Selcuk, Turkish Pizza, dan Zayn Malik

turkish-pizza-selcuk

” next station: Selcuk “

Pengumuman dari pengeras suara membangunkan saya yang sedang terkantuk-kantuk di kursi kereta Izban yang membawa kami dari bandara Adnan Menderes, Izmir menuju Selcuk. Sambil mengucek-ucek mata, saya mengernyitkan dahi melihat pemandangan sekitar yang hanya berupa hamparan bukit dan gunung.

” hah mana kotanya? “

gunung-bulbul

pemandangan dari kereta

kereta-izban

interior kereta izban

Selcuk adalah pusat kota dari distrik Selcuk yang terletak di Provinsi Izmir. Kota yang berada di balik pegunugan ini berjarak hanya 2km dari situs kota kuno Ephesus yang merupakan destinasi wisata populer di Turki. Tidak seperti kota tujuan wisata yang sering saya datangi, Selcuk memliki ritme kota yang relatif tenang dan penduduknya yang sangat ramah. Meskipun kebanyakan dari mereka tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik, namun mereka tulus membantu dan ramah kepada para pendatang. Seperti ketika saya, mas bebeb dan Safitri dibantu seorang kakek menemukan jalan menuju penginapan dari stasiun Selcuk.

selcuk-pidecisi

Siang itu kami bertiga kelaparan akut, selepas menemukan penginapan dan meletakkan barang bawaan, kami langsung blingsatan mencari tempat untuk makan siang. Tidak terlihat gerai makanan cepat saji yang biasa kami andalkan di kondisi kelaparan dan di tengah kota yang masih asing seperti ini. Hanya ada beberapa kedai makanan yang menjual kebab, sandwich, dan makanan khas Turki lainnya. Sampai akhirnya kami menemukan sebuah kedai kecil bertuliskan ” Selcuk Pidecisi –Β Turkish Pizza ” yang terletak di seberang Selcuk Otogar (Selcuk Bus Station).

Agak ragu-ragu kami memasuki kedai tersebut. Beberapa meja dan kursi tersedia di dalam dan di luar kedai. Sang pemilik kedai merangkap koki yang memakai topi putih tersenyum ramah. Kami duduk dan memilih beberapa makanan dan minuman yang ada di dalam lembaran menu berbahasa Turki dan Inggris. Sambil menunggu pesanan pizza kami dibuat, kami diberi compliment berupa sepiring besar salad yang segar sebagai makanan pembuka.

salad-compliment

complimentary salad

Menu makanan yang ada di sini berupa Turkish Pizza, Pizza dan Kebab in the oven tile. Karena pengen nyobain makanan ala Turki tapi gak aneh-aneh, akhirnya kami memesan Turkish Pizza. Oiya semua makanan yang ada di sini baru dimasak di perapian setelah kita memesan, jadi fresh from the perapian #karepmuDit

meat-cheese-pizza

Turkish Pizza Meat & Cheese (10 TL)

sausage-cheese-pizza

Turkish Pizza Sausage & Cheese (10TL)

Bedanya Turkish Pizza (Pide) dengan Pizza selain bentuknya yang lebih lonjong, bahan-bahan yang digunakan juga beda. Turkish Pizza tidak menggunakan saus tomat, basil, dan keju mozarella seperti Pizza pada umumnya, namun menggunakan bahan-bahan khas Turki seperti daging kambing, dan keju yang terbuat dari susu kambing. Saya sebenernya agak anti daging kambing, tapi di sini aroma dan rasa kambingnya gak terlalu berasa, jadi rasanya tetap enak. Apalagi kalo ternyata yang nganterin pizza ke meja tampangnya kayak Zayn Malik gini, duhh apa aja kayaknya jadi enak :3 Berhubung gak berani nanya namanya, berikutnya mari kita panggil dia Zayn Malik aja.

pizza-zayn-malik

mz pesen senyumnya satu mz :3

selcuk-pidecisi

mushroom-cheese-pizza

kiri: Turkish Pizza Mushroom & cheese (8 TL) , atas: Turkish Pizza Egg & Cheese (8TL)

Setelah menyantap Turkish Pizza dengan beringas hingga tak bersisa, mas Zayn Malik mengantarkan sepiring pizza beraroma kacang ke meja kami. Karena gak merasa memesan dan takut salah, kami pasang tampang kebingungan sambil celingak celinguk ke dia. Ngeliat kitanya kebingungan, dia malah cuma senyum-senyum ditambah gerakan tangan mempersilahkan makan. Lahh kan ngegemezin yak :3 #eh Ternyata ini adalah complimentary dessert berupa adonan pizza dengan toping kacang yang unik dan enak banget. Setelah dessert juga hampir tandas, eh mas Zayn Malik dateng lagi. Kali ini sambil membawa 3 gelas cay atau teh Turki yang juga gratis. Ya ampun ini kami gak boleh pulang kali ya? *kekenyangan* *gak kuat berdiri* πŸ˜€ Pokoknya luar biasa banget lah pengalaman makan siang hari itu.

