Kuliner Bangka yang Bikin Kangen

kuliner-bangka

Pulau Bangka seperti juga Pulau Belitung memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang indah dan berbatu-batu besar. Tapi yang membedakan kedua pulau ini salah satunya adalah jenis-jenis kulinernya. Pulau Bangka menurut saya lebih memiliki beragam pilihan kuliner lezat dan asyik yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner di pulau Bangka merupakan perpaduan budaya Melayu dan Tionghoa yang menghasilkan citarasa yang unik dan khas. Meskipun sudah dua kali jalan-jalan ke Pulau Bangka, saya masih ingin datang lagi apalagi kalo #LagiKangen sama kuliner khas yang ada di sana.

mie-koba-bangka

Mie Koba

Salah satu kuliner legendaris Bangka adalah Mie Koba. Mie koba ini rasanya perpaduan antara gurih, manis, dan pedas. Mie nya lembut karena teksturnya tipis kayak dompet di tanggal belasan, dan empuk karena kebanyakan dibuat sendiri (homemade). Kuahnya terbuat dari kaldu ikan tenggiri yang dicampur rempah-rempah sehingga menghilangkan rasa amis ikannya. Mie koba ini bisa dinikmati langsung atau ditambahkan telur rebus. Salah satu Mie Koba yang populer di Pangkal Pinang adalah Mie Koba Iskandar.

mie-bangka

bakmie Bangka

Selain mie Koba, bakmi Bangka juga tidak kalah populer sebagai kuliner khas Bangka. Meskipun di kota-kota lain sudah banyak yang menyediakan menu ini, tapi pasti lebih mantab jika mencicipi citarasanya langsung di kota asal. Gurihnya potongan daging ayam bercampur mie yang dibumbui minyak wijen, ditambah renyahnya tauge dan irisan jamur, pasti bikin lidah bergoyang. Bakmi Bangka yang populer di Pangkal Pinang adalah kedai mie “Akau”, rumah makan “Asu”, dan Papa Wu Noodle House yang sudah ada logo halal-nya. Kalo kamu udah ada logo halal-nya belom? *disiram kuah*

es-kacang-merah-ayong

es kacang merah

Cuaca Bangka cukup panas dan bikin gerah kayak abis liat foto Raisa bareng babang Hamish, makanya gak heran jika banyak pedagang es tersebar di sudut-sudut kotanya. Salah satu yang populer di kota Pangkal Pinang adalah Es Ayong. Menu terfavorit di sini adalah es kacang merahnya. Menurut saya sih es kacang merahnya emang enak banget dan porsinya besar. Kacang merahnya fresh, ditambah es serutnya yang teksturnya sangat halus dan menggunung di mangkok.

kedai-kopi-tungtau

Seperti halnya di Belitung, Bangka juga terkenal dengan kebiasaan nongkrong di kedai kopi tradisional. Salah satu kedai kopi legendaris yang masih jadi favorit sampai saat ini adalah Kedai Kopi Tungtau. Menu andalan di sini adalah Kopi o atau sejenis kopi susu. Bagi yang gak minum kopi, kedai kopi Tungtau juga menyediakan menu non kopi dan makanan kecil seperti roti panggang dengan berbagai macam selai. Salah satu menu favorit di sini adalah roti panggang isi telur.

otak-otak-amui

Siapa yang suka jajan otak-otak? Cemilan berbahan dasar ikan ini merupakan kuliner istimewa di Bangka. Otak-otak di Bangka ini biasanya disajikan dengan teman-temannya berupa aneka pempek rembus, pempek kulit goreng dan talas goreng. Otak-otak yang terkenal di Bangka salah satunya Otak-otak Belinyu “Amui”. Yang membedakan otak-otak Bangka dengan yang lain adalah saus cocolannya. Kalo biasanya yang kita makan adalah otak-otak dengan cocoln saus kacang, di Bangka jenis cocolannya adalah cuka tauco, dan cuka pedas. Aduh ini padahal cuma ngetik aja tapi kok rasanya langsung laper. #LagiKangen berat nih sama otak-otak yang rasanya ikan banget, bukan kayak yang dijual abang-abang di pinggir jalan Jakarta.

