Liburan dengan Travel Agent? Yay or Nay?

memakai-baju-hanbok

Jalan-jalan ke Korea apalagi ikutan trip-nya Travel Agent, jujur gak pernah ada dalam rencana, paling gak dalam waktu dekat ini. Selain gak pernah tertarik sama oppa-oppa, K-pop, K-food dan K-drama, saya juga lebih suka backpacking kalo jalan-jalan ke luar negeri. Seni bikin itinerary, browsing-browsing, dan kesasar itu jadi salah satu bagian jalan-jalan yang berkesan kalo lagi backpacking. Tapi berhubung tahun ini memang sudah niat ngajakin mama jalan-jalan, akhirnya saya mau gak mau harus mengalahkan prinsip dan ego. Karena rasanya gak memungkinkan ngajakin mama yang usianya udah 60 tahun untuk backpacking-an. Meskipun kalo diliat dari penampilan fisiknya mama masih awet muda, enerjik dan sehat, tapi saya gak setega itu dan gak seberani itu ambil resiko kalo ada apa-apa pas perjalanan nanti. Apalagi belakangan ini porsi kerjaan lagi agak menggila, saya gak punya banyak waktu buat bikin itinerary dan nyiapin semua keperluan secara matang.

pohon-nami-island

Sebenernya sih mama pengennya jalan-jalan ke Dubai atau Hong Kong. Tapi tour ke Dubai itu harganya agak mahal dan masih jarang travel agent yang bikin trip ke sana, sedangkan Hong Kong saya udah pernah dan jujur aja gak pengen balik lagi *anak egois* πŸ˜€ Eh kok ya kebetulan tiba-tiba ada temen yang punya travel agent ngajakin jalan-jalan ke Korea Selatan di bulan Maret. Coba nawarin ke mama ternyata mau, yaudah deh akhirnya daftar.

nami-island-immigration

imigrasi ala-ala menuju Nami Island

nami-island-visa

sebelum masuk Nami island, urus visa ala-ala dulu

Meskipun udah ikutan travel agent tapi saya tetep urus visa sendiri. Selain karena kalau diurusin itu harganya mahal, rasanya lebih lega aja kalo ngurus sendiri dan dateng sendiri ke kedutaan. Udah gitu berdasarkan pengalaman temen-temen yang lain, visanya jadi lebih cepet kalo ngurus sendiri daripada diurusin travel agent. Trus berhubung baru pertama kali ikutan trip bareng travel agent, jadi ngerasa aneh banget soalnya gak pegang tiket dan reservasi hotel, ini beneran mo berangkat gak sih? Satu-satunya pegangan cuma email confirmation letter yang isinya itinerary, jadwal flight, alamat hotel dan no. telp guide.

Akhirnya pas hari keberangkatan semua peserta trip dari travel agent yang totalnya 14 orang berkumpul di bandara. Dan sayapun harus garuk-garuk kepala karena ternyata pesertanya rata-rata seumuran mama semua. Oke baiklah, saya gak akan ber-ekspektasi terlalu tinggi sama trip ini, toh tujuan trip kali ini kan untuk nyenengin mama aja.

ferry-ke-nami-island

kapal ferry menuju Nami island

serenity-nami-island

IYA AKU KUAT KOK LIAT BEGINIAN!

Tempat-tempat yang dikunjungi selama trip adalah tempat wisata yang umum dikunjungi di Korea Selatan seperti Nami Island, Mount Seorak, Istana Gyeongbok, Namsan Tower, belanja oleh-oleh di Dongdaemun, belanja di Duty Free, dan belanja plus kulineran di Myeongdong. Ada juga agenda bikin kimchi dan mencoba hanbok (pakaian tradisional Korea) tapi ujung-ujungnya belanja juga πŸ˜€ Selain agenda ke tempat-tempat wisata ini, kalo ikutan tripnya travel agent biasanya kita akan dibawa ke tempat singgah wajib yaitu toko ginseng, toko obat, dan toko kosmetik. Ya memang sih gak harus beli, cuma ya kadang males aja soalnya buang-buang waktu. Eh tapi ibu-ibu peserta yang lain pada beli sih.

gunung-seorak

mount Seorak

mount-seorak

akhirnya bisa liburan sama mama

membuat-kimchi

belajar bikin kimchi

jadi-tukang-foto

mama dan ibu-ibu peserta trip

Enaknya ikutan trip bareng travel agent itu udah jelas, kita tinggal duduk manis di dalem bis gak perlu mikir itinerary, gak perlu mikir rute mau kemana-mananya. Tinggal naik turun manjyah ke tempat-tempat yang sudah ditentukan. Udah gitu banyak insight-insight tentang kebudayaan dan kehidupan di Korea yang diceritakan oleh tour guide lokal, yang belum tentu bisa kita ketahui kalo pergi sendiri. Alhamdulillah ya dapet tour guide yang masih muda, gaul, dan super baik. Udah gitu lucu orangnya dan demen sama lagu dangdut. Yah namanya ibu-ibu, dikasih tour guide yang masih brondong pastinya pada girang lah πŸ˜€ Ada cuplikan di video waktu dia lagi nyanyi lagunya Ayu Ting-ting yang Sambalado, tonton yaaa!

