket metro, sopir bus, mas-mas Mekdi, petugas hostel, sampe tukang-tukang yang lagi benerin saluran air. Semuanya cantik dan ganteng gak ketulungan *mimisan*. Seandainya di Barcelona ada razia orang jelek, pasti kami berdua udah kena ciduk satpol PP Barcelona. Untungnya razia yang sempat kami alami sewaktu perjalanan di bus kota menuju Park Guell bukan razia orang jelek *brb tebelin bedak*.

PicsArt_1453878242711-1024x1468

Park Guell adalah salah satu hasil karya Antonio Gaudi yang menghiasi sudut kota Barcelona. Awalnya tempat ini adalah kawasan perumahan elit yang khusus didesain oleh Antonio Gaudi untuk seorang teman yaitu Eusebio Guell sang pemilik perumahan. Pembangunan kawasan seluas 15 hektar tersebut dimulai antara tahun 1900 – 1914. Sayangnya proyek pembangunan perumahan yang elit dan indah ini terbilang gagal, karena dari sekitar 40 rumah yang berencana dibangun, tak satupun yang laku terjual. Alhasil proyek pun terbengkalai dan hanya 2 rumah yang bisa terselesaikan. Coba kalo dulu pak Guell meng-hire Feni Rose, pasti perumahannya laku dan tiap senin harganya naik πŸ˜›

barcelona-park-guell-02

Akhirnya pada tahun 1922 pemerintah kota Barcelona membeli mahakarya Gaudi tersebut dan menjadikannya sebagai taman umum. Rumah tempat tinggal Gaudi yang ada di sana dijadikan sebagai museum yang memamerkan berbagai karya sang maestro. Pengambilalihan kawasan ini oleh pemerintah ternyata sukses besar. Setiap tahunnya kurang lebih 3 juta pengunjung membanjiri kawasan ini. Bahkan pada tahun 1984 UNESCO menobatkan Park Guell sebagai salah satu situs warisan dunia.

barcelona-park-guell-01

barcelona-park-guell-03

barcelona-park-guell-05

salah satu rumah yang ada di Park Guell

Selain bertamasya di taman, disini kita juga bisa melihat bangunan yang didesain oleh Antonio Gaudi. Rumah-rumah yang ada di Park Guell ini sangat megah seperti yang biasa kita lihat di film-film dongeng kerajaan. Tempat ini juga dilengkapi oleh beragam tanaman yang menjulang tinggi seperti pepohonan palem, pohon ek, dan pinus.

barcelona-park-guell-06

PicsArt_1453659451721-1024x1340

PicsArt_1453878085131-1024x1105

sala hipostila

Spot yang paling digemari pengunjung untuk berfoto adalah tangga di pintu masuk Park Guell yang dihiasi air mancur iguana dan terbuat dari mozaik pecahan ubin warna-warni yang cantik. Tangga yang indah itu menggiring para pengunjung menuju sebuah bangunan megah bernama Sala Hipostila yang ditopang oleh pilar sebanyak 88. Pilar-pilar tersebut terlihat alami seperti pohon yang tumbuh dari dalam tanah. Di Bagian atas Sala Hipostila kita bisa duduk-duduk di bangku berhiaskan mozaik ubin dan menikmati keindahan taman dari ketinggian. Biasanya di tangga masuk tersebut banyak pengunjung yang berkerumun untuk bergantian mengambil foto. Kalo berada di kerumunan seperti ini, jangan sampai lengah sama copet ya!