martabak-acau-89

Terakhir, gak lengkap kulineran ke Bangka tapi gak nyicipin martabak Bangka langsung di tempat asalnya. Seperti halnya martabak Bangka yang sudah tersebar di berbagai daerah, martabak di sini juga menyediakan martabak telor dan martabak manis. Salah satu martabak yang paling terkenal adalah Martabak Acau 89. Martabaknya tebal tapi lembut, menteganya berasa banget, apalagi kalo dimakan-panas dengan isian coklat atau keju yang lumer di mulut, dijamin lupa kalo lagi baper gara-gara Pilkada DKI 😛

Kuliner Indonesia emang juara deh bikin orang langsung ngerasa #LagiKangen, mirip-mirip lah sama ceritanya bang Teza ini.

Kamu lagi kangen sesuatu yang pengen banget terwujud kayak saya dan bang Teza diatas? Masih ada waktu kok buat ikutan programnya Picmix dan Channel News Asia yang berjudul CNA Brings You Home #LagiKangen yang pernah saya share sebelumnya. Kalo masih bingung, bisa liat contoh-contoh submission beberapa orang yang sudah mengirimkan cerita #lagikangen versi mereka.

cerita-lagi-kangen

lagi-kangen-apa

lagi-kangen-versi-kamu

Nih, saya ulangin lagi ya caranya :

  • install aplikasi PIcmix di smartphone, melalui Android maupun IOS (by the way picmix ini merupakan aplikasi sejenis sosial media tapi memiliki tool photo editing yang keren yang terdiri dari berbagai filter foto dan efek, juga frame yang keren)
  • Buka Website Channel News Asia
  • Tulis cerita singkat tentang apa yang menjadi rasa kangen kalian

Channel News Asia dan PicMix bakalan memilih cerita #LagiKangen paling menarik untuk diwujudkan dan kemudian dibuat Short Movie yang nantinya akan ditayangkan di Channel News Asia (CNA). Siapa sih yang gak mau nongol di stasiun televisi ngetop Channel News Asia yang berbasis di Singapura dan menampilkan program berita, talkshow, documentary & interview?

pantai-tikus-bangka

Mudah-mudahan rasa #LagiKangen kulineran di Bangka bisa terwujud, biar bisa sekalian explore pantai-pantai keren yang ada di sana. Yuk ikutan bikin cerita #LagiKangen juga 🙂

Advertisements

138 thoughts on “Kuliner Bangka yang Bikin Kangen

  1. Fahmi Anhar

    gostialah, enak-enak kabeh maemane kak! btw kalau lihat di bangka ada es kacang merah apa karena masih influence melayu sehingga di malaysia & sinjapoh pun lazim ditemui ais kacang merah ini ya?

    Liked by 1 person

    Reply
    1. Dita Post author

      emberan kaaak, gendut kalo ke sini lah. Mungkin ya kaaak, sejatinya kita ini berasal dari rumpun yang sama…gak heran kalo banyak yang sama kan 😀

      Like

      Reply
  2. Fanny f nila

    Aku tuh udh lamaaaa pgn ke bangka gara2 liat path temen yg orang bangka, dan pas dia mudik ngiler bangeeettt liat semua kuliner yg dia coba.. Msh blm bisa kesana krn cuti yg tinggal dikit aja nih 😦 .. Pdhl wkt itu liat tiket ksana, ga mahal2 bgt.. Lg promo pula..

    Like

    Reply
  3. Mau Disini

    Beeuh Pulau Bangka selain menyajikan tempat wisata ternyata memiliki wisata kuliner yang engga kalah asik ya.
    Apalagi setelah baca yang mie koba sama es kacang ijo, bikin ngiler aja jadi pengen nyicip. Harus nabung nih supaya tahun depan bisa maen kesini. Terima kasih ya infonya, hacep bener.

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s