seoul-tower

Seoul Tower atau Namsan Tower

gembok-cinta

gembok cinta di Namsan Tower

spot-foto-seoul-tower

spot foto wajib di Namsan Tower

Gak enaknya trip bareng Travel Agent selain mau gak mau kudu merelakan waktu untuk mampir ke tempat-tempat wajib tadi, juga kita jadi kurang explore tempat-tempat yang lainnya karena hanya terpaku pada itinerary, trus karena pesertanya cukup banyak kadang kalo mau pergi harus rempong tunggu-tungguan dulu, si ibu ini lagi di sini, ibu itu lagi ke toilet, dan lain-lain. Intinya sih kalo ikut trip bareng travel agent itu memang harus banyak sabar, apalagi kalo pesertanya ibu-ibu semua *loh ini kok jadi curhat?* πŸ˜€

istana-gyeongbok

istana Gyeongbok

danau-istana-gyeongbok

salah satu sudut istana Gyeongbok

Tapi overall saya cukup puas sih sama pelayanannya travel agent ini, tour guide dan tour guide lokalnya baik banget dan sabar menghadapi para peserta, mereka bahkan suka beliin makanan khas buat dimakan rame-rame di bus dan kasih tebak-tebakan berhadiah souvenir atau snack kalo kita lagi bosen di dalem bus. Trus pesertanya juga pada baik-baik semua, ya meskipun saya sering dimanfaatkan jadi tukang poto karena paling junior diantara yang lain πŸ˜€ Enaknya pergi sama ibu-ibu, kita dijamin gak akan kelaparan, karena mereka bawa stock makanan banyak banget, bahkan ada yang bawa sambel terasi, rendang dan teri kacang kalo mendadak merasa kurang cocok sama menu makanan yang ada.

Satu hal yang saya agak kaget tentang Korea adalah ternyata makanan Korea yang ada di sini rasanya lebih enak dan bisa diterima lidah saya. Ya iyalah namanya juga tempat aslinya πŸ˜€ Maklum saya itu ndeso, beberapa kali nyoba makanan Korea di Jakarta berakhir penyesalan karena lidah ndeso saya gak doyan.

backpacking-korea

coba perhatikan baik-baik, semua outfit ini pinjaman

tour-guide-korea

mendadak nemu oppa di jalan

toppoki-myeongdong

tteokbokki di Myeongdong

myeong-dong-korea

suasana sore di Myeongdong

Yang jelas sih sebelum ikutan tripnya travel agent ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Teliti lagi harga yang kamu bayarkan itu sudah termasuk apa saja, biasanya sih ada yang termasuk tiket pesawat ada yang tidak, ada yang termasuk makan malam ada yang tidak, ada juga yang sudah termasuk pengurusan visa, namun ada yang tidak termasuk.
  2. Pastikan tanggal dimana kamu pergi liburan dengan travel agent itu memang kamu sudah dapet cuti atau ijin, karena pergi sama travel agent itu tanggalnya udah fix dan gak bisa dirubah seenaknya.
  3. Pastikan untuk meminta bukti pembayaran dan pelunasan atau confirmation letter dari travel agent sebagai bukti bahwa kamu sudah membayar biayanya dan akan mengikuti program tour mereka
  4. Terakhir tapi yang paling penting, pilih travel agent yang terpercaya jangan tergoda harga yang murah, tapi lihat juga tracj record dari travel agent tersebut.

Jadi mau backpacking atau ikutan trip travel agent, semua ada enak dan gak enaknya, tergantung kebutuhan dan preferensi kita aja.Β  Bagi yang suka ikutan jalan-jalan bareng travel agent, boleh dicek penawaran paket-paketnya Double A Travel & Tour, siapa tahu ada yang cocok.

Kalo kamu gimana? lebih suka jalan-jalan mandiri atau ikutan trip bareng Travel Agent?

 

Advertisements

74 thoughts on “Liburan dengan Travel Agent? Yay or Nay?