PicsArt_1453878142217-1024x673

Beruntung waktu kami main ke sini, belum ditarik bayaran atau tiket untuk masuk ke area taman. Pengunjung baru membayar tiket masuk jika ingin mengunjungi Museum Gaudi. Tapi saat ini pengunjung yang masuk ke area taman Park Guell harus rela mengeluarkan uang tiket sebesar 7 Euro untuk dewasa. Tarif lengkapnya bisa diliat di sini. Sedangkan untuk masuk ke museum Gaudi harga tiketnya sebesar 6,30 Euro.

barcelona-park-guell-11

Transportasi yang disarankan untuk mencapai tempat ini adalah naik bus No. H6, 32, 24 atau 92. Selama di Barcelona kami lebih suka naik bus kota, selain bisa melihat-lihat pemandangan, biasanya tempat yang dituju relatif lebih dekat dengan halte bus daripada metro station, dan gak pake nyasar kalo salah exit dari metro station. Untuk naik bus, metro dan transportasi lain di Barcelona, kita diwajibkan punya tiket. Tiket ini bermacam-macam, ada yang hanya bisa digunakan sekali perjalanan (single journey), ada juga kartu harian khusus wisatawan (Barcelona Card). Saya memilih membeli tiket berjenis T-10 yang bisa digunakan untuk 10 kali perjalanan dan bisa dipindahtangankan. Maksudnya saya dan mas bebeb cukup beli satu kartu aja. Selain praktis, kartu jenis ini juga menghemat banyak daripada harus terus-terusan beli tiket single journey.

T10-Barcelona-Metro-Ticket

kartu T-10 (sumber gambar)

Tapi ternyata orang-orang Barcelona ini banyak juga yang curang. Beberapa kali naik bus saya sempat menemui orang yang tidak menempelkan tiketnya ke mesin scan, bahkan beberapa malah tidak memiliki tiket. Pengawasan di bus memang tidak seketat di metro. Kalo di metro kita gak menempelkan tiket, jelas saja palang pintunya tidak bisa terbuka dan kita tidak bisa masuk/keluar. Kecurangan ini memang tidak bisa dihindari, namun sementara ini bisa diminimalkan dengan dilakukannya razia mendadak atau random check di bus kota.

Dalam perjalanan menuju Park Guell, bus yang kami naiki dimasuki petugas yang melakukan razia tiket. Petugasnya garang dan gagah, menggunakan seragam dan rompi serta membawa senjata juga mesin scan untuk memvalidasi tiket. Beberapa penumpang nampak tenang karena memiliki tiket, beberapa tampak pucat, dan beberapa lagi tampak pengen pup *itu saya sih* πŸ˜› Orang-orang yang tidak memiliki tiket langsung digiring keluar bus untuk dikenakan denda yang katanya cukup besar, sedangkan yang memiliki tiket boleh melanjutkan perjalanan dengan gembira. Kami langsung bernafas lega dan menyimpan kembali tiket ke dalam saku mantel.

Advertisements

100 thoughts on “Park Guell dan Razia di Bus Kota

  1. dani

    Temen kantor juga bilang hal yang sama Dit. Di sana gak ada orang jelek katanya. Hahaha. Keknya karena itu FR gak di hire (eh?!) Beda abad ya alasannya? Padahal tempatnya cantik banget ya sekarang Dit.

    Like

    Reply
  2. emine

    Feni Rose, ingat jaman itu suka nonton acara jual rumah hehe. sy pernah jd penumpang gelap subway di mΓΌnchen, cuma 2 stasiun sih krn melewati batas berlakunya kartu. tp deg2annya setengah mati, takut kena razia dan bayar 40€.

    Like

    Reply
  3. Nasirullah Sitam

    Setahuku tentang barcelona selain bola adalah kabar ingin berdirinya negara catalunya. Hemm menarik memang selama nonton bola; orang-orang sperti Xavi, Iniesta, Pique membentangkan bendra katalunya saat Spanyol juara dunia.

