7 Kuliner Khas Kota Malang yang Wajib Dicoba

kuliner-khas-malang

Ketika timeline media sosial lagi panas membahas lebaran kuda, entah kenapa saya malah jadi pengen mudik. Sayangnya hari ini kantor saya malah gak libur, padahal lokasi kantor cuma selemparan kolor (kolor siapa?) dari titik-titik berkumpulnya para peserta aksi damai ๐Ÿ˜ฆ Maka untuk mengobati kekecewaan karena gak libur dan gak jadi mudik, mendingan kita bahas kuliner Malang yang enak-enak aja deh. Karena memang banyak banget kuliner yang wajib dicoba kalo lagi berlibur di kota Malang.

Bakso

Siapa sih yang belum pernah makan bakso Malang? Bakso sudah lama jadi kuliner khas kota Malang. Meskipun di kota-kota lain juga sudah banyak ditemui bakso Malang, tapi menikmati kuliner ini di kota asalnya tentunya akan lebih asyik. Bakso yang cukup populer di Malang adalah Bakso Presiden, Bakso Damas, Bakso Stasiun, Bakso Priangan, dll

Bakso Bakar

membakar-bakso

Selain bakso rebus yang biasa, Malang juga terkenal dengan kuliner bakso bakar yang telah berhasil menjadi primadona sajian kuliner khas kota Malang. Aroma daging bakar dengan campuran bumbu rasa gurih, pedas menjadi ciri khas tersendiri. Salah satu tempat di Malang yang menyediakan menu bakso bakar adalah STMJ Bakso Bakar SS.

menu-bakso-bakar-ss

menu-stmj

Berbeda dengan kedai bakso bakar yang lainnya, di sini selain tersedia bakso bakar yang biasa/original tersedia juga 2 menu bakso bakar istimewa yaitu bakso bakar pedas sambalado yang terasa pedasss…terasa panaaashhh…. *kibas rambut ala Ayu Ting-Ting*, dan bakso bakar keju kejutan.

bakso-bakar-ss

nungguin bakso bakar, bukan nunggu kepastian

self-service

baksonya bisa ambil sendiri

bakso-bakar-mercon

bakso bakar mercon sambalado

bakso-bakar-keju

bakso bakar keju kejutan

Sesuai namanya, bakso bakar mercon sambalado ini memang dibuat khusus bagi para penggemar pedas. Butiran baksonya berisi potongan daging pedas, kemudian dilumuri bumbu pedas, dibakar dan disajikan kembali dengan bumbu pedas, kebayang gak rasanya gimana? *nelen ludah*

Sedangkan bakso keju kejutan, butiran baksonya berisi potongan keju cheddar yang gurih, kemudian diberi bumbu gurih, dibakar dan disajikan dengan saus tomat serta mayonnaise.

bihun-gorengan

Selain bakso bakar, menu yang tidak kalah unik di sini adalah SiTaGo bakar alias Siomay, Tahu dan Gorengan yang dibakar. Rasanya ternyata enak juga lho! Wajib dicoba kalo ke sini ๐Ÿ˜€ Oiya berhubung nama kedainya adalah STMJ Bakso Bakar SS, yang gak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah minuman STMJ (Susu Telor Madu Jahe). Di sini kita bisa memlilih mau menggunakan telur ayam atau bebek, juga berapa butir telur yang akan digunakan. Ada juga STMJ dengan berbagai pilihan rasa seperti Coklat, Strawberry, Vanilla, Mocha, dllbakso-bakar-malang

bakso-bakar-khas-malang

Kedai bakso bakar dan STMJ buka dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam. Lokasinya juga cukup strategis di depan pasar Sawojajar. Tempatnya juga cukup luas, cocok untuk makan rame-rame bareng teman atau keluarga.

