Praha, Kota Tua bak Negeri Dongeng

prague-charles-bridge

Waktu kecil saya suka sekali membaca cerita negeri dongen yang ada di majalah Bobo. Cerita kenakalan Oki, Nirmala dan tongkat ajaibnya, resep masakan Pak Dobleh, juga kejahilan Pipiyot. Mereka tinggal di sebuah negeri dongeng yang indah dengan kastil yang megah. Ketika menginjakkan kaki di Kota Praha, saya seolah hidup dalam cerita negeri dongeng tersebut. Bangunan-bangunan megah bergaya gothic, romanesque, baroque, dan neo klasik mewarnai setiap sudut kota. Pemandangan Kastil megah di seberang sungai yang dihubungkan oleh jembatan batu tua ekstotis yang biasamya hanya kita lihat dalam adegan film atau buku cerita, di sini bisa kita nikmati secara nyata. Ngomong-ngomong mana tongkat wasiat saya? *rogoh-rogoh kantong celana* *berasa Nirmala*

Kota Praha dan Sejarah

bar-prague

suasana kota Praha

prague-building

gak usah baper ada yang gandengan

Kota Praha menyimpan sejuta sejarah dan seni, mulai dari pengaruh kekuasaan Bohemian yang saat itu menjadi pusat kota suci kekaisaran Romawi sampai menjadi tempat berkumpulnya etnis Yahudi dan meninggalkan beberapa peninggalan berupa situs penting di jantung kota Praha. Sekitar tahun 1348 merupakan zaman keemasan dari sejarah Praha dan Eropa Tengah, tepatnya ketika Raja Charles IV bertakhta. Banyak bangunan bersejarah dibangun, seperti Jembatan Charles (Charles Bridge) yang dibangun di atas sungai Vltava dan juga Charles University yang merupakan perguruan tinggi tertua yang ada di Eropa Tengah.

prague-tram

Tram di Kota Praha

suasana-kota-praha

bangunan-bangunan kota Praha

prague-street

salah satu sudut kota Praha

Sebagai ibukota negara Republik Ceko, kota seluas 496 km persegi ini memiliki nama resmi Praha sejak tahun 1920. Sebelum tahun 1784 disebut sebagai Královské Hlavní Město Praha atau disebut pula sebagai Ibukota Kerajaan Praha. Dalam bahasa lain dikenal sebagai Praga (bahasa Latin, dan sebagian besar bahasa Romawi dan Slavic), Prag (Jerman), atau Prague (Bahasa Inggris dan Perancis). Nama Praha secara tradisional diturunkan dari kata batas (práh dalam bahasa Ceko).

Tempat Menarik di Praha

charles-bridge-prague

Charles Bridge

charles-bridge-morning

Charles Bridge pagi hari, masih sepi

statue-charles-bridge

salah satu patung bergaya Baroque

Charles Bridge atau Karluv most yang dalam bahasa setempat memiliki makna jembatan terkenal yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Charles IV (1357). Di sepanjang Charles Bridge ini terdapat 30 patung bergaya Baroque yang unik. Charles Bridge ini selalu dipadati wisatawan dan dipenuhi oleh para seniman lukis serta para penjual souvenir khas Praha. Waktu yang paling pas untuk berkunjung adalah ketika pagi hari karena masih belum dipadati pengunjung atau sore hari menjelang senja, karena jembatan sepanjang 520 meter ini akan terlihat bercahaya dibawah terbenamnya matahari. Tapi sejujurnya suasana paling indah saat berkunjung ke sini adalah kapan saja asal ditemani pasangan, itu saja 😀

Vltava River

gondola-in-prague

gondola di Praha

prague-river

Vltava River Cruise

Iya saya tau, bacanya emang susah 😛 Bagi yang ingin menikmati kota Praha dari sisi lain, kita bisa mencoba berpesiar mengarungi sungai Vltava yang merupakan sungai terpanjang di Republik Ceko. Sungai sepanjang 430 km dan seluas sekitar 28.090 km2 ini dilintasi oleh delapan belas jembatan, salah satunya Charles Bridge. Sungai ini pernah menjadi penyuplai air hingga tahun 1912. Dengan berpesiar menggunakan kapal ataupun gondola, kita bisa menyaksikan pemandangan unik yang ada di kota Praha. River Cruise ini tersedia baik siang hari maupun malam hari. Tapi khusus gondola hanya tersedia sampai sore hari, yaiyalah kalo malem masuk angin kali sis!