peanut-pizza

gatau apa namanya pokoknya dessert deh

cay-turki

cay dalam gelas kecil

zayn-malik-kwsuper

bikin hati tentram ya…… tulisan bismillah-nya πŸ˜›

Beneran gak nyesel deh iseng-iseng masuk ke kedai kecil ini, udah makanannya enak, harganya murah, banyak free-nya (mulai dari wifi, salad, dessert sampai cay), pemilik dan Zayn Malik-nya juga ramah banget. Makan segitu banyak sampe begah kalo dikurskan ke rupiah cuma sekitar 125 ribuan aja. Sayangnya mereka gak terlalu fasih berbicara bahasa Inggris. Kami sempat berdebat tiada ujung sama Zayn Malik gara-gara kami yakin dia kurang masukin satu air mineral ke tagihan, tapi dia dengan bahasa Inggris seadanya kekeuh bilangnya udah diitung. Padahah kan kami kasian aja kalo nanti gajinya dipotong gara-gara salah itung. Ya sudahlah, semoga semakin dilancarkan rejekinya ya mas Zayn. Selamat berpuasa :3

eh btw Zayn Malik udah putus kan sama Gigi Hadid? *lah malah ngegosip*

Advertisements

86 thoughts on “Selcuk, Turkish Pizza, dan Zayn Malik

  1. Ira

    mas masnya ganteng mbakkk πŸ˜„
    betah ya makan lama-lama kalau makanannya enak, pelayannya ramah plus ganteng kayak gini

    Like

    Reply
  2. denaldd

    Mungkin pemilik restorannya sudah bisa membaca Dit kalau tamunya kali itu makannya banyak, jadi dikasih bonus plus plus haha. Penampakan pizzanya yummy ya, jadi pengen, padahal aku ga sepiro seneng pizza turki. Kalo mereka ga fasih berbahasa Inggris, mungkin bisa dicoba bahasa Kalbu πŸ˜†πŸ˜†

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      iya kali yaaa…kasian liat mukanya kayaknya kelaperan dan nggeragas gitu x))))
      duhh bahasa kalbuuu, Titi Dije bangeeeeet #anaklama

      Like

      Reply
  3. Oline

    Aduuh Ditaa. Kamu jalan2 mulu siik. Aku iriii πŸ˜€
    Dan itu ganteng amat yak? Makin sedep deh makan pizza liat yang gituan πŸ™‚
    Eh kalo mereka gak fasih bahasa inggris, trus komunikasinya pakai apa dong?

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      iya mba Oline, guanteeeeng…pokoknya kalo ke Turki bikin makin relijius deh…dzikir terus x))))
      bhs inggris-bhs turki-bhs isyarat-bhs kalbu, kadang dia kekeuh ngoceh bahasa turki, trus kita-nya iya2 aja padahal ga ngerti hahaha

      Like

      Reply
  4. Halim Santoso

    Trus berapa nomer handphone Zayn Malik-nya, kak Dit? Atau akun IG-nya? #lahhh hahahaha. Untung yah malah dimurahin ama mas Zayn Malik, nggak di-charged ongkos senyum manisnya πŸ˜›

    Like

    Reply
  5. Yudi

    jadi pertanyaan seakrang adalah.. apakah si mas2 nya nggak ngerasa ada yang aneh gitu kak? ketika dia menghidangkan pizza dengan potongan mereng2 gitu..ada bau-bau rada asem karena belum mandi? πŸ˜€

    #digaplokSabun

    Like

    Reply
  6. omnduut

    Huaa ini dia foto yang menghebohkan setemlen itu hahahaha. Kalo cewek2 meleleh lihat senyumnya, aku meleleh lihat pizzanya. Astagfirullah Yan, magrib masih lama πŸ˜€

    Like

    Reply
  7. Fahmi Anhar

    YAK! jam 2 siang, puasa, dan buka postingan turkish pizza di kota Selcuk ini, pancen CUK! hahaha

    *malah ngumpat* | *istighfar*

    Aku pernah lihat youtube nya Rick Steves makan turkish pizza ini, bikin air liur membanjir saja.

    Like

    Reply
  8. Meidi

    itu saladnya ga ada dressingnya? kemarin pas di Turki udah pas dingin ga dit? katanya kalo lagi musim dingin banyak yg jual minuman anget namanya Salep, kmrn nyobain yg sachet dibeliin temen yg baru balik dari sana

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      dressing-nya cuma disediain lemon sama olive oil sebotol….ala Turki banget pokoknya. Pas ke sana justru lagi panas nih…aku gosong huhuhu T_T

      oiya kayak apa rasanya salep?

      Like

      Reply
    1. Dita Post author

      iyaaaaa, ini aja aku masih berasa kurang rasanya….dulu pertama ke Turki juga cuma ke Istanbul. Trus kmren menghindari Istanbul karena agak takut bom huhuhu 😦

      Like

      Reply
  9. Adiitoo

    Pelayan kayak begitu dibawa ke Indonesia bisa jadi artis FTV. Disetting pacaran sama artis yang followers Instagramnya banyak. Terkenal, main film, ceweknya diputusin, dia balik deh ke negara asal dengan membawa uang segepok

    Like

    Reply
  10. Matius Teguh Nugroho

    Bahahahaha. (((ZAYN MALIK)))
    Harusnya tanya aja namanya, tapi takut sama mas bebeb ya? πŸ˜€

    Mungkin mereka lagi membangun kepercayaan turis lagi setelah kasus bom, jadi banyak complimentary. Atau mungkin warungnya sepi dan mereka suka masak, hehe.

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      hahaha gak siihhh, itu yang poto bareng2 malah mas bebeb yang motoin kok πŸ˜€
      tapi kalo baca di review2 yang ada di tripadvisor memang mereka kasih banyak compliment kok, makanya rate-nya bagus di trip advisor

      Liked by 1 person

      Reply
  11. Pingback: Tour Cappadocia – Lost in Translation | Males Mandi

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s