Sego Resek

sego-resek-malang

source: hob-by.com

Berkunjung ke Malang belum lengkap jika tidak mencicipi sego resek. Meskipun sego resek ini artinya nasi sampah, tapi percaya deh makanan ini rasanya enak banget. Disebut nasi sampah karena isinya tumpah ruah dan campur baur antara nasi dengan tauge, kol, mie, suwiran ayam, usus goreng/jerohan, dan taburan bawang goreng.ย Walaupun mirip nasi goreng, sego resek ini dimasak tidak dengan minyak melainkan kuah kaldu ayam, kemudian ditambah campuran bumbu-bumbu rahasia. Gak heran kalo sego resek ini rasanya lebih gurih.ย Selain itu, rasa sego resek ini lebih khas karena dimasak di atas api arang. Lebih enak lagi kalo makannya ditemaniย cabeย rawit yang pedas dan tambahan lalapan timun segar, dijamin niqmadh!

Nasi Buk Madura

nasi-buk-madura

Nasi Buk adalah jenis masakan yang hanya bisa ditemui di kota Malang. Masakan ini awalnya lahir dari orang asli Madura bernama ibu Matirah yang memiliki warung nasi bernama Nasi Buk Matirah. Warung nasi ini menyediakan masakanย khas Madura.ย Nasi Buk sebenarnya adalah nasi yang disandingkan dengan sayur lodeh nangka, sambal terasi khas dan seperti masakan khas madura lainnya, ditaburi serundeng kelapa. Untuk lauknya kita bisa memilih antara potongan daging ayam goreng, empal, babat, sate daging, tahu tempe bacem, paru kering dan lain-lain

Cwie Mie

cwie-mie-malang

Saya sering ditanya bedanya Cwie Mie Malang dan mie ayam itu apa sih? sebenernya sih cwie mie itu tidak jauh beda dengan mie ayam pada umumnya, yang membedakannnya adalah cwie mie ini menggunakan taburan ayam yang dicincang halus sehingga menyerupai abon, bukan potongan daging ayam berbentukย dadu. Selain itu cwie mie menggunakan selada sebagai sayurannya, bukan sawi. Serta memakai acar dan cabe sebagai pelengkapnya, bukan sambal.

Rawon

rawon-nguling

source: jenzcorner.com

Rawon, makanan khas Jawa TImurย berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam karena penggunaan bumbu khas yaitu kluwek ini memang selalu bikin kangen. Selama hampir 10 tahun tinggal di Jakarta, saya belum menemukan rawon yang rasanya mantap seperti di Jawa Timur. Makanya ketika pulang saya selalu menyempatkan diri untuk makan makanan yang satu ini. Salah satu tempat kuliner populer di Malang yang menyediakan rawon adalahย Depot Rawon Nguling. Daging rawonnya empuk, lembut dan dipotong besar-besar. Kuah rawonnya berwarna hitam namun tidak terlalu pekat dan tidak berlemak.

Angsle

wedang-angsle

source: elshinta.com

Kalo kamu bukan orang Jawa Timur sepertinya kurang familiar dengan jenis makanan yang satu ini. Angsle adalah makanan manis berkuah hangat yang terdiri dari roti tawar, kacang hijau, agar-agar mutiara, dan juga kuah kental panas yang memiliki rasa manis gurih. Makanan ini ย cocok dikonsumsi di malam hari dalam cuaca yang dingin bersama kekasih. Makanan ini mudah ditemui di kota Malang. Salah satu yang populer adalahย Angsle Ronde Titonโ€™. Selain angsle, di tempat ini tersedia jugaย menu lainnya seperti ronde, baik ronde kering maupun ronde basah.

Ada kuliner Malang lain yang kira-kira wajib dicoba juga? komen di bawah ya ๐Ÿ˜€

Advertisements

162 thoughts on “7 Kuliner Khas Kota Malang yang Wajib Dicoba

  1. bukanrastaman

    Ngalam ker…..panganan enak-enak

    Joss tenan, nek eleng ngalam eleng kera-kera reggae kono. Guyub joooos tenan. Nakam opo ae enak nang kono.

