Piknik ala Twilight di Hutan Pinus Gunung Pancar

blog.capepointroute.co.za

sumber gambar dari sini

Piknik di ruang terbuka adalah salah satu alternatif kegiatan yang dapat dilakukan oleh warga Ibukota sebagai sarana refreshing jiwa maupun raga yang sehari-hari sudah menghirup polusi dari asap kendaraan bermotor, berkutat pada kemacetan, dan bergantung pada penyejuk ruangan yang tidak baik bagi kesehatan kulit juga paru-paru. Jika piknik di taman-taman kota terasa sudah terlalu mainstream dan tidak lagi sejuk udaranya, mengapa tidak mencoba piknik di bawah naungan hutan pinus yang saat ini sedang naik daun sebagai tempat rekreasi dan lokasi pemotretan?

culturenesiacom

sumber gambar

Belakangan ini hutan pinus sedang naik level sebagai tempat rekreasi bergengsi muda-mudi metropolitan. Tak lain dan tak bukan penyebabnya adalah beredarnya foto-foto dokumentasi acara pernikahan seorang penyanyi kenamaan yang bertempat di salah satu hutan pinus di kawasan Lembang Jawa Barat. Tidak dapat dipungkiri, acara pernikahan tersebut memang luar biasa indah dan unik dengan dekorasi sederhana yang cantik yang juga mengingatkan kita akan pernikahan Isabella Swan dan Edward Cullen dalam salah satu scene film Twilight beberapa tahun lalu.

thebridedeptcom

sumber gambar dari sini

playingwithflowers.co.uk

sumber gambar dari sini

Tidak jauh dari Jakarta, Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang terletak di daerah Babakan Madang, di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dapat menjadi pilihan tempat piknik yang menyenangkan. Akses menuju lokasi pun cukup mudah, hanya sekitar 45 menit dari sirkuit sentul.

wisatapejalanblogspot

sumber gambar dari sini

Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar terdapat hutan alam dengan berbagai jenis pepohonan. Pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi di sekeliling sangat indah jika dijadikan venue piknik juga latar belakang foto yang menarik. Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Gunung Pancar juga sangat terjangkau. Untuk wisatawan domestik harga tiketnya sebesar Rp 2.000- sedangkan untuk wisatawan mancanegara harga tiketnya sebesar Rp 5.000,-. Kendaraan pribadi yang dibawa juga dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000,- untuk mobil, dan Rp 1.000,- untuk motor.

Lalu apa saja yang perlu disiapkan untuk ber-piknik ala Twilight di hutan pinus Taman Wisata Alam Gunung Pancar? Yuk kita siapkan bersama-sama πŸ™‚

cashwijzer.nl

sumber gambar dari sini

P4 (Peralatan Pertama Pertama Penunjang Piknik) πŸ˜€
Terdiri dari tikar yang nyaman dan tahan air, supaya gampang dibersihkan jika ada yang tumpah, keranjang piknik sebagai pelengkap properti foto session, peralatan makan sederhana seperti sendok, garpu, dan pisau yang berbahan dasar plastik atau melamin agar ringan dan tidak berbahaya. Bawa juga Hand sanitizer, tissue basah dan kering, juga kantung plastik untuk menyimpan sampah. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan hutan. Jika tidak menemukan tempat sampah, bawa kembali sampah-sampah untuk dibuang saat sudah menemukan tempat sampah. Jadilah pelancong yang bertanggung jawab.

Makanan yang Praktis dan Bergizi
Hindari makanan-makanan yang mudah tumpah dan merepotkan seperti soto, sup atau makanan berkuah lainnya. Selain berpotensi tumpah, makanan ini juga butuh usaha ekstra saat menyiapkannya. Jika pasangan atau teman anda memaksa untuk membawa makanan berkuah, katakan saja “ADEK LELAH, BANG!”.

Sekali lagi “ADEK LELAH, BANG!

