Pengalaman Mengurus Perpanjangan Paspor 2023

Karena masa berlaku paspor saya akan habis di pertengahan tahun 2023 dan sudah berencana pengen jalan-jalan ke luar negeridi bulan Februari, di malam menjelang pergantian tahun yang syahdu ini bukannya mikirin resolusi tahun baru, saya malah sibuk begadang tengah malam nyari slot kosong untuk perpanjangan paspor di aplikasi M-Paspor x)))

Sebenernya minggu-minggu sebelumnya saya udah coba-coba cari slot kosong di aplikasi M-Paspor, tapi herannya ga ada satupun Kanim (Kantor Imigrasi) yang tersedia di aplikasi tersebut. Saya masih positif thinking…. oh mungkin karena mau libur panjang ya jadinya full terus. Tapi menjelang akhir tahun saya mulai panik, soalnya takut waktunya gak cukup kalo Februari mau berangkat, mana harus urus visanya juga. Bahkan sempat tersirat mau pake bantuan calo aja deh kalo sampai awal Januari saya belum berhasil juga dapet slotnya.

Ternyata oh ternyata selain aplikasinya emang bapuk, saya juga salah sih soalnya milihnya yang Paspor Elektonik Polikarbonat, yang mana kayaknya emang saat ini belum tersedia dimana-mana pantesan aja tiap mau daftar kok ga ada satupun Kanim yang nongol. Udah gitu ternyata slotnya memang cuma dibuka hari Jumat setelah jam 14.00 WIB tapi ya lemot, baru agak lancar setelah tengah malam atau jam sahur sekalian nunggu adzan subuh.

Akhirnya setelah begadang sampe tengah malem, dapet juga slot buat perpanjang paspor di Kanim Jakarta Selatan. Masih ada masalah lagi sebenernya, karena surat pengantar menuju Kanim yang ada di aplikasi gak bisa didownload, atau emang hp saya kurang canggih aja ya. Tapi baca-baca di twitter katanya kalo surat pengantar ga bisa didownload, kita bisa print halaman yang ada barcode-nya aja. Ternyata emang banyak juga yang gak bisa download suratnya. Emang harus banyak sabar ya menghadapi aplikasi buatan pemerintah.

Karena ambil slot yang paling pagi, saya udah siap-siap datang 1 jam sebelumnya untuk antisipasi seandainya di Kanim ramai. Ternyata lumayan banyak juga yang udah dateng ke Kanim pagi-pagi buat antri tapi pintu loket masih ditutup. Jam 7.30 pintu loket depan dibuka dan pengantri diijinkan masuk bergantian untuk ambil nomor antrian yang otomatis bisa keluar setelah scan menggunakan barcode yang didapat dari aplikasi M-Paspor. Jadi yang boleh masuk memang yang udah dapet barcode di aplikasi M-Paspor aja. Setelah itu kita diarahkan ke lantai 2 untuk proses pembuatan paspornya. Ada lumayan banyak loket pelayanannya, sekitar 8 atau 9 jadi bisa lebih cepat prosesnya. Proses wawancara dan foto juga dilakukan langsung di loket tersebut jadi ga pusing pindah-pindah loket kayak dulu. Setelah itu paspor bisa diambil dalam waktu 4 hari kerja.

Total waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatan/perpanjangan paspor ini kurang lebih 20 menitan, tergantung antrian dan kelengkapan dokumen juga sih. Mungkin efek saya datang lebih pagi juga jadi bisa lebih cepat juga prosesnya. Mungkin juga karena perpanjangan paspor jadi dokumen persyaratannya gak sebanyak yang baru pertama kali membuat paspor. Alhamdulillah prosesnya dimudahkan, udah gitu Kanim Jakarta Selatan ini lebih dekat sama kantor, jadi setelah proses selesai saya bisa langsung balik ke kantor sebagai karwayan yang berbakti dan butuh gaji ๐Ÿ˜€

Btw ada yang bisa tebak saya mau liburan ke mana bulan Februari? nanti yang jawabannya bener bakal dikasih oleh-oleh

Advertisement

15 thoughts on “Pengalaman Mengurus Perpanjangan Paspor 2023

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s