Liburan Imlek ke mana? Semarang Aja!

sam-poo-kong

Perayaan Tahun Baru Imlek 2018 sudah di depan mata, kurang dari seminggu lagi. Euforianya juga sudah mulai tampak di sudut-sudut bangunan dan pusat perbelanjaan. Yang paling menyenangkan tahun baru imlek di 2018 ini jatuh pada hari Jumat. Itu artinya para traveler fakir cuti kayak saya ini bisa punya kesempatan untuk ikut merasakan kemeriahan Imlek 2018 karena bisa libur agak panjang di akhir pekan, apalagi kalo ditambah cuti seminggu yha *digetok pake kalender*

Beberapa kota di Indonesia yang memiliki agenda perayaan Imlek paling meriah diantaranya Singkawang, Semarang, Solo, Palembang, Jakarta, Bogor, dan Jogja. Pusat perayaan terbesar tentu saja di kota Singkawang yang memiliki jumlah penduduk etnis Tionghoa terbesar di Indonesia. Tapi jika Singkawang dirasa terlalu jauh, perayaan Imlek di kota Semarang juga cukup meriah terutama di dua tempat pusat perayaan Imlek Semarang ini digelar.

Klenteng Sam Poo Kong

kuil-sam-poo-kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu pusat diselenggarakannya perayaan Imlek di kota Semarang. Klenteng ini populer karena merupakan sebuah bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Cheng Ho. Setiap harinya Klenteng ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik untuk ibadah maupun sekedar berfoto.kuil-semarang

Klenteng Sam Poo Kong setiap tahun menggelar perayaan Imlek yang diisi dengan pertunjukan seni budaya seperti barongsai, liong samsi, panggung musik, modern dance, sulap, festival kostum, dan lain-lain.

Pasar Semawis

pasar-semawis-semarang

sumber: exploresemarang.com

Pasar Semawis Semarang juga populer dengan sebutan Kawasan Pecinan Semarang. Pasar Semawis ini juga merupakan pusat kuliner yang memanjakan lidah para pecinta kuliner. Setiap tahun Pasar Semawis ini selalu menggelar festival kuliner Imlek yang siap diserbu wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia. Beberapa kuliner yang tersedia seperti kue keranjang, bakpao, cakwe, dan aneka mie. Ada juga nasi ayam, bubur, nasi gudeg, nasi pindang, nasi ayam, soto, sate sapi, nasi goreng babat, bakmie jawa, es hawa, aneka seafood, es puter dan masih banyak lagi. Ya ampun ngiler bayanginnya ๐Ÿ˜ฆ

Selain dua tempat pusat perayaan Imlek diatas, tentunya kita juga bisa keliling ke tempat-tempat wisata lain di Semarang seperti:

Kampung Pelangi

kampung-warna-warni

Kalo sebelumnya kita pernah mendengar kampung warna-warni Jodipan di Malang, ternyata Semarang juga punya kampung serupa yang namanya Kampung Pelangi. Perkampungan ini memiliki lokasi persis di belakang deretan penjual rangkaian bunga di Jl. Dr. Sutomo IV. Bangunan warna-warni yang terletak tidak terlalu jauh dari objek wisata Lawang Sewu ini ternyata berhasil menyulap perkampungan yang tadinya kumuh menjadi objek wisata yang cukup digemari wisatawan.

Lawang Sewu

lawang-sewu

lawang-sewu-semarang

interior-lawang-sewu

Siapa yang tidak kenal Lawang Sewu? bangunan dengan pintu yang sangat banyak ini adalah gedung gedung bersejarah yang dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.ย Di samping berita-berita yang beredar mengenai angkernya tempat ini, bangunan Lawang Sewu tetap menarik untuk dikunjungi dan dipakai sebagai spot foto OOTD *tetep* ๐Ÿ˜›

Taman Wisata Puri Maerokoco

mangrove-maerokoco

Kalo Jakarta punya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Wisata Puri Maerokoco yang merupakan Taman Mini Jawa Tengah yang menghadirkan anjungan 35 Kabupaten dan kota madya yang ada di Jawa Tengah. Di dalam anjungan tersebut sudah dilengkapi berbagai hasil industri serta kerajinan yang di produksi oleh masing-masing daerah.

taman-maerokoco

minta diceburin

Di sini juga ada taman mangrove yang dilengkapi Jalur Trekking yangย  terbuat dari bambu berbentuk setengah lingkaran hanya satu meter dari permukaan air. Taman Mangrove ini menjadi populer di kalangan wisatawan terutama untuk berfoto dengan latar nuansa hijau yang fotogenik.