  1. Wien

    Memang enakan jalan sendiri ya Ta tapi benar si kata kamu, kalau bawa ortu memang baiknya pakai travel agent. Oppa-nemu-di-jalan engga dibawa pulang kesini Ta? πŸ˜€

    Like

    Reply
  2. Sandra Nova

    Kalau liburan bareng nyokap yg aku rasain mending pake travel agent. Apalagi kalau ke negara yang jauh2 + bawa anak kicik. Kalau cuman berdua ma suami mah hajar bleh ngga usah pake TA, soalnya tidur dimanapun bisa, kalau sama orang tua kasian..

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      iyaaa belakangan kok tambah males dan ngerasa (sok) sibuk buat bikin itinerary nih mba πŸ˜€

      iya kmren gak ke Jeju mba, tapi kayaknya bagus deh kalo liat di foto-foto

      Like

      Reply
  3. Nasirullah Sitam

    Sebenarnya enak semuanya sih. Tergantung kita ingin jalan dengan siapa. Kalau misalnya dengan keluarga dan ke LN (empat baru) lebih nyamanpakai agen. Pun sama dengan kalau bareng orang kantor. Tapi banyak waktu luang dan pengen sendiri ya jalan sendiri juga asyik πŸ™‚

    Like

    Reply
  4. niee

    kemaren ke bangkok, ibu aku kecapean disuruh jalan jalan terus naek kereta. Etapi dia demen minta dibawa jalan lagi. Karena males nyusun itin ya ntar aku bawa ke Singapore aja. udah hapal πŸ˜†πŸ˜†

    Like

    Reply
  5. Fahmi

    Makanan korea nggak ada yang cocok nih, belum nemu makanan khas korea yang bikin berkesan setelah mencoba. semacam nanggung gitu bumbunya. Kalau tour atau sendiri, tergantung. kalau jalan sendiri udah pasti lebih seneng rencanain sendiri, tapi mungkin ambil paket lokal tour kalau udah disana. lebih fleksible πŸ™‚

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      gak cocok ya kak? tapi aku ngerasa lebih masuk di lidah dibanding makanan ala Korea yang ada di Jakarta sih πŸ˜€

      iyaaa aku kadang kalo lagi males atau ngerasa tempatnya agak susah, aku ambil paket tour lokal juga meskipun lagi backpacking πŸ™‚

      Like

      Reply
  6. gegelin2

    Adekku juga tour guide kak dia bilang kalo jalan sama ibu2 atau bapak2 sebisa mgkn jangan pisah, nanti pas ilang/nyasar rempong πŸ˜‚ btw enakan tteokbokki di Korea atau Indonesia kak? Aku ngerasa aneh sama bumbunya

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      hahahaha iyaaaa susah nyarinya kalo ilang yaaa, mana ditelponin suka gak angkat πŸ˜€
      kok kataku enakan di Korea yaaa….apa karena yang jualan lucuk mukanya hahaha *disambit*

      Like

      Reply
  7. PutriKPM

    Aku kerja di travel agent dan sering backpackeran tapi juga sering ikut travel agent juga. Ada suka dukanya sih memang tapi kalau ajak orang yg lebih tua aku sukanya ikut travel agent. Btw waktu kemaren ke korea aku backpackeran lhoooo *pamer*

    Like

    Reply
  8. iyoskusuma

    Nah! Kebetulan banget mau nulis (curcol) soal pengalaman solo backpacking ke Karimunjawa minggu lalu πŸ˜‚

    Tanpa travel agent, jelas lebih capek ya. Semua diurus sendiri. Kemarin kehabisan tiket ferry untuk nyeberang. Padahal udah dateng ke pelabuhan jam 5 pagi.. Keberangkatan penuh drama. Haha..

    Tapi ya enaknya, ga ada yang ngatur-ngatur ke mana, makan di mana, bangun jam berapa, tidur sama siapa (lah?), dll. Apalagi, backpacking-nya sendirian kan. Hehe..

    Jadi kalo ditanya, lebih baik pakai travel agent atau ngga, saya tetep milih ngga pake, selama memungkinkan.

    Like

    Reply
  9. Matius Teguh Nugroho

    Aku tergantung kebutuhan, kak. Kalo wisata kota yang transportasi umumnya udah bagus seperti Korea Selatan, aku mending jalan sendiri. Sama keluarga pun bakal tetep pilih jalan sendiri, tinggal sesuaikan itinerary dan moda transportasi. Kalo ikut agen travel atau open trip, bisa-bisa itinerarinya gila karena padet.

    Nah, kalo wisata alam di pulau-pulau atau wisata kota yang transportasi umumnya belum bagus (kayak ke Lasem kemarin), aku pake operator tur atau agen travel. Nggak mau ribet mikirin transport soalnya, hahaha.

