Libur Akhir Pekan ke Kamboja

sunrise-angkor-wat

Akhirnya postingan pertama tahun 2018!! *tebar-tebar confetti*. Berhubung memang selama ini gak pernah bikin postingan kilas balik atau rangkuman traveling tahun sebelumnya, yasudah mari kita lanjutkan saja tradisi kemalasan tersebut #lha 😀

Mungkin kalian berpikir, gile sombong amat libur akhir pekan aja ke Kamboja? Aku mah libur akhir pekan ke Puncak atau ke Bandung. Sungguh bukan maksud hamba mau songong, tapi ya gimana donk karena gak boleh cuti lama dan pengen tetep ke Kamboja, akhirnya berangkatlah saya bersama satu orang teman kantor yang senasib gak bisa cuti untuk traveling bersama. Maka bagi kalian yang juga fakir cuti seperti saya, ketahuilah bahwa libur akhir pekan ke Kamboja itu sangat mungkin untuk dilakukan, apalagi kalo ditambah bolos satu hari 😀 *dijitak bos*

Phnom Penh dan Siem Reap

phnom-penh-royal-palace

Phnom Penh Royal Palace

Karena cuma punya waktu singkat, tujuan ke Kamboja adalah tempat-tempat wisata populer di  Phnom Penh dan Siem Reap. Berangkat lewat Phnom Penh dan pulang lewat Siem Reap supaya menghemat waktu perjalanan. Kami sampai di Bandara Phnom Penh hari Sabtu pukul 9 Pagi dan langsung menuju Phnom Penh Royal Palace.

national-museum-cambodia

national museum of Cambodia

tuol-sleng-phnom-penh

Tuol Sleng

Selepas dari Royal Palace, kami berkunjung ke Tuol Sleng Genocide Museum yang cukup bikin hati tercabik-cabik. Sedih banget liat barak-barak penyiksaan dan foto-foto korban penyiksaan. Akhirnya rencana ke Killing Field pun kami batalkan karena gak yakin kuat ngeliat sisa-sisa penderitaan serupa. Kami memilih berkunjung ke Wat Phnom, pagoda yang berada di atas ketinggian 27 meter. Kemudian lanjut ke pagoda lain yaitu Wat Ounalom yang berlokasi di dekat National Museum of Cambodia. 

wat-phnom

Wat Phnom

wat-ounalum

Wat Ounalom

Karena hari masih panas sementara kami sudah agak lelah *jompo* akhirnya kami memilih untuk ngadem di AEON Mall sekalian liat-liat tumbler Starbucks edisi Kamboja *liat doank, beli kagak*. Abang tuk-tuk sampe geleng-geleng, dasar anak Jakarta ya sukanya maen ke mall 😛 Setelah puas ngadem dan cuaca dirasa sudah mulai bersahabat kami menutup rangkaian jalan-jalan di Phnom Penh dengan menghabiskan sore menyusuri sungai Mekong di atas kapal Sunset Cruise yang romantis.

mekong-river-cruise

sunset cruise

sunset-mekong

pemandangan dari kapal

phnom-penh-night-market

Kami tidak bermalam di Phnom Penh karena akan langsung naik bus malam menuju Siem Reap. Sebelum naik bus kami sempat juga liat-liat ke Phnom Penh Night Market yang isinya kuliner dan souvenis khas.

angkor-wat-morning

sunrise di Angkor Wat

Kami sampai di Siem Reap hari Minggu jam 5 pagi dan bergegas menuju loket pembelian tiket ke Angkor Wat dan langsung menuju Angkor Wat untuk mengejar sunrise. Alhamdulillah meskipun agak telat dikit tapi masih kebagian pemandangan angkor wat dengan latar belakang matahari terbit malu-malu kayak gadis mau dilamar.

monks-in-angkor

angkor and the monks

angkor-wat-picture

Sudah puas berburu sunrise, kami masuk ke kawasan angkor wat untuk explore sekeliling bahkan sampai ngantri naik ke Bakan tower, yaitu puncak candi angkor yang paling tinggi. Karena kalo pagi antriannya belum terlalu panjang, dan cuaca juga belum terlalu panas.

bakan-angkor-wat

Bakan

angkor-thomb

Angkor Thomb

bayon-angkor

Bayon

Setelah puas explore angkor, kami jalan-jalan dengan tuk-tuk keliling kompleks candi yang ada seperti angkor thom, Bayon yang memiliki relief ratusan wajah Buddha, dan Ta Phrom yang terkenal karena film Lara Croft – Tomb Raider. Sebenernya masih banyak banget sih candi-candi yang ada di kawasan ini, saking banyaknya sampai bikin bingung dan mabok candi. Emang sih kalo niat mau nelusuri satu per satu candinya, harus stay paling gak 2-3 hari di Siem Reap.

