Traveling Semakin Mudah dengan Jenius

jewel-changi

Salah satu keputusan yang tidak pernah saya sesali adalah ketika 3 tahun lalu diajakin kak Chika buat ikutan project launching Jenius BTPN. Meskipun waktu itu masih belum paham Jenius itu apaan, tapi karena duitnya lumayan jadi yaudah ambil aja deh wkwkwk *disambit kak Chika*. Sekarang setelah 3 tahun pakai Jenius dan fiturnya makin banyak jadi merasa bersyukur udah jadi pengguna Jenius sejak angkatan pertama, karena sudah lebih dulu merasakan kemudahan dari berbagai fitur yang ada di Jenius.

jaipur-india

Dulu waktu pertama kali nulis tentang Jenius, masih banyak banget orang yang bertanya-tanya, sebenernya Jenius itu apa? keunggulannya apa kalo dibandingkan e-banking yang lain? udah gitu waktu itu Jenius baru ada booth-nya di sekitaran Jakarta aja. Netizen +62 belum yakin sama si Jenius ini. Wajar sih, saya juga dulu awal-awal masih ragu buat pake, karena ngerasa udah cukup dengan punya tabungan yang lain. Tapi setelah sekali nyoba dan mempelajari lagi fitur-fiturnya trus jadi sayang sama Jenius ini sampai sekarang.

Dipaksa Nabung

dream-saver-jenius

Fitur terfavorit dari Jenius kalo buat saya adalah Dream Saver. Dengan dream saver kita kayak dipaksa nabung kalo memang punya mimpi yang mau diwujudkan. Dengan dream saver kita bisa atur dan sesuaikan tabungan dengan kemampuan kita. Misalnya pengen punya dream saver senilai Rp10.000.000,00 tapi sehari cuma bisa nabung Rp10.000,00 nanti langsung ketahuan kapan bisa tercapainya, dan dapet bunga juga 5%.

Bisa Tap Langsung di MRT dan Visa Paywave di Luar Negeri

kartu-jenius

tinggal tap di MRT

MRT-singapore

Yang lumayan bikin heboh belakangan ini adalah, kartu debit Jenius bisa langsung dipakai untuk tap di MRT Singapore. Jadi kalo lagi liburan ke Singapore gak perlu repot-repot beli tiket satuan ataupun isi ulang kartu EZ-Link, tinggal tap aja kartu debit Jenius, tapi yang penting harus ada saldonya ya. Gak cuma di Singapore, beberapa pengguna Jenius juga ada yang pernah pakai untuk tap di The Underground London, MRT Moscow, dan beberapa Subway di New York. Sayangnya saya belum nyoba nih, mudah-mudahan sebentar lagi.

notifikasi-jenius

Selain tap di MRT, kartu debit Jenius juga bisa digunakan untuk pembayaran yang mendukung sistem Visa paywave. Di Singapore hampir semua merchant mendukung sistem pembayaran ini. Tinggal tap aja ga perlu masuk-masukin PIN atau tanda tangan udah kelar. Setelah transaksi juga langsung ada notifikasi kita abis transaksi di mana dan berapa banyak. Wah serem dong kalo gak perlu PIN? Iya sih, kalo gak bisa diatur. Tapi di aplikasi Jenius semua bisa diatur kok, mulai dari pengaturan maksimal nilai transaksi, bahkan blokir kartu sementara, semua dilakukan melalui aplikasi aja, gak perlu telepon atau datang ke bank. Dan selama ini saya gak pernah nemu ada kartu yang bisa diblokir sementara, rata-rata kalo blokir pasti blokir permanen dan harus minta kartu baru. Sementara kadang kartu kan belum tentu beneran hilang, bisa aja ketinggalan atau nyelip di mana gitu. Kalo udah ketemu tinggal dibatalin blokiran-nya lewat aplikasi. Dengan adanya Jenius ini sekarang udah jarang pake kartu kredit, karena Jenius juga bisa menggantikan fungsi kartu kredit baik untuk transaksi online maupun offline.

Bebas Biaya Admin

jenius-xcard

bisa punya 3 kartu debit tanpa biaya admin bulanan

Rasanya cuma Jenius yang dalam 1 rekening kita bisa punya lebih dari 1 kartu debit. Total dalam 1 rekening Jenius, saya punya 4 kartu debit, ditambah e-card yang bisa menggantikan fungsi kartu kredit untuk transaksi online. Btw kartu 4 biji itu buat apaan aja emang? 1 kartu GPN warna biru buat belanja sehari-hari, 1 kartu visa hijau khusus buat traveling, 1 kartu visa warna ungu buat mas bebeb, dan 1 kartu utama yang warna oranye. Semua kartu ini bebas biaya admin bulanan, mintanya juga gratis. Selain itu kita juga bebas biaya transfer ke semua bank, termasuk isi e-wallet (OVO, Gopay, LinkAja, Dana, Mtix) sebanyak 25 kali per bulan. Menurut aku sih 25 kali itu udah cukup banget. Juga bebas biaya tarik tunai di ATM mana aja di dalam negeri.