    Like

    Reply
  4. yeklin

    duh..tempat impianku… pengen bangettt ke Barcelona gara2 liat di reality show Korea yang lagi jalan2 ke Barcelona dan langsung pengen banget kesana.
    bangunannya cakep2 yaaaa…. πŸ˜€

    Like

    Reply
  5. ndu.t.yke

    Taaaante Eeeevelynnnnn… hahaha. Sukak deh ngeliat Tante Evelyn si orang Ag*ng P*d*m*ro yg biasanya nemenin Feni Rose di acara jual-jual properti itu. Anyway, aku dulu pas di Sydney jg bbrp kali kena razia kartu bus gitu. Ih aku malah seneng soale RANGERnya bule (nyebut petugasnya RANGER). Kasian kami warga suburb Kingsford, Sydney, miskin Bule, huahahaha. Pengen jg benernya ngajak popotoan si Ranger. kan lumayan buat bahan postingan.

    *tetteup*
    *ujung2nya ngeblog*

    Like

    Reply
  6. sikiky

    you should go to Prague. I’d like to know wheter you’ll change your mind :))
    whilst Barcelona will be on the top of travelling wishlist kalo ada rejeki ke Yurep lagiiiii!

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      sampe ada kesempatan jalan-jalan lagi, biar nulis yang baru πŸ˜€
      beneran nulis ini karena keabisan bahan huks

      aww makasih yaaaa, nanti ditraktir cilok dehhh :*

      Like

      Reply
  7. Gara

    Waduh, saya kayanya kena razia orang jelek juga nih Mbak, jadi khawatir *laaah*.
    Keren ya, dari perumahan elit saja bisa jadi World Heritage Site, tapi kayaknya di sini sudah tidak ada lagi orang yang tinggal ya, Mbak? Soalnya sudah jadi kawasan budaya dunia begitu, kan. Eh tapi lain cerita sih kalau ada Feni Ros :haha, Senin harga naik… lah iklannya hari Minggu…
    Keren petugas busnya! Tegas, jadi orang-orang akan berpikir beberapa kali buat melanggar aturan.

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      hahaha untungnya gak ada kooook, cuma sedih aja berasa gembel sendiri diantara hidung2 mancung dan mata biru πŸ˜€

      iya rumah yang ada di sana gak ada yang nempatin, wong gak laku :/
      tapi ternyata masih ada aja yang melanggar…mencoba mencari peruntungan

      Liked by 1 person

      Reply
      1. Gara

        Saking mahalnya ya jadi nggak laku. Idealis banget berarti proyek ini, bikin rumah tidak untuk dinikmati hehe. Saya yakin sih, makin lama pasti makin sedikit yang melanggar… kecuali sudah terlalu kaya terus rela bayar denda banyak banget itu hehe.

        Like

  8. joeyz14

    Fotomu keren2 banget sih dit. Kalau kena razia satpol pp Barcelona, kamu pasti pasrah..soalnya bang satpolnya pasti ganteng juga yak…wakakakak
    Semua bang Barcelona ini kota yg cantik ya. Huhuhu jadi mupeng

    Like

    Reply
  9. elitadame

    Gaudi kayak nama butik baju disini.. *eh salah fokus ya..*
    Aseliikkk.. keren banget ya tamannya. Kalau liat postingan bergambar bgini bikin berkhayal seolah2 ada disana juga.. enw, salam kenal ya… aku elita.. :))

    Like

    Reply
  10. adhyasahib

    masalah gak punya tiket di bus itu banyak banget di Roma, seringnya di razia mendadak, tapi kadang juga gak di razia2, hehe di metro emang harus punya sih krn klo gk di scan pintunya gak ke buka tapi biasanya yg bandel2 malah lompat lewat pintu keluar

    Like

    Reply
  11. adelinatampubolon

    Terpesona ama rumah rancangan nya Antonio Gaudi hanya sayang bangat nga laku. Untungnya FR sudah dihire ama perusahaan tempat aku kerja coba kalau nga nasibnya kita bakalan sama ama perumahan yang ada disana, hehehe..

    Like

    Reply
  12. ndop

    Sekarang masih djual gak ya? Aku mau beli nih. *tinggal metik di pohon duitnya kak Dita haha*

    Gila apik banget bangunane.

    Hmm.. aku menduga kenapa gak laku, mungkin karena angker? JRENG JRENG JRENG!

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s