siem-reap-cambodia

gak mandi 2 hari sudah byasa

ta-phrom

Ta Phrom

ta-phrom-relief

relief dinosaurus di Ta Phrom

Jam sudah menunjukkan pukul 2 siang ketika kami akhirnya merasa lelah, kelaparan dan minta diantar ke KFC kemudian ke hostel untuk istirahat dan bersih-bersih sebentar (kubelum mandi 2 hari paaaak ~). Sorenya kami akan dijemput lagi untuk melihat sunset dari puncak Phnom Bakeng.

sunset-phnom-bakheng

sunset di Phnom Bakheng

siem-reap-old-market

siem reap old market

pub-street-siem-reap

Pulang dari berburu sunset yang melelahkan karena kudu naik bukit di Phnom Bakeng, kami jalan-jalan ke old market dan pub street. Yang suka nyoba makanan anti mainstream bisa nyobain sate serangga yang banyak dijual di sini. Kalo saya sih cari aman cukup makan banana pancake sama beli fruit smoothies aja deh 😀

angkor-museum

angkor national museum

Hari kedua di Siem Reap kami tepar dan cuma sempat berkunjung ke Angkor National Museum, sebelum menuju bandara untuk kembali ke kehidupan nyata. Museumnya bagus banget meskipun dari luar keliatannya biasa aja dan gak terlalu luas. Penataan cahaya, pembagian ruangan, dekorasinya, dan informasi-informasi yang ada bikin betah baca dan penasaran. Jadi agak nyesel ke sini jamnya terlalu mepet, karena dikira gak banyak yang bisa dilihat.

Penginapan di Kamboja

lubd-siem-reap

Waktu browsing-browsing penginapan sebelum berangkat saya sempat bingung mau memutuskan nginep di hostel mana. Soalnya kalo liat foto-fotonya rata-rata penginapan di Siem Reap itu bagus-bagus dan murah. Akhirnya diputuskan menginap di Lub’d Hostel Siem Reap yang ternyata memang beneran cakep hostelnya, dan harganya cuma 7 USD per malam untuk jenis dormitory room. Padahal kamarnya bersih dan luas banget, kamar mandinya juga super bersih dan lengkap fasilitasnya ada kolam renang, movie lounge, kafe, dan game area. Lokasinya juga strategis, deket banget sama Old Market dan Pub Street.

Makanan Halal di Kamboja

fish-amok-cambodia

Di Kamboja cari makanan halal sebenernya gak terlalu susah kok, KFC aja sudah berlogo halal. Tapi restoran halal yang paling banyak direkomendasikan di Phnom Penh adalah warung Bali yang pemiliknya orang Indonesia asli yaitu pak Firdaus dan pak Kasmin. Selain halal, warung Bali ini harganya cukup terjangkau dan lokasinya strategis cuma lima langkah dari National Museum of Cambodia. Udah gitu pak Firdaus dan pak Kasmin ini super baik, suka ngasih diskon, bahkan kita boleh titip tas, numpang sholat dan numpang mandi di restoran-nya.

fried-squid

Masakannya juga nikmat banget, mungkin karena sama-sama orang Indonesia ya jadi cocok-cocok aja di lidah. Menu makanan yang wajib dicoba di sini adalah Fish Amok dan Fried Calamary Squid atau sejenis cumi cabe garam gitu tapi saya lupa nama Khmer-nya, enak banget pokoknya. Nah sayangnya di Siem Reap gak ada yang sejenis warung Bali gini, ada sih tempat makan halal tapi saya kurang cocok sama rasa makanannya. Akhirnya selama di Siem Reap kami cuma makan di KFC dan jajan-jajan di Pub Street.

ueda-coffee-cambodia

Oiya di Kamboja ini rasa kopinya enak banget, mirip-mirip kopi Vietnam gitu (namanya juga tetanggaan yeh). Karena cuaca Phnom Penh dan Siem Reap yang panas banget kayak abis ngeliat IG story-nya Raisa-Hamish, tiap siang kami jajan es kopi di pinggir jalan. Rasanya nikmat banget minum es kopi di tengah cuaca panas, pusing dan ngantuk hilang seketika. Gak heran pulang-pulang di Indonesia langsung sakit tenggorokan gara-gara kebanyakan es kopi.