    Cobain dengerin ini mbak, pleasseeeeeeee

    Salam satu nyali disik. Waniii ( loh iki slogan bonek ๐Ÿ˜€ )

    Like

    Reply
  2. tuaffi

    baksonya.. ๐Ÿ˜€ itu efek foto apa aslinya gitu. bikin ngiler banget. ๐Ÿ˜€ saya kemarin ke malang sempat ke bakso presiden, enak sih.. tapi antrinya kagak nahan. ๐Ÿ˜ฆ

    Like

    Reply
  3. Parahita Satiti

    Ya ampun, Malang…. kota yang makanannya cuma ada 2 rasa: enak dan enak bangeeeddh.

    Aku pernah jajan baso tusuk di deket alun-alun (taman) yang bentuknya bulet itu. Ga ngarep banyak sama rasanya, secara beli di abang-abang naik motor gitu, dan 5000 dapet banyak banget.

    Tapi pas makan 1, aku langgsung bilang: Mas, sebungkus lagi 5000!

    Like

    Reply
  4. denaldd

    Sementara aku jiktas tangi turu mangan apel karo moco tulisanmua rasane ngeneesss!! Haha. Kemluruk Dit wetengku. Pecel malang pakai mendol Dit, karena Mendol adalah favoritku ๐Ÿ˜

    Like

    Reply
  5. Dila

    Dittt, eskrim di malang tu eskrim apa ya yang terkenal? Bakso bakar nyebahi bangeddhhhh.. niqmadh yang tak tergapaiii hihhhh, bsk bawa Dit kesini wkwkwk… langsung diendhus2 doggie di bandara ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Bakso bakar sambaladonya tolong laaaahhhh.. *gebrak2 meja*

    Like

    Reply
  6. Gara

    Malang itu surganya kuliner nikmat dan murah, baru berangkat dari sana saja sudah membuat saya kangen banget dengan makanan-makanan kota itu, hehe. Saya belum coba bakso bakar… ah memang selalu ada alasan buat balik ke Malang, mencoba kuliner-kulinernya yang tak habis-habis lezatnya, hehe. Thanks ya Mbak rekomendasinya, saya pas balik ke Malang nanti mau coba satu-satu kuliner yang ditulis di sini, hehe.

    Like

    Reply
  7. aggy87

    Astagaaaaahhh sungguh bikin ngiler! Belum pernah ke Malang tapi pingin banget krn makanannya hehehe. Klo di Surabaya sering makan rawon dan emang bener rawon di Jatim itu tiada duanya. Uenakkkk pol!

    Like

    Reply
  8. Lorraine

    Ya ampun Dit, lihat ini jam 11 pagi, jam rawan udah mulai laper untuk makan siang. Enak-enak semua makanan ini kelihatannya. Aku belum pernah makan sego resek, pingin cobain jadinya.

    Like

    Reply
      1. Bawangijo

        Udah pernah, aku ke malang cuma beli bakso malang doang terus balik lagi ke pasuruan haha. Aku sering halan-halan di indonesia tapi nggak ceritain di blog tau hihi.

        Like

    1. Dita Post author

      yang terkenal namanya Sego Resek Kasin, alamatnya : Jl. Brigjend. Katamso No.4, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117

      tapi siap-siap antri ya kak ๐Ÿ˜€

      Like

      Reply
  9. mysukmana

    kalau bakso bakar di solo sudah banyak, apalagi bakso malang. tapi kalau bakso malang saya suka banget sit, apalagi ada tekwan nya itu..di Solo masih jarang jarang soalnya, ada sih yang lewat di kantor tapi jarang ketemu (jamnya gak tentu huhuhu)

    Like

    Reply
  10. Fahmi Anhar

    yawla belum jadi-jadi mau ke malang! pingin angsle, bakso president, bakso bakar, nasi buk, semua semua semua!

    ajak aku mudik kak ditoo, ajak aku mudiiiiikkk

    *lha emange aku sopo?*

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s