Ulangi lagi “ADEK LELAH, BANG!
*kemudian ketimpa pohon pinus*

Makanan yang disarankan untuk dibawa piknik adalah roti isi dengan beberapa variasi isian agar tidak bosan. Bisa olesan aneka macam selai yang manis, atau sayuran, keju dan daging seperti layaknya sandwich. Daging juga bisa diganti dengan tuna atau telur dadar sesuai selera.

sunset

sumber gambar dari sini

Selain sandwich, untuk kudapan ringan disarankan membawa kreasi daging olahan seperti chicken nugget atau fish nugget. Tidak disarankan untuk membawa chicken wings atau ayam goreng, repot buang-buang tulangnya sist! Agar lebih sehat sebaiknya pilih daging olahan yang tidak berpengawet, atau yang paling bagus adalah daging olahan buatan sendiri. Dengan catatan anda memang sudah piawai memasak. Tolong jangan racuni pasangan atau teman-teman anda dengan makanan eksperimen yang belum teruji keamanannya *disambit wajan*.

cookingclassy

sumber gambar dari sini

Bagi penggemar makanan manis, membawa bekal pancake dengan satu botol madu atau mapple sauce juga merupakan salah satu alternatif makanan praktis yang dapat disiapkan.

uvmbored

sumber gambar dari sini

Meskipun sedang piknik, jangan lupakan kandungan gizi dari setiap makanan yang dibawa. Supaya tetap seimbang sediakan menu sayuran segar seperti salad dengan dressing yang praktis, atau bisa juga mencontek menu sate buah-buahan segar yang sudah dipotong-potong sebelumnya, seperti yang ada di foto. Meskipun anda penggemar durian, buah ini tidak disarankan untuk dibawa. Ya kali harus belah duren di tengah hutan?

cornerbakerycafe

sumber gambar dari sini

fullcircle

sumber gambar dari sini

Dress Cantik untuk Sesi Pemotretan
Oke mungkin ini agak kurang penting πŸ˜› Tapi kan sayang kalo menyia-nyiakan pemandangan indah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ini?! Jadi mumpung di sini, boleh lah bikin sesi pemotretan ala Edward dan Bella seperti yang ada di foto ini. Tapi ingat bro sist, bedaknya jangan ketebelan, nanti dikira vampir sebangsa Edward Cullen, hiyy!

tvtropes.org

sumber gambar

Oke sekarang semuanya udah beres kan? berangkat yuk! πŸ™‚

128 thoughts on “Piknik ala Twilight di Hutan Pinus Gunung Pancar

  1. bukanrastaman

    aku whatsapp ya kak, mau berangkat kapan #looh

    suka banget deh cara penulisannya.. yang Γ€dek lelah bang” lalu ditimpa pohon pinus.

    dapat ide darimana kak? ajarin dong

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      Mas?! 😦 *brb cukur kumis*

      Antara bogor sama sentul gitu deh kak, mungkin bisa dicoba cari di google maps ya. Saya gak tau persisnya πŸ˜€

      Like

      Reply
  2. Gara

    Wua keren banget ini! Kepingin ke sana, kemarin ada teman yang bilang mau ke hutan pinus ini cuma dia tidak jadi, padahal saya kepingin tahu soal transportasinya. Cuma kalau tidak ada angkutan umum agak susah, sih… tapi motor kan boleh masuk, ya? Ke sana yuk Mbak! :hehe.

    Liked by 1 person

    Reply
    1. Dita Post author

      iya aku juga belom ke sana karena gak ada kendaraan umumnya. Motor ya boleh laaahh, asiiikk asiiikk ada tebengan temen yuukk berangkat, kapan? πŸ˜€

      Like

      Reply
      1. Gara

        Baiklah, mungkin di lain hari bisa jalan-jalan bareng kitanya :hehe. Salam buat semua keluarga ya Mbak :)).

        Like

      1. Sandra

        Aku pun deket Bekasi hahaha di pondok kelapa itu kan paling juga ngesot doang ke Bekasi mah.. tapi emang dasarnya pemalas, jadi ada ajaa alesannya XD

        Like

  3. Febriyan Lukito

    Mbak, aku lelah. Gendong boleh gak sampai sana. Hahahaha.
    Trs kalau aku ikutan piknik gak mau pizza ya. Kita pizza mie aja gmn?