Transportasi di Kamboja

tuk-tuk-angkor

naik tuk-tuk

Karena gak mau ribet, selama di Phnom Penh dan Siem Reap kami seharian sewa tuk-tuk buat jalan-jalan keliling kota. Di Phnom Penh kami nyegat *ahelah nyegat* tuk-tuk yang ada di dalem bandara trus kami sewa untuk keliling seharian. Kalo tarif tuk-tuk di dalem bandara Phnom Penh dirasa mahal, jalan dikit aja ke luar bandara, di situ juga banyak kok abang-abang tuk-tuk yang mangkal. Pokoknya keahlian tawar menawar sangat dibutuhkan di sini.

Kalo yang di Siem Reap, Tuk-tuk sudah kami pesan lewat whatsapp sebelum berangkat ke Kamboja. Karena kami bakalan sampai di Siem Reap subuh dan langsung ngejar sunrise di Angkor Wat, incess lelah kalo kudu nawar-nawar lagi ah! *lempar duit segepok*. Alhamdulillah dapet abang tuk-tuk semuanya baik, yang di Phnom Penh meskipun gak bisa bahasa Inggris ataupun melayu tapi komunikasi tetap berjalan baik. Abang tuk-tuk yang di Siem Reap bisa bahasa Melayu jadi komunikasinya gampang banget.

giant-ibis-bus

sleeper bus

Yang paling seru dari pengalaman traveling ke Kamboja adalah naik sleeper bus dari Phnom Penh ke Siem Reap. Kami naik Bus Giant Ibis dengan tarif 15 USD dan lama perjalanan kurang lebih 6 jam. Interior bus menjadi susunan tempat tidur yang cukup nyaman bagi ukuran tubuh orang Asia. Tempat tidurnya juga dilengkapi bantal, selimut, colokan, dan wifi. Tiket bus bisa dibeli online lewat website, dan bisa pilih mau yang upper bed atau lower bed. Enak juga ternyata tidur di bus kayak gini, bisa istirahat nyaman, hemat waktu dan hemat biaya penginapan. Sampai di tempat tujuan bisa langsung beraktivitas, yah meskipun bau-bau dikit karena belom mandi dari kemaren 😛 *semprot pewangi di sekujur tubuh*.

Tips Liburan ke Kamboja

  1. Jaga selalu barang bawaan, terutama saat berada di dalam tuk-tuk yang sedang berjalan. Jangan sembarangan main HP dan foto-foto, karena sudah banyak kejadian traveler dijambret Hpnya saat di dalam tuk-tuk.
  2. Mata uang Kamboja ada 2 yaitu USD dan mata uang lokal yaitu Khmer Riel (KR). Jadi semua harga ada versi harga USD dan KR. Sebagai Infomasi 1 USD = 4.000 KR. Paling males kalo bayar pake USD tapi dikasih kembalian pake KR. Pokoknya kalo punya uang KR sebisa mungkin diabisin dulu daripada nyisa trus gak bisa dipake lagi.
  3. Sebaiknya pesan tuk-tuk sebelum sampai Kamboja melalui whatsapp dan sudah ada kesepakatan harga, daripada repot nawar dan celingak celinguk sampai sana kan? Untuk tuk-tuk di Siem Reap saya rekomendasikan tuk-tuknya Mr. Shafie (WA: +85581918918).
  4. Siapkan fisik yang kuat karena bakalan jalan kaki jauh explore kawasan Angkor, naik turun tangga, dan naik bukit kalo niat liat sunset di Phnom Bakeng.
  5. Kalo memang mau ngejar sunrise di Angkor Wat, dari Phnom Penh sebaiknya naik bus yang jam 10 malam biar gak buru-buru, dan kudu booking online agak jauh-jauh hari karena kemarin sebenernya kami mau naik yang jam 10 tapi udah penuh
  6. Ada yang mau nambahin lagi gak? tulis di kolom komentar ya!

Itinerary bisa diunduh di sini 🙂

144 thoughts on “Libur Akhir Pekan ke Kamboja

  1. Pingback: 5 Destinasi Wisata di Kamboja yang Wajib di Kunjungi - Saran Liburan

  2. Septiani

    Mba boleh tau biaya totalnya brp semuanya ke Kamboja? Soal komunikasi gimana ya? Pakai bahasa apa? Pengen ke Kamboja tapi belom familiar, dan open trip/travel gt blm banyak yg nyediain ke Kamboja. Thanks ya mba 🙂

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      Abisnya sekitar 1,5 juta tanpa tiket pesawat ya, kalo komunikasi bisa pakai bahasa Inggris atau Melayu kayak di Thailand gitu lah. Kalo ada temen mending pergi sendiri sih

