Bersepeda Keliling Verona

PicsArt_1365759011448

Sebenernya saya gak terlalu lancar mengendarai sepeda. Kadang masih suka oleng dan mau jatoh gitu, apalagi kalo sepedanya tinggi. Kayaknya sih saya emang agak bermasalah sama keseimbangan (termasuk keseimbangan hidup), jangankan naik sepeda wong jalan kaki aja kadang masih suka kesandung dan nabrak-nabrak apalagi kalo ada cowok cakep. Tapi demi menghemat ongkos transportasi dan kebetulan dipinjemin sepeda sama owner B&B di Verona, akhirnya ada hari dimana saya nekat bersepeda keliling kota Verona bareng mas Bebeb.

PicsArt_1368167508511

Alhamdulillah pagi itu cuaca Verona lagi cerah banget dengan langit biru dan suhu sekitar 10 derajat celcius, bener-bener cuaca yang pas untuk angon bebek bersepeda. Naik sepedanya iring-iringan sama mas Bebeb, soalnya dia sambil baca peta dan saya pasrah mbuntuti dari belakang. Kami menuju Piazza Erbe yang merupakan square/alun-alun besar tempat orang-orang Verona berkumpul dan bersantai karena banyak bar dan resto. Kami parkir sepeda disana terus jalan-jalan di sekitar Piazza Erbe. Disini juga banyak yang jual souvenir, saya sempet beli beberapa tempelan kulkas dan gantungan kunci.

PicsArt_1365758912913

Kami menuju ke sebuah bangunan tua paling ngetop di Verona. Mungkin sebagian besar turis yang ke Verona tujuannya kesini. Yap, Juliet House (Casa di Giulietta) atau rumahnya si Juliet yang merupakan tokoh fiksi kisah Romeo – Juliet ciptaan William Shakespeare. Tapi pas udah sampe di depannya ternyata bangunan ini ditutup, entah apa karena masih pagi atau lagi ada maintenis, aku ora ngerti tulisan iki artine opo rek πŸ˜€ Agak kecewa sih mengingat bangunan ini merupakan salah satu ikon kota Verona tapi yaudahlah akurapopo, toh saya juga bukan penggemar kisah cinta fiksi yang endingnya semua matik ini. Oiya ada mitos lucu yang beredar disini, jadi di dalam kompleks Juliet House ini ada sebuah patung Juliet. Barang siapa yang ngelus-elus teteknya si patung juliet, kisah cintanya bakalan abadi dan hidupnya bahagia. Kamu percaya?

PicsArt_1365760025439

Karena batal maen ke rumah dan elus-elus tetek Juliet, kami jalan menuju sebuah bangunan megah bernama Palazzo Della Ragione. Kalo gak salah sih ini istana yang dulunya merupakan pusat kekuatan politik Verona. Yang paling iconic disini adalah tangganya yang unik dan gothic yang lebih dikenal dengan Scala della Ragione atau Reason Stairs.

PicsArt_1365759197138

Dari bekas bangunan istana kami berjalan menuju sebuah bangunan yang lebih gothic yaitu Arche Scaligere (Scaliger Tombs) yang merupakan monumen dan kompleks pemakaman di depan gereja Santa Maria Antica.

PicsArt_1365759106822

PicsArt_1365758509439

Kemudian kami melanjutkan menggenjot sepeda ke arah tepian sungai Adige dimana disana terdapat jembatan batu yang indah bernama Ponte Pietra. Untuk menuju kesini memang dibutuhkan perjuangan ekstra, karena jalannya nanjak cyin *lutut mulai bergetar*. Tapi saya betah banget berlama-lama disini, karena pemandangan sekitarnya cantik dan suasanya nyaman banget. Di depan Ponte Pietra juga terdapat bangunan klasik yang tak kalah unik yaitu Teatro Romano yang merupakan tempat pertunjukan teater Romawi kuno yang dibangun pada akhir abad pertama sebelum masehi. Untuk memasuki teater dan museum, pengunjung dikenakan tiket seharga 4 EUR. Saya beneran nyesel deh gak nyempetin masuk kesini, karena dalemnya bagus banget dan dari dalem bisa ngeliat pemandangan kota Verona dari ketinggian. Kebayang kalo sore-sore pas lagi sunset kesini pasti bagus banget πŸ˜₯

