Makan Sate di Hari Senin

PicsArt_1447662948333

Siapa yang suka makan sate? makanan yang terdiri dari potongan daging dipotong kecil-kecil lalu dibakar menggunakan arang kayu ini sangat populer di Indonesia. Setelah dibakar, sate akan dilumuri saus berupa kecap atau sambal kacang yang juga dilengkapi dengan acar bawang dan potongan cabe rawit. Sate biasanya dihidangkan bersama nasi, lontong atau ketupat. Indonesia memiliki banyak jenis sate berdasarkan jenis daging yang digunakan dan juga daerah asalnya. Sebut saja sate padang yang terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah berwarna kuning, atau sate klathak khas Jogja yang terbuat dari daging kambing.

PicsArt_1447662758348

liat sate aja baper, mbak!

PicsArt_1447662533082

Salah satu sate yang cukup familiar di lidah Jawa Timur saya adalah sate klopo atau sate kelapa. Klopo lho ya, bukan koplo, itu mah dangdut! *kemudian geleng-geleng sesuai irama*. Disebut sate klopo karena dalam proses pembakarannya, sate terlebih dahulu dibubuhi parutan kelapa yang telah diberi bumbu khusus. Umumnya sate klopo ini berbahan dasar daging sapi. Tapi ada juga yang memvariasikan dengan bahan dasar daging ayam, usus atau udang. Dari segi cita rasa, pastinya berbeda dengan sate-sate kebanyakan.

PicsArt_1447662749655

pic by: bukanrastaman.com

Sate Klopo banyak ditemui di Surabaya, bahkan penjual sate kaki lima-pun biasanya menyediakan menu ini. Sayangnya selama 8 tahun tinggal di Jakarta saya belum pernah menemukan penjual sate klopo. Ada banyak kedai dan restoran yang menyajikan menu khas Jawa Timur, tapi tetap minus sate klopo. Sampai akhirnya seorang temen blogger yaitu mbaΒ WitaΒ ngajakin saya untuk mampir ke kedai sate-nya di daerah Buaran yang sementara ini cuma buka di hari senin, bernama Sate Senin.

Kenapa cuma buka hari senin? soalnya kalo bukanya malem jumat takutnya yang beli ………… *gak berani nerusin* *serem sendiri*

PicsArt_1447662608181

sate manis (IDR 35K)

PicsArt_1447662565188

sate klopo (IDR 35K)

Menu makanan di Sate Senin ini cuma dua, yaitu sate klopo dan sate manis yang dibanderol dengan harga yang sama yaitu IDR 35K. Kalo makannya mau ditemani pacar nasi, cukup nambah IDR 5K. Untuk minuman ada yang standar seperti air mineral, teh dalam botol atau aneka softdrink dengan harga IDR 4K, dan ada yang spesial yaitu teh kayu manis Β (IDR 7K) juga kopi spesial (IDR 8K).

Kedainya memang tidak terlalu luas, mengambil tempat di halaman sebuah bengkel, dengan deretan kursi di area depan dan area lesehan di samping. Tapi dijamin gak rugi kok kalo mampir ke sini.

PicsArt_1447662486086

PicsArt_1447662400055

Dari segi tampilan, sate klopo ini terlihat cerah dan sangat menarik. Rasanya jangan ditanya deh, mba Wita bener-bener bisa membawa cita rasa asli Surabaya ke Jakarta. Daging sapinya besar dan padat, sehingga 10 tusuk sate rasanya kebanyakan buat saya *pencitraan* *tapi abis sih* πŸ˜€ Selain itu, yang bikin tambah unik, sate klopo ini disajikan dengan nasi yang ditambah dengan taburan serundeng yang dibuat dari parutan kelapa yang telah disangrai. Ciamik soro lah kalo kata orang Surabaya.

Sate manisnya juga enak, teksturnya dibuat agak tipis dan kering seperti dendeng sapi. Bumbunya meresap dan pas banget manisnya. Bagi saya yang gak bisa makan daging banyak-banyak, sate ini terasa cocok banget di lidah, karena gak bikin enek.

PicsArt_1447662700201

Seneng banget akhirnya menemukan penjual sate klopo di Jakarta dengan cita rasa yang Surabaya banget. Sekarang hari senin jadi sering ditunggu-tunggu demi makan sate klopo. Sate Senin, one reason to love monday πŸ˜€

***

Sate Senin
Jl. Radin Inten II. Ruko Taman Buaran Indah U-210 Jakarta Timur (seberang Electronic City Buaran)

buka pukul 18.00 – 24.00 WIB

Advertisements

92 thoughts on “Makan Sate di Hari Senin

  1. Gallant Tsany Abdillah

    1. sebenernya tadi mau ngetwit “bisa nggak sih mbak, nggak ngepost makanan jam segini”
    2. kenapa disebut sate senin, karena bukanya hari senin. kalo buka hari minggu namanya sate minggu (terdengar suara orang makan kerupuk nun jauh di sana)

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      Cistel, kan ada tuh yg namanya ijin sakit….bisa dipake lho *ditujes pake tusuk sate*

      Eh tapi katanya sih bakalan gak senin doank, cuma belum tau kapannya. Nanti kalo udah jadi kita dobel date yaaak πŸ˜€

      Like

      Reply
  2. Maya

    Sejak pindah ke BSD kok gue gak nemu tukang sate yang murah dan enak ya. Err kalo sate yg gak halal sih banyak, tapi sate ayam susah banget nyarinya. Gue sih belum nemu. Ada sate ayam/kambing Kardjan, enak sih tapi mahal euy.

    Like

    Reply
      1. Dita Post author

        iya sih kak, tapi kan daging emang mahal yak. Ownernya sih punya kedai ketan sama makanan Jawa Timur juga di Fatmawati. Tapi menu sate klopo gak ada di sana :/

        Like

  3. kutukamus

    Unik juga.. ada warung yang tutp tiap Senin. Tapi kalau buka tiap Senin baru sengar ini. Belum nyoba sate klopo (ketoke uenak), tapi berati masih lima hari lagi ya.. πŸ™‚

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s