Kota Lama Semarang

gereja-belenduk

Kawasan Kota Lama Semarang adalah sebuah kawasan yang dipenuhi oleh beberapa bangunan vintage yang saat ini menjadi objek wisataย yang cukup digemari oleh masyarakat Semarang dan sekitarnya. Beberapa tempat di Kota Lamaย juga menjadi spot favorit para penggemar fotografi karena lokasinya yang memang fotogenik. Salah satunya adalah Gereja Blenduk yang merupakan gereja kristen tertua di Jawa Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah

majt-semarang

payung-payung Masjid Agung Jawa Tengah

masjid-agung-jawa-tengah

MAJT dilihat dari Menara Asmaul Husna

Masjid yang megah ini mulai dibangun sejak tahun 2001 sampai dengan 2006 dan diresmikan olehย Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat sebagai presiden pada tahun tersebut. Kawasan masjid ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar. Di sini terdapat Menara Asma Al-Husna Setinggi 99 meter yang bisa dikunjungi dengan membayar tiket masuk. Selain bisa memandang kota Semarang dari ketinggian, di dalam menara ini juga terdapat museum.

Penginapan di Semarang

santika-semarang

Hotel Santika Premiere Semarang

Udah capek jalan-jalan seharian keliling kota Semarang, tentunya ingin istirahat yang nyaman di penginapan yang representatif dan lokasi yang strategis. Salah satu hotel yang memenuhi syarat tersebut adalah Hotel Santika Premier Semarang. Lokasinya strategis banget, sekitar 20-30 menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang, sekitar 15 menit dari Stasiun Tawang Semarang, 10 menit dari Stasiun Poncol, dan berada di kawasan simpang lima yang merupakan pusat keramaian kota Semarang.

Tipe Kamar

Hotel Santika Premiere Semarang memiliki tipe kamar Deluxe Room dan Executive Room. Semua dilengkapi tempat tidur besar (king size) atau ganda (twin), ruang ber-AC, TV layar datar dengan saluran TV kabel dan akses WiFi gratis. Tersedia alat pembuat kopi / teh dan air mineral setiap hari. Sarapan juga gratis tentunya.

executive-room-santika

executive room

Bedanya Deluxe Room dan Executive room apa dong? Executive Room menampilkan desain Jawa kontemporer yang dikombinasikan dengan fasilitas modern yang mewah. Dekorasi dan perabotan yang elegan akan membuat tamu merasa nyaman. Setiap kamar tipe Executive Room dilengkapi dengan tempat tidur ukuran besar, meja kerja, dan ruang tamu yang terpisah untuk kenyamanan dan privasi.

Fasilitas

resto-santikaNamanya juga hotel bintang 4 ya, pastinya fasilitasnya juga lengkap, ada kolam renang yang cukup luas untuk main air maupun olahraga, Borobudur Ballroom yang cukup untuk mengakomodasi sampai dengan 1000 tamu, Kafe Delima Restaurant yang menyediakan prasmanan dengan menu lezat masakan Indonesia (terutama khas Jawa Tengah) dan masakan mancanegara.

Untuk resevasi Hotel Santika Premier Semarang, akan lebih mudah dan efektif jika langsung booking melalui website http://www.santika.com/

Hotel Santika Premiere Semarang
Jl. Pandanaran No. 116 – 120
Semarang 50134
Phone. (024) 8413115
reservation@semarangpremiere.santika.com

Hotel Lain dari Santika

amaris-simpang-lima

Selain Hotel Santika Premier Semarang, ada juga nih hotel lainnya dari grup Santika tapi dari jajaran Amaris, namanya Hotel Amaris Simpang Lima Semarang dan Hotel Amaris Pemuda. Kedua hotel ini lokasinya juga enak banget, kalo Hotel Amaris Simpang Lima berlokasi di Simpang Lima yang dekat dengan pusat keramaian kota Semarang, Hotel Amaris Pemuda terletak di Jl. Pemuda yang dekat dengan Tugu muda, obyek wisata Lawang Sewu dan Kampung Pelangi. Nah tinggal dipilih yang sesuai preferensi dan budget ๐Ÿ™‚