PicsArt_1365759739185

teatro-romano-verona-gallery

foto pinjem dari sini

Karena waktu udah menunjukkan bahwa kami harus melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya, akhirnya kami menutup perjalanan keliling Verona di Piazza Bra yang merupakan alun-alun terbesar di kota Verona. Disini terdapat banyak restoran dan cafe terkenal, namun yang paling populer adalah Arena di Verona (Verona Arena)Β  yang dibangun pada abad pertama sebelum masehi dan sampai saat ini masih sering digunakan untuk menggelar pertunjukan. Bentuknya mirip seperti Coloseum namun lebih mini.

PicsArt_1365758400667

PicsArt_1365760223261

Akhirnya setelah seharian keliling kota Verona nan romantis, kami pun menutup hari dengan kegiatan yang tidak kalah romantis yaitu ..

gantian pijet-pijetan kaki yang udah somplak setelah seharian dipake nge-gowes πŸ˜€

Advertisements

85 thoughts on “Bersepeda Keliling Verona

  1. Clarissa Mey

    Ahahaha seru kayanya yah sepedaan kl pemandangannya cakep2 gitu πŸ˜€
    Aku penasaran tuh sm rumahnya juliet, abis ntn film letters to juliet smlm, amanda seyfriednya cakeep deh di verona πŸ˜† jd ga nyambung hahaha

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      iyaaaa aku pun benernya penasaran, tapi gimana lagi pas dateng lha kok tutup. Mungkin pertanda harus kesana lagi ya Mey…yuuukk! *ngajaknya kayak ngajak ke Senayan City yeee* πŸ˜€

      Like

      Reply
  2. Maya

    Kalo jarang naik sepeda, pasti malemnya langsung jarem dah kakinya, pegel maksimal πŸ˜†
    Eropa bangunan tua nya emang keren keren ya. Btw Juliet itu sama kayak legenda Roro Jongrang disini ya, cuma kalo ngelus teteknya ketinggian, akhirnya kan pada ngelus kakinya aja sampe bening gitu kaki arcanya πŸ˜†

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      Iyahh may, gak pernah naik sepeda langsung gegayaan keliling pake sepeda ya begini akibatnya.

      Hahaha ada mitos kayak gitu juga yaaa, itu patung juliet rasanya juga udah bening deh di bagian tertentu πŸ˜€

      Like

      Reply
  3. zilko

    Huaaa, dulu nggak mampir di Verona padahal lewat sewaktu naik kereta dari Venezia ke Milan, hehehe πŸ˜€ . Tema utama Verona yg paling unik sepertinya memang Romeo & Juliet itu ya πŸ˜€ .

    Btw, jalannya banyak tanjakannya nggak? Kalau banyak tanjakannya capek banget pasti itu sepedaan seharian disana, hahaha πŸ˜› .

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      Ahh kamu kan deket ko kalo mau ke verona, bisalahh kapan2 πŸ˜€

      Lumayan banyak tanjakan dan jalanannya konblok jadi berasa banget yeeehh di pantat πŸ˜›

      Like

      Reply
  4. JNYnita

    Aku jg suka nabrak2 kalo jalan.. Sampe2 pas baru bawa mobil, aku diledekin jalan aja nabrak, apalagi bawa mobil.. Huhuhu.. Seru ya sepedaan di sana.. Pengen lagi, tapi jalanan di Cikarang nyeremin 😦

    Like

    Reply
    1. rintadita Post author

      iya nih mas ini ngedit fotonya terlalu lebhaaay, tapi mau nyari foto yang orihinalnya udah males juga sihh. Maklum perginya udah dari kapan tau, nulisnya baru sempet sekarang hehehe πŸ˜›

      Like

      Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s