      Like

      Reply
      1. Dom

        Saya mau ke kamboja dengan Citylink Insya Allah tgl 13 – 15 Januari 2020 (Senin-Rabu). Tiba di bandara Kamboja pukul 14.25 dan pulang pukul 15.45. Saya berencana juga ke Siem Reap melihat candi Angkor Wat.
        Rencana, setelah tiba di Bandara langsung ke pusat kota dan ke museum Genocide (jika masih buka). Museum Genocide tutup pukul berapa? Setelah itu baru ke beberapa tempat wisata lainnya. Nah, sebelum tengah malam saya berencana naik bus menuju Siem Reap, tapi sampai sekarang belum beli tiket bus. Pulang dari Siem Reap sore hari naik pesawat Cambodia Airline pukul 19.10 ke Phnom Penh, dan tiba pukul 20.00. Dari bandara menuju pusat kota dan bermalam di hostel murah. Pagi pagi buta bada Subuh berencana ke Tempat pembantaian manusia Cambodia di sekitar 15km dari pusat kota. Apa nama tempat itu?
        Siang hari baru menuju bandara. Begitukah rencana saya.
        Ayo, barangkali ada waktu bersamaan, kita bertemu di mana… misal kita janjian bertemu di bandara saat saya baru mendarat atau bareng bareng ke Siem Reap naik bus bersama… Janjian beli online atau beli tiket langsung… biar ada teman ngobrol hingga ke wisata candi… atau kita bisa bersama sama sewa hostel Selasa malam hingga pagi biar irit alias BS BS… he he he…
        Rabu pagi pagi menuju tempat pembantaian manusia Cambodia sekitar 15km dari pusat kota bersama sama juga supaya ada teman ngobrol juga.

        Like

      2. Erna

        Hi Kak, terima kasih sudah sharing tentang perjalanannya di Cambodia. sedikit aku copy itinnya ya untuk yang di siem reap karena aku ga ke phnom penh. kebetulan aku insyaallah sampai siem reap tanggal 12 januari 2020. kemudian tanggal 13 januari nya akan explore siem reap dan terutama angkor wat nya.
        sayang sekali kak Dom selisih sehari dengan saya perginya. karena 14 januari saya sudah ada flight ke bangkok.

        Like

  3. Azmi

    Kak mau nanya sampai di bandara terus sampai ke kota phenom penh beli tiket ke siem reap bisa langsung di agennya di sana? Mau pesen onlen kok gak paham ya
    Mohon pencerahannya

    Like

    Reply
  4. Allin

    Sis mau tanya dong pake pesawatnya apa dan bagimana pilih yang transit dimana. kebetulan sama nih fakir cuti juga. pergi jumat pulang senin kah atau bagaimana.

    Like

    Reply
    1. Dita Post author

      pake AirAsia transit KL, bener berangkat dari Jakarta jumat malem trus nginep KLIA2 sabtu paginya terbang ke Phnom Penh, balik senin sore ke KL trus lanjut Jakarta

      Like

      Reply
      1. Martin

        Hi semuanya, aku ada rencana ke Kamboja dari Jakarta (soekarno hatta) kebetulan lagi ada tiket promo naik citylink. Aku berangkat tgl 20 Maret 2020 pesawat jam 10.55 dan pulang tgl 25 Maret 2020 jam 15.30
        Kebetulan baru beli buat sendiri karena modal nekat mau jalan ke Kamboja pas tiket gak terlalu mahal. Kalo ada yang kebetulan mau bareng bisa email aku di tin_godz@yahoo.com
        Thankss buat kakak nya yang udh kasih info tempat wisata dan juga itinerary nya

        Like

    1. Dom

      Nina, kamu sudah beli tiket ke Phnom Penh…
      Kalau belum bisa baca rencana saya untuk jadi turis back packers alias kere… he he he… siapa tahu bisa bersama sama sebagai teman ngobrol

      Like

      Reply
  5. dwi setiahardi

    makasih sharing nya kak.. rencana saya juga mau trip ke siem reap lewat phnom penh dengan citilink yang lagi promo tanggal 5 februari 2020, mungkin ada yang mau gabung perjalanan saya bersama istri dengan senang hati kita bisa share cost kalo memang ittinerary nya mirip2. kalo kira2 berminat, boleh lah dm ke twitter saya.

    kira2 lebih enak jalan dari phnom penh itu dengan bus pagi atau mending yang tengah malam naik sleeper bus itu ya kak?

    Like

    Reply

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)