    Citeureup. Deketlah. Naik mobil sekali dari sini.

    Like

    Reply
  4. fasyaulia

    Ku aku aku aku aku pernah piknik begitu di batu kuda – kaki gunung manglayang. Sebelum pergi dirumah masak dulu, jadi kesana tinggal makan dan leyeh leyeh dilanjut foto foto ehehehek

    Like

    Reply
  5. febridwicahya

    Yuk berangkat yuk Mbak, Berangkaat πŸ˜€

    Kalau bayangin sih, piknik di hutan itu kayaknya nyenengin ya. Asri aja gitu udaranya :3 baru dibayangin loh ini mbak, belum dilakuin πŸ˜€

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      Ho-oh setelah berhari2 berkutat dengan polusi pasti seger bgt piknik di hutan.

      Eh di Jogja kan juga ada hutan pinus mangunan ya Feb?

      Like

      Reply
      1. febridwicahya

        Yoyoy mbak, pasti udaranya beda banget mbak. Seger-seger gimana gitu πŸ˜€ tapi kenapa kebanyakan pemerintah lebih memilih pembangunan ya daripada penanaman hutan :p wkwkw *penanaman hutan itu yang kayak gimana juga* padahal mereka kan tau, pembangunan bikin polusi, hutan bikin asri. tapi pasi ada maksud tersendiri deh πŸ˜€

        Naaah, iya mbak Dit, ada hutan pinus mangunan kok di Jogja, daerah bantul πŸ˜€ sini main? atau mungkin, mbak Dita pernah kesini? traveleeer sejatii :3

        Like

      2. Dita Post author

        ahhh no komen deh kalo ngomongin pemerintah, adek lelah bang! #lhaaa x)))

        hahaha iya aku pernah liat foto-fotonya ajaaaa, pengen ke sana juga dehh πŸ˜€

        Like

  6. Ari Azhari

    Haduh, kok ya menggoda banget scene pikniknya. Tapi kayaknya bakalan rame banget sejak nikahan Andien kemarin ya, kak. Kalo di Medan yg ngetop itu padang rumput Hotel Bukit Kubu. Tapi jangan salah loh, kak… kita piknik bawa bekalnya adalah : ROTI JALA + KARI KAMBING.

    Like

    Reply
      1. capung2

        Babakan madang Gn Pancar ddlmnya itu ada trek untuk sepeda lho mb.. cma treknya kyk downhill gtu, sya sendiri blm berani utk downhill, ngeri nyungsep.. πŸ˜€

        Like

  7. strikas

    dpt info HTM dr mana harga’a segitu?

    tempo hari ke sana 1 motor 2 orang di suruh bayar 30ribuan (lupa tepat’a brp). yang nyesek’a itu ga di kasih karcis. bela2in deh rela di palak karena pgn bwt pacar seneng aja.

    ke sana bulan oktober 2014 klo ga salah hari minggu.

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      tarif normal dan resminya segitu kak, sayang memang banyak oknum-oknum yang bikin pungutan liar buat masuk kantong sendiri. yahh beginilah realita pariwisata di Indonesia memang 😦

      Like

      Reply
  8. Noar

    aku mau nanya dong, kalo medan jalan ke gunung pancar tuh bisa ga dilalui menggunakan mobil ayla/agya matic?? mohon pencerahannya. terima kasiiiih

    Like

    Reply
  9. nengsyera

    ceritanya lagi buka email yang notif ucapan dari dita, terus ada mention melimpir dimarih.
    saking kemarin jarang buka WP jadi baru ngeh postingannya dita.
    eniwei, udah pernah ajak akang kesana tapi belum ksana hihihi. jadi baru nawaitu doang.
    next time nti mau kesana ah kalo udah nikah πŸ™‚
    biar afdol mojokannya. wakakakakakkk

    Like

    Reply
  10. muliaulva

    Ini artikel 2015 trus aku baru baca,,
    Ni kira2 smpe sekarang mba dita nya udh kesana belum.. trus ada update terakhir ga masalah HTM nya..
    Aq pgn prewed dsna.. kira2 ada bayar ga yah khusus prewed dsna??

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s