Montjuic : Menikmati Barcelona dari Ketinggian

montjuic-barcelona

“Semangat, sebentar lagi sampai puncak”

Sambil mengatur nafas yang terengah-engah, saya menyemangati diri mendaki puncak bukit yang tingginya sekitar 200 meter itu. Bukit Montjuic atau yang lebih dikenal dengan Jewish Mountain adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan kota Barcelona dari ketinggian. Disebut Jewish Mountain karena Konon daerah ini dulu dihuni oleh komunitas Yahudi, tetapi karena terjadi peperangan akhirnya komunitas tersebut mengungsi. Bukit Montjuic juga dikenal sebagai tempat terjadinya pembataian massal dalam sejarah jaman kegelapan Spanyol.

teleferic-de-montjuic

Sebenarnya untuk menuju puncak bukit Montjuic bisa menggunakan funicular yang berada di metro station Paralel. Tapi karena kami ke sini naik bus bukan naik metro, jadinya agak PR kalo harus jalan lagi nyari-nyari metro station. Maka kami memutuskan untuk berjalan kaki saja ke puncak. Sampai akhirnya di tengah-tengah perjalanan kami agak menyesali keputusan itu karena jaurnya nanjak banget cyin! *elus-elus dengkul* *sesak nafas*. Untungnya sih waktu itu udaranya sejuk, jadi gak bikin berkeringat. Tapi yang paling bikin sebel adalah ketika kami sedang beristirahat sebentar di bawah pohon sebelum melanjutkan perjalanan, sepasang bule paruh baya lengkap dengan tas ransel melewati kami sambil tersenyum dan melanjutkan mendaki dengan penuh semangat. Harga diri pun seketika berceceran 😦

teleferic-de-montjuic

Di puncak bukit Montjuic ini terdapat taman-taman terbuka, areal bekas olimpiade, musem seni dan air mancur buatan yang terkenal. Pengunjung yang datang biasanya sekalian piknik dan bersantai-santai di taman. Selain itu terdapat juga kastil “Castell de Montjuic” yang bisa dicapai dengan menggunakan kereta gantung selama kurang lebih 15 menit dengan membayar return tiket seharga 12 Eur. Sambil naik kereta gantung, kita bisa menikmati panorama kota Barcelona. Tapi bagi yang takut ketinggian, perjalanan selama 15 menit naik kereta gantung ini pasti terasa sangat menyiksa 😛 *puk-puk mas bebeb*

castell-de-montjuic

castell-de-montjuic

castell-de-montjuic

castell-de-montjuic

Castell de Montjuic dulunya adalah benteng militer yang dibangun di abad ke 16. Di bagian depan terdapat taman hijau dan bunga berwarna merah, putih dan biru yang cantik. Di sudut-sudut kastil juga terdapat bekas-bekas senjata militer sejenis meriam yang menarik untuk dijadikan obyek foto. Sayangnya di sini tidak ada manusia-manusia batu seperti yang ada di kota tua *laahh?!*. Kastil ini ukurannya tidak terlalu besar, jadi tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk berkeliling. Jika menemukan penjual souvenir seperti magnet kulkas, gantungan kunci, dll di sini, mendingan beli aja karena harganya jauh lebih murah dibanding yang dijual di pusat kota.

castell-de-montjuic

castell-de-montjuic

montjuic-barcelonaSupaya bisa melihat seluruh sudut Kota Barcelona, kita bisa naik sampai ke bagian atas kastil. Dari atas kastil, kita bisa melihat dengan jelas pelabuhan yang letaknya tidak terlalu jauh dari bukit, dengan banyaknya kontainer, tanki-tanki dan kapal-kapal yang sedang merapat.

montjuic-barcelona

Selain sebagai tempat wisata yang menarik, bukit Montjuic tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Jika seandainya suatu saat terjadi bencana alam gempa dan tsunami, bukit Montjuic bisa menjadi lokasi evakuasi dan menyelamatkan diri.

montjuic-barcelona

montjuic-barcelona

adek lelah mz

Montjuic terletak di daerah Sants, sebelah tenggara pusat kota Barcelona. Untuk menuju tempat ini dapat menggunakan metro L2 (purple line) dari Passeig de Gracia menuju Paralel. Atau bisa juga seperti kami dengan menggunakan bus no. 20, bus no.9 atau bus no. 50.

Advertisements

126 thoughts on “Montjuic : Menikmati Barcelona dari Ketinggian

  1. riyanika

    Waaah, kereeeeen banget Mbak ^^
    Blognya juga langsung bikin jatuh cinta pada pandangan pertama.. Bisa sering2 kepo ke sini sekalian belajar lebih banyak lagi ^^
    Salam kenal, Mbak..

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s