5 Kegiatan Seru di Karangasem Bali

pura-lempuyang

Bali is always a good idea

Saya, seperti halnya netizen di Indonesia sepertinya gak pernah bosan pergi ke Bali. Meskipun seringnya ke Bali sih cuma numpang meeting seharian di hotel doang, trus ngapain ya jauh-jauh ke Bali cuma meeting doank?! *iya ini curhat* ๐Ÿ˜› Makanya yang namanya kerja sambil liburan itu sungguh gak pernah ada di kamus saya gaes. Yang ada kerja rodi dulu sampai begadang-begadang tiap malem, baru deh bisa liburan. Itulah kenapa ketika ada yang ngajakin liburan ke Bali saya jelas-jelas gak nolak, apalagi rencananya mau mengunjungi daerah Karangasem yang selama ini masih jadi bucket list semata. Berikut 5 (lima) kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Karangasem, Bali.

Piknik di Taman Soekasada Ujung

taman-soekasada-ujung

jembatan dan istana gantung

Taman Soekasada Ujung ini tadinya bernama kolam Dirah yang artinya kolam tempat pembuangan bagi orang yang menguasai ilmu hitam. Wew kok Serem yha, untung yang saya kuasai adalah ilmu padi jadi aman lah ya #karepmu. Taman ini dibangun oleh Raja Karangasem, bernama I Gusti Bagus Jelantik pada tahun 1901.

taman-ujung-karangasem

Pada tahun 1909, raja Karangasem memerintahkan seorang arsitek berkebangsaan Belanda, bernama Van Den Hentz dan arsitek dari Tiongkok, bernama Loto Ang, untuk mengembangkan kolam tersebut menjadi tempat peristirahatan bagi Raja Karangasem. Selain menjadi tempat peristirahatan raja, dibangun juga tempat untuk raja Karangasem bersemedi dan tempat untuk menjamu tamu-tamu kerajaan Karangasem. Pembangunan tersebut selesai pada tahun 1921.

tangga-taman-ujung

Di taman Soekasada Ujung terdapat 3 kolam besar, 1 kolam berada di bagian selatan dan 2 kolam berada di bagian utara. Di tengah kolam bagian selatan, terdapat sebuah bangunan Bale Bengong di tengah kolam. Kolam yang berada di utara lebih luas daripada kolam yang di selatan. Tapi tentunya lebih luas lagi hatikuwh.

Di tengah-tengah kolam bagian utara, terdapat jembatan yang dapat digunakan untuk melintasi kolam. Ditengah kolam yang dihubungkan oleh jembatan, terdapat bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan raja Karangasem. Karena bangunan ini terlihat menggantung, maka sering disebut dengan istana gantung. KALO PERASAAN YANG DIGANTUNG DISEBUT APA YA PAK USTADZ? DARI TANTRI DI PECENONGAN.

#abaikan

taman-ujung-dari-ketinggian

KEBAYANG GAK SIH PANASNYA?

Untuk menikmati keindahan Taman Soekasada Ujung, tiket masukmyaย  Rp 10.000,-/orang. Ketika kami berkunjung ke sini, sedang ada acara lomba kesenian antar sekolah gitu. Ada yang menari, melukis, main gamelan, paduan suara, dan lain-lain. Cuaca cukup panas dan kondisinya penuh banget pengunjung jadi kurang nyaman. Kayaknya emang mendingan kalo ke sini pas weekdays dan pagi aja ya biar puas piknik-piknik cantik di bawah pohon dan foto-foto kece karena wajah belum lepek kena keringat.

Baca juga : Rekomendasi Produk Skincare dan Make Up Agar Tetap Kece saat Traveling

Berenang di Kolam Tirta Gangga

spot-foto-tirta-gangga

spot foto wajib para selebgram

Tirta Gangga adalah salah satu tempat wisata yang lagi ngehits di media sosial. Bisa dibilang Tirta Gangga adalah spot foto wajib para influencer dan selebgram. Tirta Gangga terletak di desa Abang, sekitar 83 km dari kota Denpasar atau 6 km dari kota Amlapura, ibukota Kabupaten Karangasem.

ikan-pemandian-tirta-gangga

Tirta Gangga dibangun pada tahun 1948 atas prakarsa Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Kawasan wisata Tirta Gangga dulunya adalah taman air milik kerajaan Karangasem dengan gaya arsitektur gabungan dari arsitektur Bali dan Tiongkok.