    Senengnya udah bisa liburan sama mama. Aku masih punya PR nih ajak keluarga liburan. yang deket2 aja kayak Singapura atau KL hehe

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      setuju sihh, benernya kalo transportnya udah enak mending jalan sendiri….kemarin masih agak takut jalan sendiri soalnya ngajak mama. Padahal harusnya bisa-bisa aja jalan sendiri sih ya πŸ˜€

      Like

      Reply
  10. Lia Harahap

    Kalo pergi dalam jumlah besar atau sama orang tua kayaknya enakan pake travel deh. Biar kitanya gak ribet. Walaupun ya itu dia, perginya ke tempat belanjaaa mulu. Hahaha.

    Like

    Reply
  11. cK

    Kemaren pas ke Rusia cuma beli paket trip, bukan travel agent. Tapi turns out menyenangkan karena bisa ngatur sendiri itinerary-nya mau ke mana. Nyokap juga ngerasain naik kendaraan umum.

    Aku pribadi suka juga pke travel agent, cuma kadang karena waktunya harus buru-buru jadi udah rada males. :)))

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      iyaaa pengen nyoba kayak gitu sihh, ikut tour lokal atau jalan-jalan sendiri aja sama mama…tapi tentunya menyesuaikan kemampuan mama πŸ˜€

      Like

      Reply
  12. Zainudin Al Baqir

    emang bener sih lebih enak gak pake travel agent kalau mau liburannya lebih seru. hhe

    eh itu tteokbokki semacam apa sih mba ?

    Like

    Reply
  13. febridwicahya

    Mmmm… Kalau dilihat dari beberapa cerita tentang travel agent gini, menurutku tetep lebih enak liburan sendiri sih mbak. Lebih bebas gituuuuuuh πŸ˜€ wkwk tapi, lebih enak yang bisa liburan sih yang jelas *lah *jarang liburan *lah *lah *lah *yaudahlah yah

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      iya memang lebih bebas pergi sendiri aja, pake travel agent cuma bantu biar ga repot tapi ya gituuu waktunya juga ketat, ga bisa ke sana sini seenaknya

      Like

      Reply
  14. Diaztomo Febrieanto

    Kalau aku sih tergantung prginya dengan siapa, kalao sama keluarga besar lebih baik pake trevel agent, tapi kalo sndrian atau berdua mndingan ga usah pake travel agent, lebih puas. Tapi di balik itu semua, biaya untuk liburan juga harus ada. hahhahha

    Like

    Reply
  15. Fajrin Herris

    Kalau seperti Mbak bawa Mama nya ya enakan pakai Travel Agent. Takut kalau jalan berdua seperti itu capek ikutin anaknya.. πŸ˜‚πŸ˜‚

    Nah, tapi kalau jalan sendiri mendingan backpacker deh Mbak..

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      iyaaa tapi pengen nyoba juga sihh jalan-jalan sendiri, nanti anaknya liat-liat kemampuan mamanya kok…kalo capek brenti dulu hehehe πŸ˜€

      Like

      Reply
  16. bugis traveler

    selamat pagi idola.. πŸ™‚
    btw gw tiba2 kepikiran, gimana ya kalau emak2 di ajak backpackeran,.. sambil mikir keras hahaha…

    haha trus liat videonya wktu di nami islands itu kayaknya lagi tahan dingin yah smpe kaku gtu hihihihi…:D πŸ˜€

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      eh kadang ada lho kak yang lebih murah pake travel agent kalo diitung2…tapi ya kembali lagi ke preferensi masing-masing, lebih suka jalan sendiri atau ikut travel agent πŸ™‚

      Like

      Reply
  17. Khairunnisa Siregar

    Setuju sama Dita kalo keluar enakan backpackeran, cuma kalo bawa orangtua kesian kalo diajak backpackeran. Lucu banget sih itu bisa pas banget lagi peserta tripnya seumuran mamamu semua, jadi ada temennya haha.

    Like

    Reply
  18. dianravi82

    Mirip!! eh kok sok nyama-nyamain sih…
    Aku pun enggak pernah masukin Seoul ke dalam wish list aku. Tahu-tahu mama ngajak ke Korea Selatan bareng teman-temannya para dosen. Ya udahlah itung-itung liburan sama mama, pikir aku. Kapan lagi.
    Bedanya, aku malah gagal liburan sama mama,Mbak. Last minute mamaku ga jadi ikut. Jadilah aku terjebak bersama para dosen ikut tur. ahahahahahah
    Pake travel? Yah aku akui ada enaknya juga ternyata, meskipun kalau boleh balik lagi aku mau sendiri aja.

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      wakssss berasa terjebak gitu gak sih mba hihihi πŸ˜€

      samaaa, kalopun mau ke sana lagi aku juga maunya sendiri….trus sekalian ke North Korea gitu, mudah-mudahan ga jadi perang T_T

      Like

      Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s