Powder Tower

powder-tower-prague

Apa yang tersirat dalam pikiranmu saat mendengar kata “powder” ? kalo saya sih langsung kepikiran bedak gitu cyin, compact powder *brb tebelin bedak*. Padahal menara unik yang dibangun pada tahun 1475 ini, digunakan untuk menyimpan senjata serta bubuk mesiu, makanya dinamakan Powder Tower.

Dancing House

dancing-building-prague

The Dancing House

The Dancing House (Ceko: Tančící dům), atau Fred and Ginger (diambil dari nama sepasang penari terkenal Fred Astaire dan Ginger Rogers) sebenarnya adalah gedung perkantoran unik berbentuk sepasang penari yang dirancang oleh arsitek Kroasia-Ceko Vlado Milunić bekerjasama dengan arsitek Kanada-Amerika Frank Gehry. Bangunan ini dirancang pada tahun 1992 dan selesai dibangun pada tahun 1996.

Church of St Salvator

prague-church

St. Salvator adalah gereja abad ke-17 yang tergolong cukup megah dan dipugar dengan indah. Terletak dekat dengan Old Town Square dan Charles Bridge, merupakan gereja evangelical terbesar di Praha. Didirikan oleh orang-orang Lutheran Jerman, mulai tahun 1611. Di waktu-waktu tertentu, gereja ini mengadakan konser musik klasik.

John Lennon Wall

john-lennon-wall

Kenapa bisa ada John Lennon Wall di Praha? Sejarah tembok ini tidak terlepas dari peristiwa berakhirnya masa Komunis di Eropa Timur dan meninggalnya John Lennon, yang dianggap sebagai pahlawan bagi masyarakat Ceko. Sejak saat itu, anak-anak muda Ceko menuliskan pesan-pesan politik dan lirik lagu-lagu John Lennon di tembok ini, dan saat ini telah berubah menjadi tembok untuk menuliskan pesan cinta dan kedamaian. Tapi pliss jangan nyari-nyari tulisan Surti Love Tedjo di sini ya.

Astronomical Clock

astronomical-clock-prague

Terletak di Old Town Square, Astronomical Clock adalah salah satu menara jam astronomi tertua didunia yang dibangun pada tahun 1410, memiliki detail dan seni artistik yang sangat cantik, dan yang paling penting menara jam ini masih berfungsi sampai sekarang.

Old Town Square

old-town-prague

Old Town Square adalah Alun-alun kota Praha sejak abad ke-10. Merupakan salah satu ruang publik terbesar dan terindah yang ada di Eropa. Wisatawan maupun masyarakat kota Praha sendiri berkumpul dan menghabiskan waktu bersama di Old Town Square. Selain dikelilingi oleh gedung-gedung cantik peninggalan abad pertengahan, disini pengunjung juga bisa menikmati banyak pertunjukan musik dari berbagai genre, atraksi sulap, ataupun berkeliling menggunakan kereta kuda klasik.

Prague Castle

prague-castle

prague-gothic-building

kompleks Prague Castle

prague-castle-guard

gagah yha :3

Prague Castle adalah salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi di kota Praha. Barisan menara yang dilapisi dinding, membentuk seperti sebuah benteng kerajaan layaknya yang biasa kita lihat di film-film kolosal (minus elang terbang ya). Memiliki panjang yang mencapai 570 meter, dengan lebar 128 meter, Prague Castle tercatat sebagai istana antik terbesar yang ada di dunia. Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di komplek Prague Castle ini seperti Katedral St.Vitus, Old Royal Palace, Basilika St.George, Menara Daliborka, dan Rosenberg Palace.