Jual Beli Mata Uang Asing, Gak Perlu ke Bank/Money Changer

nakameguro-japan

Saat ini Jenius punya fitur terbaru yaitu jual beli mata uang asing. Sementara ini hanya tersedia untuk USD, SGD, dan JPY aja semoga ke depannya jadi makin banyak. Dengan fitur ini, kita jadi gak perlu repot ke bank atau money changer kalo mau jual beli mata uang asing. Untuk saat ini, transaksi jual dan beli mata uang asing hanya bisa dilakukan selama hari kerja (Senin-Jumat) pada pukul 08.00 – 16.00 WIB, selain hari libur nasional.

kurs-SGD-jenius

Saya udah nyoba beli SGD lewat aplikasi Jenius dan dipakai untuk pembayaran Visa Paywave waktu traveling ke sana. Surprisingly nilai kurs-nya lebih bersahabat lho dibandingkan bank yang lain, jadi makin cinta sama Jenius ini.

Aman Gak Sih?

The-Top-komtar

Emangnya ada yang 100% aman di dunia ini? Mau nyimpen duit brankas, di bawah bantal, di rekening atau dimanapun pasti ada risikonya. Kemarin pada nanya ke saya waktu ada kasus pembobolan rekening Wisnu Kumoro salah satu nasabah Jenius yang sampe viral, trus gimana nih? gak aman dong sistemnya? rekening-jenius

Kalo disimak videonya bagus banget lho, gak menyudutkan siapapun dan memang kasus kayak gitu bisa terjadi pada siapa saja. Padahal dia selama ini juga sudah menggunakan hp-nya secara aman, gak pake VPN gratisan yang membahayakan, juga gak menginstall aplikasi yang tidak terpercaya. Bagaimanapun saya tetap percaya kok sama Jenius dan tentunya diimbangi dengan kehati-hatian juga waspada. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memproteksi akun Jenius kita adalah :

  • Pastikan mengakses Jenius di tempat yang aman, jangan sampai ada yang ngintip pas masukin PIN atau password
  • Jangan menggunakan wifi publik saat mengakses Jenius
  • Ubah PIN dan password secara berkala
  • Aktifkan notifikasi transaksi di aplikasi Jenius
  • Gunakan two step verification pada pengaturan untuk keamanan ganda
  • Jangan simpan semua uang di saldo aktif, kalo saldonya banyak simpan di flexy saver aja gakpapa repot dikit tiap hari mindah-mindahin saldo daripada kalo ada apa-apa ntar nyesel

Jadi ada yang udah pake Jenius juga? atau masih ragu-ragu buat nyoba? atau masih punya pertanyaan-pertanyaan terkait Jenius? boleh kok ramein kolom komentarnya.

 

24 thoughts on “Traveling Semakin Mudah dengan Jenius

  1. nyapurnama

    aku kebantu banget sama Jenius kalau beli barang dari luar, karena nggak punya CC, terus kan debit jadi nggak berasa punya utang hahaha.
    eh terus baca ceritanya orang2 kayak Mbak Dita gini pake jenius pas traveling katanya super enak.. Canggih ya ternyata T_T

    Like

    Reply
  2. ina

    Halo mba dita…. thanks tulisan nya….
    iyaaaa aku juga udh pake jenius. wkt ke bangkok bayar2 pake jenius mudah banget sama aja kaya kita belanja di indo. hahahahha dan kurs nya lebih ramah dibanding tuker ke money changer. 🙈
    tapi belom nyobain ni ambil uang di atm nya pas di LN . sdh pernah kah mba?

    Like

    Reply
  3. jenny

    mau tanya untuk pemakaian di mrt dan bus di singapur itu harus di tap 2x (naik dan turun)
    seperti pemaian ez-link kah jenius ini?

    Like

    Reply
  4. Joko Wibowo

    Sis mau tanya, klo mau pakai Jenius ke Singapore lebih enak udh beli $sin via App atau pakai rupiah aja nabungnya biar pas gesek lsg dikonversi?

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      enakan udah beli $sin pas harganya lagi turun kak hehehe, tapi meskipun pake rupiah pun aku bandingin sama kartu bank lain rate-nya masih lebih ok pake Jenius sih

      Like

      Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)