Amaris Hotel Simpang Lima Semarang
Jl. KH Ahmad Dahlan No. 33, Semarang 50241
(024) 8456633
semarang.simpanglima@amarishotel.com
http://www.santika.com/indonesia/semarang/amaris-hotel-simpang-lima-semarang

amaris-pemuda

Amaris Hotel Pemuda Semarang
Jl. Pemuda No. 138, Semarang
(024) 3588558
semarang.pemuda@amarishotel.com
http://www.santika.com/id/indonesia/semarang/amaris-hotel-pemuda

 

Advertisements

62 thoughts on “Liburan Imlek ke mana? Semarang Aja!

  1. Fanny f nila

    Aku kangen suasana yg beneran imlek bgt pas masih kuliah di penang. Krn keluarga tempat aku ngekos org china, aku slalu ikut ngerayain jadinya.. Tp baru tau kalo kata2 imlek itu ga dikenal di sana. Mereka tahunya chinese new year,ato gong xi fat choi . Krn pas aku sebut imlek, semua pada bingung :p

    Like

    Reply
  2. Matius Teguh Nugroho

    Wah ada yang kurang tuh kak: Vihara Avalokitesvara Watugong sama kuil-kuil di Gang Lombok, rasanya lebih cocok masuk daftar di atas ๐Ÿ™‚

    btw Imlek sendiri sebetulnya bukan momen paling meriahnya, kak. Momen meriahnya itu saat Cap Go Meh, yang di Singkawang sampai ada festival. Kalau Imlek cenderung sepi, yah.. paling cuma pada sembahyang di kuil sama silaturahmi di rumah kerabat.

    Liked by 1 person

    Reply
    1. Dita Post author

      huhuhu aku belom pernah ke kuil2 gang Lombok kak, yg Vihara-nya aku lupa masukin wkwkwk makasih ya ๐Ÿ˜

      hooo iya yg meriah itu cap go meh ya, sip2 makasih infonya ya

      Like

      Reply
  3. Devidhede

    waaaaa… aku aja orang Semarang belum pernah ke Mangrove x.x
    Kapan-kapan ke sana lagi dong kak, trs foto yang kakak posting tak aku bantu realisasiin. Ce-bu-rin. wkwkwk pis ^^v

    Like

    Reply
  4. rumilagi

    Dari dulu itu penasaran bgt sama kampung pelangi,dulu pas main ke Semarang,belum terdengar di telinga tentang kampung pelangi.
    Pas pulang temen berbisik.
    “Mampir ke kampung pelangi gak”
    Ih nyesel…gtw kalo di Semarang pny kampung keceh kaya begitu..

    Like

    Reply
  5. sutiknyo

    Wih patung laksmana Cheng Ho dah gede banget ya sekarang, dulu kesini masih kecil patungnya. Eh tapi kok saya agak terganggu dengan latah kampung warna-warni gini ya, gara2 satu berhasil semua ikut-ikutan, padahal gak ada studi apakah itu cocok apa tidak buat daerahnya..

    Like

    Reply
  6. Hans

    Kampung pelangi ini mirip ya kayak Jodiban di Malang.
    Eh tapi seumur2 saya belum pernah sih ke Semarang. Haha.
    Paling kalo ke Jawa Tengah hanya sebatas ke Solo aja ๐Ÿ˜…
    Cuma keren ya Semarang ini, apalagi kulinernya.
    Cuma manis2 gak sih? ๐Ÿ˜…

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      iyaaa kayak Jodipan gitu sihh, aku lebih parah sihh…orang Malang tapi belom pernah ke Jodipan x))))

      Lumayan seru kok Semarang, terutama kota tuanya ya. Kalo makanan emang rata-rata manis sih, jadi kudu pilih-pilih yg gak manis ๐Ÿ˜€

      Like

      Reply
  7. ciptadyanton.id

    Tahun kemarin, stay di Amaris Pemuda Semarang. Lumayan lah, tapi kalo pagi dan sore macet (dekat sekolahan dan balaikota). Tahun ini mudah2an bisa ke Semarang lagi…

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s