Satu hal yang jangan dilewatkan ketika berkunjung ke sini adalah berfoto dengan Penjaga kompleks Prague Castle yang Ganteng dan Gagah 😀

Makanan Khas Praha

trdelnik-prague

Salah satu makanan khas Praha yang mudah ditemui adalah Trdelnik. Adonan mentahnya digulung pada sebuah batang kayu/bambu panjang dan dipanggang di atas bara api. Trdelnik berasal dari kata trdlo yang artinya pasak kayu. Karena adonannya dililitkan pada pasak kayu maka kue yang terbentuk akan berongga di tengahnya. Bentuknya mirip croissant tapi berlubang di tengah dan teksturnya lebih padat, rasanya enak! Sebetulnya trdelnik adalah kue tradisional Hongaria. Tapi trdelnik juga dikenal secara turun temurun dalam kuliner Slovakia, Republik Ceko dan Austria.

Penginapan di Praha

prague-free-walking-tour

foto bareng peserta Free Walking Tour

Seperti kota-kota lain di Eropa, ada berbagai jenis penginapan di Praha mulai Hotel, Hostel, atau Apartemen Sewaan. Semua tergantung preferensi dan kemampuan kantorng. Sebagai anak muda berbudget pas-pasan, tentunya saya lebih memilih hostel yang berlokasi dekat Charles Bridge dan Old Town namanya Hostel Downtown. Selain hargannya sesuai budget saya, lokasi yang strategis dan kamar yang nyaman, hostel ini punya banyak kegiatan seru yang bisa diikuti, ada free walking tour, cooking class, wine tour, ghost tour dan lain-lain. Sayangnya karena keterbatasan waktu saya hanya bisa mengikuti kegiatan free walking tour. Saya suka banget ikutan free walking tour, selain karena free *halah*, kita jadi banyak tau info-info menarik dan tersembunyi tentang kota yang kita kunjungi, dan pastinya juga nambah temen dari berbagai negara. Jangan lupa kasih tip buat tour guide-nya ya!

Tetap Eksis di Praha

alley-prague

nyasar mba?

river-side-prague

Apalah artinya liburan tanpa pamer foto di media sosial? Sebagai generasi milenial, gak afdol rasanya liburan kalo belum check in di Path, Upload Foto di Facebook, dan pasang quotes-quotes sok bijak sebagai caption foto di Instagram. Tapi kadang internet-an di luar negeri itu mahal dan ribet. Kalo beli SIM Card lokal harganya mahal dan ribet copot pasang SIM Card-nya, beresiko kartu hilang atau jatuh. Sedangkan jika mengandalkan wifi gratisan, di Eropa jarang banget ada tempat umum yang ada fasilitas wifi gratisnya, harus nongkrong dan beli makanan/minuman di café dulu baru bisa menikmati wifi gratis.

Untungnya sebelum berangkat saya menemukan XL Pass, salah satu produk dari XL Easy Roaming yaitu program layanan internet bagi pengguna XL prabayar yang sedang berada di luar negeri. Dua produk lain dari XL Easy Roaming adalah XL Umroh dan Roaming Combo. Dengan XL Pass, kita bisa internetan di luar negeri dengan biaya yang terjangkau mulai dari IDR 150.000 rupiah saja tanpa perlu ribet ganti kartu.

Selain mudah dan praktis tanpa perlu ganti kartu, beberapa kelebihan XL Pass antara lain :

  • Jaringan yang terjamin dan terpercaya, karena bermitra dengan operator di negera tujuan. Jadi jangan khawatir gak dapet sinyal ya!
  • Jangkauan yang luas karena tersedia di 39 negara (Malaysia, Singapore, Thailand, Jepang, Hongkong, Taiwan, Macau, Kamboja, India, Bangladesh, Srilanka, Myanmar, Tiongkok, Australia, Korea Selatan, Denmark, Hungaria, Montenegro, Norwegia, Swedia, Bahrain, Israel, Albania, Czech, Jeman, Ghana, Yunani, Irlandia, Italia, Malta, Belanda, New Zealand, Portugal, Romania, Afrika Selatan, Spanyol, Turkey, Congo dan Tanzania.) Cocok banget kalo keliling Eropa menggunakan XL Pass.
  • Aktivasinya sangat mudah, melalui *123*747# atau myXL apps bisa dilakukan sebelum atau sesudah di luar negeri, tapi menurut saya sih untuk lebih amannya mendingan aktivasi sebelum berangkat aja ya!
  • Youtube Tanpa Kuota, dengan menggunakan XL Pass, kita juga bisa menikmati youtube tanpa kuota di luar negeri semudah di dalam negeri. Asyik banget kalo lagi gak bisa tidur di hostel bisa nonton-nonton youtube sepuasnya atau bisa upload video-video perjalanan kita di youtube.
  • Pertama di Indonesia, belum ada lho operator lain yang punya produk seperti ini, baru XL aja yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.
  • Sisa Kuota bisa Digunakan Kembali, enaknya pakai XL Pass kalo masih ada sisa kuota setelah dipakai di luar negeri, maka kuota tersebut masih bisa digunakan kembali sepulangnya ke Indonesia, jadi gak bakalan rugi.