Lokasi taman air Tirta Gangga Karangasem berada di tengah-tengah area persawahan. Air yang ada di taman ini berasal dari mata air Rejasa. Sepertiga dari pasokan mata air Rejasa di kirim ke rumah penduduk di Kota Amlapura dan dua pertiganya digunakan untuk mengisi kolam ini, kemudian keluaran dari air kolam langsung digunakan untuk irigasi pertanian. Taman air Tirta Gangga sampai saat ini masih milik kerajaan Karangasem.

tirta-gangga-karangasem

Untuk menikmati wisata Tirta Gangga, tiket masuknya sebesar Rp 30.000 per orang. Jika ingin berenang di kawasan taman air Tirta Gangga, ada biaya tambahan yang berbeda-beda untuk masing-masing kolam. Yang bikin tertarik berenang di sini adalah klaim bahwa air di kolam Tirta Gangga ini sungguh segar dan menyejukkan. Namun apakah bisa menyejukkan hati yang panas setelah lihat postingan Syahreino di Instragram? Saya tidak tahu.

Agak mahal memang sih kalo dipikir-pikir, tapi begitulah kalo tempat wisata sudah terkenal di media sosial ๐Ÿ˜€ Dan risiko datang saat weekend, tentunya tempatnya rame banget sehingga susah buat foto-foto. Pokoknya kalo mau nyaman emang kemana-mana enakan pas weekdays dan pagi dan bersama pasangan yang halal.

Foto Kekinian di Pura Lempuyang Luhur

heaven's-gate-pura-lempuyang

heaven’s gate

Pura Lempuyang Luhur juga merupakan salah satu obyek wisata kekinian di Karangasem. Tak hanya indah, Pura Lempuyang Luhur merupakan salah satu pura tertua di Bali. Untuk sampai di pura yang paling instagramable, yakni pura utama dan terletak paling tinggi, pengunjung harus rela mendaki dan menaiki anak tangga yang jumlahnya cukup banyak. Siapkan stamina, sepatu yang nyaman dan tekad yang kuat, konon kabarnya dilarang sambat kalo di sini. Jadi bagi yang punya passion sambat (kayak saya) alangkah baiknya ditahan dulu.

behind-the-scene-pura-lempuyang

behind the scene pemotretan

Sampai di atas, pengunjung juga masih harus rela antri lagi demi mendapatkan foto instagramable yang maksimal di spot Heaven’s gate. Memang sih, dari atas sini panoramanya menakjubkan, erupsi Gunung Agung turut menaikkan pamor obyek wisata ini. Tapi tenang aja, tempat ini cukup aman karena berada di jarak 19 km dari titik erupsi. Pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan magis saat asap puncak gunung mengepul dari Pura Lempuyang Luhur.

foto-di-pura-lempuyang

bukan mbak-mbak yang jual akuwa, mijon, dll

Tips: karena semua pengunjung diwajibkan memakai kain saat berkunjung ke sini, sebaiknya bawa kain sendiri biar gak perlu sewa.

Camping Manja di Bukit Asah

bukit-asah-camping

photo credit: baliandbeyond.co.id

Menurut saya yang paling seru dari jalan-jalan ke Karangasem kemarin ini adalah camping di Bukit Asah. Jangan khawatir, camping di sini kita gak perluย  bawa perlengkapan apa-apa karena perlengkapan camping dan semua fasilitasnya sudah disediakan. Bawa duit sih pasti ya! Bukit Asah ini letaknya di tebing atas laut. Dari Bukit Asah kita bisa melihat birunya air laut, tebing karang yang menjulang tinggi, dan Virgin Beach yang memiliki hamparan pasir berwarna putih. Pokoknya pemandangannya gak perlu diragukan lagi deh keindahannya, bikin lupa kalo kemarin abis diomelin bos (meskipun setelah pulang ya inget lagi :P). Soal makan, mandi dan buang hajat jangan khawatir, disini disediakan toilet yang memadai juga warung makan 24 jam.

