Shenzhen-HK-Macau Trip (Part 1)

Tadinya trip ini akan dilaksanakan secara beramai-ramai bersama 6 orang teman. Tapi karena satu dan lain hal tiba-tiba banyak yang gak jadi berangkat, tinggal menyisakan saya dan satu orang teman lagi yang nekat berangkat. Abisnya sayang donk, udah susah-susah hunting tiket Air Asia dari beberapa bulan lalu dan dapat harga yang murah masa gak dimanfaatkan. Bayangin aja, dapet tiket Jakarta – KL PP 300 ribu rupiah, KL – Shenzhen 300 ribu rupiah, dan Macau – Shenzhen 400 ribu rupiah. We’re so lucky!

Sebelumnya saya perkenalkan dulu rekan trip saya kali ini. Btw dia ini manusia lohh bukan panda, sumpah deh!! *ditiban*. Dia bernama Puspa (bukan nama samaran), wanita kelahiran surabaya yang hobi makan dan goler-goler di aspal ini rupanya telah putus asa, karena setelah 3 tahun bekerja dia belum pernah menginjakkan kaki kemana-mana dan akhirnya pasrah mengikuti saya untuk ber-nekat trip bersama. Kenapa sih dinamakan nekat trip? Karena kami berdua nekat backpackeran sendiri tanpa tour organizer dan guide ke 3 negara yang lebih banyak menggunakan huruf kanji dan bahasa tiong hoa. Tapi kami yakin, bersama kami bisa!!  *kepalkan tangan di udara*

So our nekat trip was begun on Tuesday after office hour, karena emang jadwal flight jam 8 malem, jadi siangnya kami mengabdi dulu pada perusahaan tercinta. Backpack dan segala macam perlengkapan pun udah disiapkan, tinggal nyamber aja pas pulang kantor entar. Flight jam 8 malem ini kami ke KL dulu dan transit 1 malem nginep di Tune Hotel LCCT. Hotelnya deket banget ama bandara cuma 5 menitan jalan kaki, tapi karena kemaren itu gak tau letak pastinya jadi kami naek shuttle bus dengan tarif 1 RM. Eternyata baru duduk bentar udah nyampe donk *tepok jidat *jidatnya Puspa. Sampe hotel kami langsung istirahat karena itu udah jam 12 waktu Kuala Lumpur dan ada flight ke Shenzhen besok pagi jam 6.25. Tidak mau tertipu lagi, paginya kami memilih jalan kaki ke LCCT, itung2 olahraga pagi. Penerbangan ke Shenzhen ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam, tidak ada perbedaan waktu antara Kuala Lumpur dan Shenzhen *sisiran* *ala flight attendant*.

Touchdown Shenzhen
Alhamdulillah kami sampai di Bandara Shenzhen Bao An sekitar jam stengah 11 siang, dan suhu di darat sekitar 13 derajat celcius which is dingin-dingin empukk cyin. Abis itu kami langsung cari airport bus no. 330 A yang menuju Zhu zhilin station sesuai petunjuk yang udah dibrowsing untuk menuju hostel. Berhubung orang shenzhen ini jarang banget yang bisa bahasa inggris, kami udah siap dengan print-an ato nulis nama lokasi (dalam tulisan latin maupun kanji) yang akan kami tuju, jadi sewaktu-waktu kami mau nanya tinggal tunjuk aja tulisan itu. Untungnya Shenzhen punya sistem transportasi sejenis MRT yang bernama Shenzhen Metro yang sangat memudahkan para wisatawan imut-imut kayak kami ini. Sebenernya ada juga bus kota, tapi sayangnya di hampir semua halte bus petunjuknya pake huruf kanji semua, puyeng.

Di shenzhen kami nginep di Shenzhen LOFT international Youth Hostel dekat dengan Metro station Qiao Cheng Dong (gatau dahh bacanya gimana) kamarnya luas, bersih, dengan kamar mandi di dalam yang juga bersih, dan yang paling penting harganya terjangkau hahaha maklumlah backpacker gembel. Di sekitar hostel juga banyak food court dan supermarket, jadi gampang kalo kelaperan. Tapi berhubung menunya agak meragukan ujung-ujungnya makan pop mie juga. Eh iya jadi dari Jakarta itu kami bawa perbekalan makanan yang isinya udah stengah backpack sendiri, ada pop mie, biskuit2, dan pringless just in case kami keabisan ongkos di negeri orang kan gak perlu ngamen nyanyi lagunya ST12 di bus kota.

Abis check in dan naroh2 barang di hostel, kami cabut menuju Window of the world yang dari hostel cuma berjarak 2 stasiun aja pake metro. Window of the world ini merupakan taman seluas 48 hektar yang isinya miniatur landmark di seluruh dunia, ada menara eiffel, patung liberty, london bridge, taj mahal, candi borobudur dan lain-lain. Tiket untuk masuk kesini seharga 160 yuan, kalo dirupiahkan sekitar 180 ribu kali ya. Lumayan gempor juga mengelilingi taman ini secaraaa 48 hektar gituu dan kami pengen ngelilingi semua area. Disini juga ada wahana2 permainan indoor, ada ski, teater mount fuji, flying over america dan lain2 tapi saya cuma nyobain flying over America soalnya yg ini gratis ga pake bayar lagi hihihi. Flying over america ini semacam teater 4D gitu dimana kami seolah-olah dibawa terbang keliling america, cukup seru, sayang gak boleh foto-foto di dalem, semua barang bawaan pun harus dititip di loker. Selesai meng-explore window of the world udah jam 7 malem aja, padahal rencananya kami pengen ke Splendid China juga.  Tapi kayaknya gak keburu dan ndoro putri Puspa udah ngeyel minta ke Lou Hu buat memuaskan hasrat belanjanya…hufff baiklaahh!!

jadi abis itu kami langsung menuju Lou Hu, cukup jauh dari window of the world karena Lou Hu ini udah di perbatasan Shenzhen dan Hongkong. Sampe Lou Hu, Puspa langsung heboh, kayaknya semua mau dibeli gitu. Untungnya dia ini jago nawar, raja tega banget deh kalo nawar, saya yang tadinya gak kepengen belanja jadi tergoda soalnya harga akhir setelah ditawar Puspa itu murah banget! Ternyata gak rugi saya berat-berat bawa panda *dicekek puspa*. Oiya disini kami nemu penjual tas yang unyu, dia bisa bahasa indonesia, barang-barangnya juga bagus dan murah lucu banget orangnya, kami jadi beli banyak barang di tokonya dia. Saya sempet ngasih duit 1000 rupiah ke dia buat kenang-kenangan dan dia seneng banget nerimanya hahaha dikiranya duit 1000 rupiah itu gede banget kali nilainya.

Hasil belanjaan saya hari itu berupa 2 buah tas dan hasil belanjaan puspa adalah 7 tas dan 2 potong baju anak2, WAOW memang ibu ini sudah niat belanja dari awal. Selesai belanja kita langsung balik ke hostel dan packing karena besok akan melanjutkan perjalanan menuju Hongkong.

Advertisements

4 thoughts on “Shenzhen-HK-Macau Trip (Part 1)

Di-read doank itu gak enak, kasih comment donks :)