Kalo internet-an di luar negeri segampang ini, tahun depan bisa kali jalan-jalan keliling Eropa lagi 😀 *disambit mas Bebeb*

Advertisements

57 thoughts on “Praha, Kota Tua bak Negeri Dongeng

      1. Dita Post author

        Mba Kiky!! aku jadi inget dulu dirimmu pernah bilang kalo aku bakal suka Praha….dan bener bangeeeet huhuhu. Yuk kesana lagi mba Kiky sama Mba Noni 😀

        Like

  1. @nurulrahma

    XL keren amat yak, jangkauannya sampe Eropa 🙂
    Padahal di Eropa ga ada tower XL kan> Atau, dia numpang tower provider lokal apa gimana, sist? #IniSeriusNanya #MaapKaloPertanyaannyaRadaKudet

    Daaaannnn, aku berasa lagi ada di Praha, baca postingan ini, kereeen abiiisss!

    Like

    Reply
  2. nengwie

    Waaaaah Prag ngga jauh dr kota Teteh, ya 3 jam sih hehe

    Ngga ke Cafe Kucing ? 😃
    Setelah 14 thn di Jerman baru kangmas bisa dirayu buat ke Prag, ndak tau kenapa doi ko males banget diajak ke Prag itu.
    Belum bisa nikmatin kotanya, terlalu banyak oraaaaang hihi
    Malah asyik baca disini 😃

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      huhuhu aku ga sempet ke Jerman teh, padahal deket ya 😦

      gak ke cafe kucing, ga punya duit wkwkwk
      iyaaa turisnya banyak banget sih kayak venice tapi aku suka hehehe

      Like

      Reply
  3. cerita4musim

    banyak yg ga suka Praha krn katanya kebanyakkan turis, ya ealah wong cakep gitu, Antwerp aja rame turis apalagi Praha ha ha ha
    gw suka juga sama Praha walaupun kesana pas winter parah :)) nice pics Dit !

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      iya sihh memang turisnya banyak, tapi ya wajar sih kan emang kece kotanya 😀

      ahhh ingin ke Antwerp jadinya hehehe makasih mba :*

      Like

      Reply
  4. ketikyoga

    Bahaha Nirmala. Teman bacaan masa kecil. Terus jadi rindu baca Bobo. Tapi Bona dan Rongrong kalau gue favoritnya, sih.

    Dancing House menurutku unik. 😀

    John Lennon betul-betul banyak diidolakan, ya. Bahkan sampai Praha. ((Surti Tedjo)) Hahaha, sempet-sempetnya mikir gitu. Terus ikutan nulis di tembok itu “Dita was here” gak? :p

    Like

    Reply
  5. Matius Teguh Nugroho

    Samaaa. Prague is one of my European dreams! Btw, nama-namanya kok susah ya kak. Vltava lah, Trdlnik lah (atau apalah itu). Bacane piye?

    Di tulisan disebut jembatannya setinggi 520 meter. Apakah maksudnya 520 mdpl? Atau sepanjang 520 meter?

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      hahaha iya bacanya susah….sampe googling gimana cara bacanya sebelum berangkat 😀
      aduhh iya maksudnya sepanjang ituuuu, makasih ya koreksinya

      Like

      Reply
  6. Fanny Fristhika Nila

    Kereeen jamnya masih berfungsi ampe skr.. Berarti maintenance nya bener2 dilakuin dan rutin. Ga kebayang kalo di negara sendiri :D.

    Suamiku yg prnh kesana jg bilang praha mah bakal bikin aku suka, krn dia tau aku suka tempat yg punya banyak sejarah gini.. Nantilah, pokoknya hrs bisa kesana

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s