pulau-paus

pulau Paus

camping-bukit-asah-bugbug

photo credit virustraveling.com

piknik-bukit-asah

photo credit virustraveling.com

Saat ini tersedia 18 tenda ukuran besar dan 20 tenda ukuran sedang. Harga sewa tenda ukuran besar per malam adalah Rp 300.000. Tenda ukuran besar terbagi menjadi dua ruang, yang masing-masing dilengkapi kasur busa empyuk berkapasitas dua orang. Sedangkan harga sewa tenda ukuran sedang adalah Rp 150.000 per malam, dapat memuat maksimal empat orang. Gak pake kasur kalo ini sih. Di depan tenda terdapat kursi, lampu taman dan yang paling penting colokan listrik, karena kebutuhan pokok manusia saat ini adalah sandang, pangan, colokan.

Tertarik mau booking tendaย  di sini? silakan cek langsung ke website-nya di sini

Main Air di Air Terjun Tukad Cepung

photo c IG @chriscottington

Seperti yang kita semua tahu, Bali gak hanya punya obyejk wisata berupa pantai, tapi juga air terjun yang gak kalah indah. Salah satu air terjun yang kini menjadi destinasi favorit terbaru di Pulau Dewata adalah air terjun Tukad Cepung. Meskipun lokasinya agak tersembunyi dan aksesnya sulit dicapai, tapi masih banyak pengunjung yang tetap ingin berkunjung ke sini karena keindahannya dan keasrian alaminya. Sekali lagi, tempat ini adalah lokasi yang pas untuk sejenak melupakan keriuhan suasana kota besar dan omelan-omelan bos.

wisata-bali

photo credit heldatravel.com

Air Terjun Tukad Cepung Bali lokasinya dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang menambah tantangan tersendiri. Pengunjung harus lincah menyelinap diantara tebing-tebing yang menyerupai sebuah goa sebelum mencapai Air Terjun. Awas kejedug di sini yah gaes, sebaiknya jangan jalan sambil IGstory-an atau SMS-an.

Dari 5 kegiatan seru di atas mana yang kalian udah pernah? share pengalamannya dong!

Advertisements

24 thoughts on “5 Kegiatan Seru di Karangasem Bali

  1. gadisrakus

    Wah ke Tirta Gangga tu bucket list banget. Gw pernah sekali ke Karangasem ke Amed dan Tulamben circa 2010, dulu masih sepi, kalo malem ga ada lampu jalan jadi cuma cahaya motor aja ama kunang2 (dulu masih ada ga tau sekarang), jadi syahdu banget. Ga ngapa2in sih disana iseng aja ama temen yg kebetulan sama gilanya, nginep semalem cuma muter2 motoran

    Like

    Reply
  2. Avant Garde

    sebagai warga negara berflower, aku baru sekali ke bali kak, itupun tugas kantor ๐Ÿ™‚
    baru sebatas kota, sanur sama kuta aja sih ๐Ÿ™‚ tukad cepung bagus ya, tp aku pengennya ke tukad unda biar kayak selebgram

    Like

    Reply
  3. shintadaniel

    Tirta Gangga sm Taman Soekasada aku suka keduanya.. sayangnya waktu ke Soekasada gak naik sampai ke atas… Pura Lempuyangan msh jadi bucket lost buat foto di Heaven’s gatenya… dan siapin kaki juga buat naik tangga…

    Like

    Reply
  4. Bang Harlen

    Ohh jadi kolam tirta itu toh yang sering wara wiri di instagram.. ๐Ÿ˜‚

    Sepertinya bakalan seru camping di karang adem ini.. doain ya mbak semoga ada rezeki kesana.. amin hhhaha

    Like

    Reply
  5. Lorraine

    Aku pernah ke Tirta Gangga dan Pura Lempuyang tahun 2011 waktu bawa keluarga besar dari sini liburan ke Indonesia. Seingatku dulu masuk Tirta Gangga hanya 10 ribu per orang (WNA) dan ngga ada yang berenang di kolamnya. Sekarang bisa ya Dit? Kayanya dingin kan ya airnya ๐Ÿ™‚ Tempat lainnya di pos ini aku belum, sekarang aku masukkin tab reader, siapa tahu kalo ke Bali lagi bisa mampir ke situ.

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s