Honeymoon Trip: Jalan-jalan ke Hutan

bukit-bangkirai-balikpapan

Jangan protes dulu ya baca judulnya πŸ˜€ Ya meskipun sebenernya memang udah gak bisa lagi dibilang honeymoon karena nikahnya udah dari kapan tau, tapi gakpapa lah ya biar lebih romantis aja gitu judulnya. Jalan-jalan kali ini termasuk dadakan dan tanpa rencana karena tujuan sesungguhnya adalah nganterin mas bebeb kerja, daripada cuma nganterin doank kan mendingan sekalian jalan-jalan juga karena meskipun bukan pertama kalinya ke Balikpapan, selama ini kalo ke sini paling mentok cuma wisata kuliner aja, belum sempat explore ke tempat wisatanya.

Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika sedang di Balikpapan adalah Kawasan Bukit Bangkirai, yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jarak dari pusat kota Balikpapan sekitar 60 km dengan waktu tempuh perjalanan darat 1,5 sampai 2 jam. Bukit Bangkirai adalah obyek wisata dengan suasana hutan hujan tropis dengan total luas 1.500 hektar. Pohon-pohon yang ada di sini kebanyakan adalah pohon Bangkirai yang memiliki ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter dan berdiameter 2,3 meter dan sudah hidup lebih dari 150 tahun. Itulah alasan kenapa hutan ini dinamakan dengan Bukit Bangkirai.

manjat tangga dulu

Daya tarik utama dari Bukit Bangkirai adalah Canopy Bridge alias jembatan gantung. Berdasarkan informasi yang saya baca,Β Jembatan ini adalah jembatan gantung pertama yang ada diΒ Indonesia. Dibangun pada Januari 1998 dan selesai pada Februari 1998, konstruksi jembatan ini (selain kayu) dibuat di Amerika Serikat. Jembatan ini digantung di atas dengan menghubungkan 5 Pohon Bangkirai berketinggian 30 – 40 meter.

berani nyebrang?

ngeri jatoh mz?

Untuk bisa berada di atas canopy bridge terlebih dahulu kita harus mendaki tumpukan anak tangga yang cukup melelahkan. Tapi percayalah segala kelelahan itu terbayar begitu kita sampai di atas karena pemandangan hutan hujan tropis dari atas canopy bridge ini bener-bener menyejukkan. Lebih sejuk lagi karena biaya tiket masuk ke kawasan Bukit Bangkirai ini cukup terjangkau, hanya Rp 6.000 per orang dan Rp 5.000 untuk parkir mobil. Kemudian untuk naik ke Canopy Bridge cukup membayar Rp 25.000 per orang. Sejuk di mata, juga sejuk di kantong tentunya πŸ™‚

Selama berada di atas canopy bridge, pengunjung wajib mematuhi peraturan yang ada. Untuk melewati jembatan harus bergantian satu per satu. Dilarang loncat-loncatan atau melakukan hal-hal berbahaya lain saat melewati jembatan. Karena harap diingat bahwa jembatan ini umurnya sudah mencapai hampir 20 tahun. Kasihan kan selama 20 tahun digantungin tanpa kejelasan 😦

adopsi-pohon

Selain jalan-jalan di hutan dan menyebrangi jembatan gantung, di sini kita juga bisa aktif berperan serta menjaga kelestarian hutan. Caranya adalah dengan mengadopsi pohon. Dengan membayar biaya adopsi sekitar Rp 2 juta kita bisa menjadi orang tua asuh pohon selama 1 tahun. Jika ingin meneruskan adopsi untuk tahun berikutnya, cukup membayar Rp 1,5 juta. Biaya adopsi ini tentunya digunakan untuk perawatan pohon. Menarik sekali ya?

traveloka-honeymoon-packages

Pengen jalan-jalan ke Balikpapan dengan harga yang ekonomis? sekarang traveloka punyaΒ  Paket Traveloka Bulan Madu yang memberikan penawaran terhemat untuk pemesanan paket flight dan hotel sekaligus. Sesuai tagline “Better together”, pemesanan paket ini dijamin lebih murah dibandingkan pesan flight dan hotel secara terpisah. Selain itu tentunya kita akan lebih menghemat waktu daripada pesan secara terpisah.

result-honeymoon-packages

result-package-alternative

Ada banyak pilihan packages yang bisa dipilih sesuai budget dan keinginan kita. Semua paket ini sifatnya ini flexible karena ada pilihan change flight dan change room kalau dirasa waktu terbang dan jenis kamarnya kurang cocok.

change-flight

change-room

Enaknya transaksi di traveloka adalah mudah dan banyaknya pilihan metode pembayaran. Bisa pakai kartu kredit, langsung bayar di atm, bayar melalui transfer, melalui internet banking, dan juga bisa bayar langsung di convenience store. Semuanya aman dan mudah, jadi gak ragu-ragu lagi buat beli.

liburan-di-balikpapan

Tonton videonya juga biar bisa ikut merasakan sensasi menyebrangi Canopy Bridge di Bukit Bangkirai. Dan jangan lupa subscribe ya!

Bukit Bangkirai

Karya Merdeka, Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Advertisements

56 thoughts on “Honeymoon Trip: Jalan-jalan ke Hutan

  1. nengsyera

    Aq suka pake traveloka sayangnya dia ga bs klik BCA langsung kya tokopedia hiks. Teteuuup kudu transfer manual pake klik yg mana mesti masukin nominal dulu. Teruus klo udh diatas jam 9 mlm ga bs byr transfer krn tutup warung πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ *curcol traveloka.

    Btw, ahhh enaknya yg hanimuuun…akuh jadi iri deh

    Like

    Reply
      1. Yudi

        Ya maklumlah kak.. aku kan nggak update. Apalagi dikau jarang mandi kan? ( Lha hubungannya apa toh)
        Lima belas itu kan hanya soal angka. Tapi soal rasa.. hmmmm

        Like

  2. zilko

    Menyebrangi jembatan gantungnya kayaknya memang seru ya! Seger gitu pula pemandangannya.

    Anyway, masa sih jembatan gantung pertama tetapi dibangunnya baru di tahun 1998? Hmmm…

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s